Inspirasi Bisnis

Apa saja Kelebihan Bisnis Ebook?

produk ebook bisnisPerkembangan teknologi yang semakin canggih, ternyata berhasil mengubah kebiasaan masyarakat dalam membaca buku. Jika dulu mereka hanya bisa membaca dengan buku cetakan, sekarang masyarakat bisa membaca buku melalui  media elektronik. Ebook atau elektronik book adalah buku yang dikemas dalam bentuk digital, bukan dalam bentuk cetakan menggunakan kertas. Sehingga masyarakat bisa membacanya melalui media seperti computer, laptop, PDA, bahkan dari layar handphone dengan tipe tertentu.

Semakin hari peminat ebook terus meningkat, sehingga banyak pelaku bisnis online yang memilih untuk menjalankan bisnis ebook. Untuk mencoba bisnis ebook juga tidak membutuhkan banyak modal, bahkan bisa dibilang bisnis ini tanpa modal. Karena modal utamanya hanya berupa tulisan atau informasi bermanfaat yang dibuat dengan media elektronik. Selain itu cara membuat ebook juga cukup mudah, ada beberapa format yang dapat digunakan untuk memproduksi ebook antara lain melalui adobe PDF, Executable (Exe), Plain text (ASCII), Microsoft word (doc) dan RTF, HTML, XML atau help (Hlp).

Namun yang sering digunakan dalam pembuatan ebook adalah format PDF. Karena cara pembuatannya sangat mudah, sama dengan membuat document di Microsoft word dan disimpan dalam format PDF. Sebagian pelaku bisnis ada yang melengkapi ebooknya dengan password tertentu, ini untuk menjaga keamanan produk. Hanya dengan format PDF yang ada dikomputer, banyak pelaku bisnis ebook yang berhasil menjual produknya hingga berbagai daerah, dan keuntungannya pun cukup besar.

Menekuni bisnis ebook memang tidak ada ruginya, malahan memberikan banyak keuntungan  baik bagi konsumen maupun bagi pelaku bisnis ini. Apa saja kelebihan bisnis ebook? Berikut ulasan selengkapnya :

ilustrasi bisnis ebook1. Kelebihan bisnis ebook bagi pelaku bisnis

–  Pembuatan ebook modalnya sangat kecil, yang terpenting kualitas tulisannya

–  Proses distribusi produk juga tidak sulit, dan tidak membutuhkan ongkos kirim. Karena ebook bisa langsung didownload atau dikirimkan melalui email maupun pesan elektronik lainnya

–  Keuntungan yang sangat besar, hampir 100%. Karena tidak ada biaya kirim dan modal pembuatan ebook

–  Resiko bisnis juga sangat kecil

–  Penjualan juga bisa diatur secara autopilot, sehingga Anda tinggal menikmati hasil penjualan ebook

–  Mendapat pengakuan dari masyarakat, karena kualitas ebook yang dipasarkan cukup diminati konsumen. Bahkan membuka peluang kerjasama dengan beberapa pihak lainnya.

–  Membangun loyalitas pelanggan, melalui ebook yang Anda ciptakan. Semakin berkualitas ebook Anda, maka konsumen akan semakin sering membeli produk Anda dan tak ragu lagi menjadi pelanggan tetap.

2.   Kelebihan ebook bagi konsumen

–  File ebook lebih mudah disimpan, dibandingkan buku cetakan. Puluhan ebook bisa disimpan menggunakan CD, flashdisk, maupun mp3. Sehingga lebih efektif untuk dibawa, daripada membawa 10 buku cetak dalam waktu yang bersamaan.

–  Harga ebook cenderung lebih murah dari buku cetak. Karena produksinya tidak membutuhkan kertas, tinta, maupun biaya cetak

–  Konsumen tidak perlu datang langsung ke sebuah toko untuk membeli ebook, cukup membuka internet dan mencari ebook yang dicari, kemudian mendownloadnya atau produsena akan mengirimkannya melalui email setelah konsumen malakukan pembayaran.

Masih banyak lagi keuntungan yang diberikan bisnis ebook, bagi pelaku usahanya maupun bagi para konsumennya. Jika Anda tertarik dengan bisnis online, tak ada salahnya jika Anda mencoba untuk menjalankan bisnis ebook yang sangat menguntungkan ini. Sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat dan salam sukses.
Sumber gambar : Tim Bisnis UKM