Aneka Kerajinan Cangkang Telur Bernilai Jual Tinggi

kreasi cangkang telurTelur memang enak dimakan dan bergizi tinggi. Ada yang senang dibuat telur dadar, telur mata sapi, telur kecap, omlete, kerak telor dan banyak lagi yang lain. Isinya kita makan dan cangkangnya kita buang ditempat sampah. Dan selalu, kulitnya berakhir di tong sampah menjadi barang tak bernilai.  Bila disikapi dengan penuh imajinasi semuanya bisa disulap jadi lebih bermanfaat, bila kreativitas dan ketekunan diberi tempat, cangkang telur pun bisa menjadi sebuah karya yang indah dan mahal! Lagi-lagi boleh dibilang banyak hal menarik yang justru bisa didapat dari sampah atau limbah.

Kalaupun ada yang jeli melihat peluang bisnisnya mungkin hanya sebagian saja. Seperti yang dilakukan oleh salah satu warga bantul Yogyakarta yang menciptakan berbagai produk keramik dipadu dengan ornamen dari kulit telur seperti Guci Kulit Telur, Botol Kulit Telur dan Bola Kulit Telur.

Cara pembuatannya memang membutuhkan kecermatan dan banyak pengalaman untuk menghasilkan sebuah karya yang indah. Setelah cangkang telur dibersihkan dari kulit arinya, lalu dilakukan pengeringan dan langsung ditempelkan ke berbagai kerajinan dari keramik atau yang lainnya. Selanjutnya dilakukan proses pengeleman dan pengamplasan, kemudian diberi dempul dan diberi pewarna.

Ada juga yang membuat kerajinan batik kayu dengan kulit telur. Hasilnya patung sepasang pengantin jawa dengan pakaian pengantin yang dikreasikan menjadi motif batik dari kulit telur, topeng yang biasanya dibatik, dilukis atau dicat, bisa dikreasikan dengan kulit telur,  lampu meja bermotif batik dengan kulit telur, lilin dalam gelas, kotak, bahkan peralatan rumah tangga.

Kerajinan dari cangkang telur ini cukup menarik untuk ditekuni karena tidak membutuhkan modal besar, dan limbah cangkang telurnya pun juga mudah didapat di berbagai tempat, salah satunya tempat pembuatan dan penjualan kue yang memakai bahan telur, penjual martabak telur dll. Selain bisa menggembangkan kreasi, kreativitas, bisa menghasilkan uang, juga dapat memperkecil jumlah sampah rumah yang berarti ikut berperan serta dalam melestarikan lingkungan.

Jika beberapa kerajinan tadi berasal dari cangkang telur yang sengaja dipecahkan lalu ditempel pada suatu media namun ada yang menggunakan cangkang telur utuh untuk dibuat menjadi ukiran dengan berbagai bentuk yang menarik. Cangkang telur yang diukir haruslah yang sempurna tanpa retak. Setelah isi dikeluarkan, dicuci dan dibersihkan, telur diukir dengan alat khusus.

Proses pengukiran ini harus dilakukan dengan sangat hati – hati agar cangkang telur tidak pecah. Dari beberapa jenis telur yang sering digunakan untuk menjadi ukiran, telur ayam tergolong yang paling sulit untuk diukir karena memiliki cangkang yang tipis. Hampir segala bentuk bisa dituangkan dalam ukiran ini, dari motif binatang, tumbuh-tumbuhan, bentuk-bentuk geometris, logo perusahaan atau merek-merek tertentu, bahkan kaligrafi. Harganya memang cukup mahal, padahal bahannya hanya dari cangkang telur. Namun disinilah letak seninya. Mengubah sesuatu yang tidak berharga menjadi bernilai tinggi.

Biasanya orang melukis di atas kanfas. Namun kini cangkang kulit juga bisa digunakan sebagai media lukisan. Hasilnya cukup unik dan menarik. Motif  lukisannya bisa bermacam-macam bahkan wajah sejumlah tokoh terkenal sekalipun. Selain dilukis telur juga bisa dihias dengan berbagai pernak-pernik seperti glitter, payet, munte,dll. Cangkang yang digunakan bisa dari telur bebek, ayam, putuh, burung kasuari, unta dll. Harganya memang cukup mahal, namun ini sebanding dengan kecermatan, bahan yang dipakai, dan waktu yang dihabiskan untuk melukis atau menghiasnya.

Proses pembuatan kerajinan telur hias tidak terlalu sulit asalkan tahu caranya. Mula – mula bagian bawah cangkang telur dilubangi dengan paku. Kuning telur lalu dipecahkan dengan menggunakan kawat. Selanjutnya mengeluarkan isi telur. Prosesnya dilakukan dengan menyuntikkan udara ke dalam cangkang telur.

Setelah isi telur keluar semua, proses selanjutnya adalah membersihkan bagian dalam cangkang telur. Pembersihan dilakukan dengan menggunakan air yang dicampur cuka. Campuran air dan cuka disuntikkan ke dalam cangkang telur, dan kemudian dikeluarkan kembali. Setelah isinya dibersihkan, cangkang telur dikeringkan selama dua hari.

Kini mulailah melukis atau menghias cangkang telur. Proses menghias diawali dengan membuat sketsa di kulit telur. Lalu sketsa diberi lem. Setelah itu ditempeli hiasan. Ada juga yang dilakukan dengan teknik memotong cangkang telur, dan dijadikan tempat perhiasan. Karena cangkang telur mudah pecah, maka proses pengerjaannya harus hati – hati.

Aneka kerajinan cangkang telur ini bernilai jual tinggi. Berbagai kerajinan dari cangkang telur ini bisa menjadi alternatif untuk kado atau souvenir ataupun bisa untuk menambah dekorasi dan hiasan rumah.

Sumber gambar: http://ukirtelur.blogspot.com/

28 Komentar

  1. artikel ini sangat menarik,tetapi ada yg kurang yaitu,cara pembuatan nya kok nggak ada ya

  2. Dimana saya bisa mendapatkan buku panduan kerajinan kulit telur ?? Apa sudah ada dijual ditoko toko buku

  3. saya sangat tertarik dengan artikel ini, saat ini sy semnetara m,encari tutor/pengrajin cangkang telur untuk melatih kelp masyarakat di pulau pramuka, kab adm kepulauan seribu. mohon informasi alamat dan no HP pengrajin yang bersedia menjadi tutor/instruktur kerajinan cangkang telur. di p pramuka cangkang telur menjadi limbah, blm ada yang mampu memanfaatkan menjadi barang yang berharga. tingkat kunjungan wisata di pulau pramuka sangat tinggi, shg kebutuhan bahan makanan (termasuk telur) juga tinggi.
    tks

  4. Saya tertarik dengan kerajinan ukir telur, tolong informasi buku cara mengukir telur dan alat apa yang digunakan, dimana saya dapat membelinya…trims untuk infonya…balas

  5. sy jg lagi belajar membuat kerajinan dr kulit telur ,maaf sebelumnya ap blh sy ikut menjualnya

  6. kalau kulit telur yang udah pecah, retak,….kira-kira masih bisa di jadikan bahan kerajinan ngga ya….

  7. Saya ingin tahu lbh bnyak mengetahui usaha ini. A pakah saya bisa minta bantuan na..
    Terima kasih..

  8. sya pngen belejar kerjinan dari cangkang telur.bisa di bantu gk/tolong sya….081382867603.trma ksh.tolong

  9. iya saya juga bingung punya kerajinan seni kulit telur tp belum bisa berkembang …kenapa ya…………. ada yang bisa bantu gak yah……….tolong dong……
    telp 93991372

    • Kalo boleh tau, kerajinan yg mas buat dr cangkang telur itu bentuknya apa saja ya? Sy kebetulan sedang lanjut studi di luar negeri. Jika boleh kita sharing info, siapa tau sy bisa membantu memasarkan di sini. Mohon info dan fotonya. Kirim saja ke email sy. Smg ini jalan Tuhan untuk membantu mengembangkan bisnis mas Yudhay. Thanks

  10. Bagi teman2 yang ingin melihat kegiatan saya dlm mengukir telur dapat dibuka di okezone.com. Disitu dimuat proses pembuatan dari awal hingga menjadi karya seni ukiran telur.
    Terima kasih.

  11. Terima kasih mas Andri, silahkan saja kalau mau melihat kegiatan saya, tetapi enaknya janjian dulu ya, bisa hub. HP saya 0811 918291, oke saya akan lihat karya mas Andri.
    Salam.
    .-= Andi Wibisono´s last blog .. =-.

  12. Pak Andi, saya salut dengan kerajinan bapak,karena memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Tadi siang saya lihat acara bapak di TVRI. Apakah saya bisa main ke tempat bapak untuk melihat secara langsung tehnik kerjanya? Karena saya juga pengerajin boneka kain felt yang lumayan detail dalam pengerjaannya. Thanks before. Karya saya bisa dilihat di FB : excellentservant@yahoo.com

  13. Dimana alamat produksi kerajinan cangkang telur ? apa bisa ikut pelatihannya ?
    Terima kasih. Kontak telp : 08156807319

  14. Saya tidak ada buku panduan, tetapi sebenarnya sederhana saja, misalnya apakah anda punya gallery, lokasi dimana, barang apa2 saja yang selama ini didisplay dll. atau sukur2 anda ada link atau pembeli di luar negeri dll.
    Seandainya hal2 diatas ada kan tinggal kita bicarakan saja sistem kerjasamanya, dll. no. hp saya 0811 918291
    Terima kasih atas atensinya

  15. Saya tidak ada buku panduan, tetapi sebenarnya sederhana saja, misalnya apakah anda punya gallery, lokasi dimana, barang apa2 saja yang selama ini didisplay dll. atau sukur2 anda ada link atau pembeli di luar negeri dll.
    Seandainya hal2 diatas ada kan tinggal kita bicarakan saja sistem kerjasamanya, dll.
    Terima kasih atas atensinya

  16. Bagaimana saya bisa mendapatkan buku panduan pembuatan ukir telur?
    Alatnya apa saja untuk melakukan pembuatan tersebut?
    Berapa harganya?
    Mohon jawabanya segera.
    bisa lewat email atau Hp. 081329526132
    terimakasih

  17. bagai mana saya dapat buku panduanya kalo bisa saya minta dihubungi ni no saya 081312464156 minta di bales saya butuh buku panduannya

  18. mohon disertakan juga video pembuatan kerajinan kulit telur agar lebih menarik dan mendidik.
    http://myfxadvice.com trading platform

  19. Yth. Sentra Bisnis ukm
    Apakah sekiranya ada rekan yang berminat unt. membantu pemasaran Seni Kulit telur yang saya produksi ? Bila ada kira2 seperti apa bentuk pemasaran dan kerjasama yg akan dilakukan dll ? dapat menghubungi saya di hp saya : 021-93991372 atau www.AnEggArt.co.cc
    Terima kasih

  20. Yth. Sentra Bisnis ukm
    Apakah sekiranya ada rekan yang berminat unt. membantu pemasaran ukiran telur yang saya produksi ? Bila ada kira2 seperti apa bentuk pemasaran dan kerjasama yg akan dilakukan dll ? dapat menghubungi saya di hp saya : 0811 918291
    Terima kasih

  21. Keahliannya unik itu Pak, kreatif. semoga pemasarannya mendapat jalan yg mudah. Salam

    Jawab:

    Terimakasih telah mengunjungi virtual office kami http://www.bisnisukm.com

    Amin. Memang benar aneka kerajinan yang dimiliki masyarakat Indonesia cukup unik dan menarik bahkan sering menjadi incaran luar negeri, namun kadang terjadi kendala dalam pemasarannya. Oleh karena itu diperlukan kerjasama yang sinergis antara berbagai pihak seperti pemerintah, para investor, dan distributor sehingga tercipta sebuah jalur yang positif. Maju terus Indonesiaku..

    Salam sukses
    Terimakasih

  22. Yth. Sentra Bisnis UKM,
    Karena kesibukan dalam berkarya mengukir telur, menyebabkan masalah pemasaran menjadi tidak maksimal. Mohon info dan saran-saran apa dan bagaimana unt. meningkatkan pemasaran, dlm kondisi waktu yg. terbatas
    Disamping itu masalah harga jual masih menjadi pemikiran, apakah harga jual yg sudah saya tetapkan ( sesuai yg. tetulis dlm blog saya ) terlalu mahal, terlalu murah atau sudah sesuai dgn. kondisi Indonesia.

    Terima kasih

Comments are closed.