Apresiasi Kopi Nusantara di Melcosh Kafe Merapi Lounge and Coffee Shop

Pada kesempatan kali ini team BisnisUKM.com mendapat kesempatan untuk menemui seorang pengusaha muda. Ia menekuni sebuah usaha dibidang minuman terkhusus kopi nusantara. Ia telah memiliki 2 gerai yang berada di Jl. Kaliurang dan di mall SCH. Ia menamai gerai kopinya ini dengan nama Melcosh yakni Merapi Lounge dan Coffee Shop. Yuk langsung simak saja cerita lengkapnya.

Kopi Nusantara di Melcosh Kafe

Kenalan Sama Owner

Owner dari Melcosh ini bernama Rizkianto Hadi Munawar dan kerap dipanggil dengan sebutan Kiki. Nah kali ini BisnisUKM berkesempatan untuk mengunjungi gerainya yang berada di Sleman City Hall. Nah untuk nama Melcosh ini singakatan dari Merapi Lounge dan Coffee Shop. Melcosh Cafe yang berada di Sleman City Hall ini merupakan cabang yang berada di Jl. Kaliurang KM 23.

Untuk Melcosh yang berada di SCH ini lebih ke coffee shop sedangkan untuk yang berada di Jl. Kaliurang lebih ke restonya. Maka dengan adanya gerai yang berada di SCH ini sebagai branding. Nah kalo kedepannya punya modal dan rezeki lagi nantinya bisa buka cabang di kota lain seperti Jakarta, Sumatra dan Kalimantan.

Konsep Melcosh Kopi Nusantara

Konsep Melcosh ini sendiri lebih ke coffee shop, dimana sekarang ini coffee shop di beberapa tahun belakangan ini perkembangan kopi lagi bener – bener memuncak banget. Kenapa Melcosh berada di SCH berbeda dengan yang berada di Jl. Kaliurang. Nah alasannya terkuatnya sedang mengikuti trend kopi. Jadi disini temanya dibikin lebih ke coffee shop.

Dengan begitu juga akan sedikit mengapresiasi dari petani kopi Indonesia. Jadi berkat beliau, [kopi yang ada dinusantara melonjak tinggi pasarnya sampai bisa diimport. Dan di Melcosh Coffee ini mengapresasi kopi dari seluruh nusantara. Jadi makanya dibikin konsep lebih ke coffee shop.

Nah Melcosh ini juga punya roasting kopi tapi yang di Jl. Kaliurang. Buat teman – teman yang mau rosting kopi ini bisa datang langsung di gerai Jl. Kaiurang KM 23, Hargobinangun.

Metode Olah Kopi di Melcosh

Sedangkan untuk produk kopi lumayan cukup banyak. Disini ada 2 metode, yang pertama manual brewing dan ekspresso mesin. Kalo untuk manual brewing ada French Press, Vietnam Drip, Syphon dan V60. Ini semua disediakan untuk penikmat kopi.

Untuk manual brewing ini orang kebiasaan pesannya kalau dalam perkopian ada istilahnya, yakni single origin. Single origin ini adalah salah satu daerah asal kopi itu ditanam. Katakan dari Aceh, Gayo. Flores, Bajawa. Bali, Kintamani.

Untuk metodenya sendiri French Press seperti metode membuat teh. Jadi ampasnya yang berada diatas, jadi disedu kan pada naik, terus kemudian dipress. Nah selanjutnya adalah Vietnam Drip sebuah metode dari manual brewing.

Karakter Robusta

Nah kalo di Melcosh SCH ini diperuntukkan untuk kopi susu baik panas maupun dingin. Biasanya orang yang pesan Vietnam Drip pakainya kopi robusta. Karena robusta menurutnya juga salah satu karakater kopi kalau dicampur dengan bahan tambahan gula dan susu rasanya masih masuk. Kalau arabica sendiri itu jarang, Ia pun juga kurang terlalu suka jika arabica dicampur dengan bahan lainnya. Arabica itu sudah punya karakternya sendiri.

Dan yang lagi trend sekarang ini adalah V60, dari dripernya alatnya berbentuk V dan sudutnya 60 derajat. Itu sejarahnya V60.

Makanan Snack & Berat

Sedangkan untuk menu makanannya ada yang baru, minuman pun ada. Ini kembali lagi dimana kita tinggal, di Jogja tradisionalismenya juga masih lumayan tinggi. Makanya untuk makanan ada mendoan, singkong, martabak untuk snack.

Untuk makanan berat masih ada beberapa yang masih ke barat-baratan. Salah satunya Rice bowl, Strir fry chicken dan beef, ada chicken drum stick, ada nasi goreng, nasi telor sambal matah, dan masih ada menu baru lainnya.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran langsung nyerang ke sosial media. Bahkan sekarang ini banyak anak – anak SD yang sudah punya akun. Selain itu dengan media sosial akan lebih mudha mendapatkan relasi.

Pemasaran lebih koordinasinya full, marketingnya SCH. Jadi untuk sementara ini lebih fokusnya pemasaran ke sosial media. Untuk kedepannya bisa melalui email karena sebagian pengunjungnya sudah jadi member. Kita pemberitahuan notifikasi lewat sms dan lain sebagainya.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba