Aktivitas, Galeri Foto

Asiknya Training Budidaya Jamur Tiram Bersama BisnisUKM

Aktivitas Training Jamur TiramPeminat jamur tiram di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Terbukti mulai banyak restoran yang menyediakan menu olahan jamur tiram menjadi berbagai macam makanan. Jamur tiram terkenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi dan berkadar asam lemak tidak jenuh. Jamur tiram menjadi aman untuk dikonsumsi oleh penderita gangguan kolesterol. Jamur tiram pun bisa menjadi menu pilihan bagi para vegetarian atau orang-orang yang sedang menjalani program diet.

Melihat peluang jamur tiram yang begitu besar untuk dijadikan ladang bisnis, mendorong BisnisUKM.com bersama berbisnisJamur.com untuk setiap bulan mengadakan Pelatihan Budidaya Jamur Tiram. Meski Pelatihan lebih mengarahkan pada aspek teknis usaha budidaya jamur tiram, tetapi peserta juga diajarkan membuat aneka olahan kuliner jamur tiram.

Pelatihan Budidaya Jamur Tiram angkatan ke-36 kali ini, diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 26-27 Desember 2014. Pelatihan bertempat di Kantor BisnisUKM dan beberapa lokasi kunjungan lapangan. Pelatihan dinarasumberi oleh dua narasumber. Narasumber pertama adalah Bapak Adi Jumadiantoni, seorang ahli dalam budidaya jamur tiram. Sedangkan narasumber kedua adalah Bapak Rahmatniwa, seorang trainer bisnis startup. Pelatihan diikuti oleh 6 orang peserta dari berbagai profesi, yang berasal dari Batam, Bandung, Majalengka, Ponorogo, dan Bekasi.

Di hari pertama, peserta mendapat materi tentang pembuatan bibit jamur tiram (kultur jaringan), budidaya, hingga pemeliharaannya. Peserta pun diberi kesempatan untuk berkunjung ke petani jamur tiram dan praktik langsung membuat bibit F3 dan baglog jamur tiram. Peserta juga diajak melihat-lihat bagaimana bentuk kumbung jamur tiram yang sudah jadi dan cara penataan kumbung yang benar. Di sini, peserta pun dijelaskan proses memanen jamur tiram yang sudah siap dikonsumsi.

Di hari kedua, peserta diberi materi seputar Modal usaha berbudiya jamur. Kemudian mereka kembali diajak berkunjung ke lapangan. Pertama peserta diajak berkunjung ke Aneka Mesin untuk melihat berbagai macam mesin yang bisa mendukung usaha Jamur yang akan dilaksanakan peserta kelak. Kedua, ke rumah makan “Naura Jamur” yang menyediakan aneka olahan makanan dan kuliner Jamur. Peserta mendapat materi tentang bagaimana mengolah beraneka macam olahan jamur. Peserta pun dengan antusias ditemani oleh Ibu Kardi (pemilik Naura Jamur) untuk belajar mengolah makanan dari Jamur Tiram.

Dua hari mengikuti pelatihan budidaya jamur tiram, para peserta mengaku puas dengan serangkaian pelatihan yang telah terlaksana. Mereka senang karena tidak hanya mendapat pengetahuan teoritis, tetapi juga praktis. Membuat para peserta merasa lebih yakin untuk memulai usaha budidaya jamur di daerah asal masing-masing.

Nah, setelah Anda mendapat informasi betapa menariknya pelatihan budidaya jamur tiram bersama bisnisUKM.com, kini giliran Anda bergabung di pelatihan yang sama! pelatihan Budidaya Jamur Tiram Angkatan ke-37 akan diadakan lagi pada tanggal 30-31 Januari 2014.

Gabung sekarang juga dengan menghubungi BisnisUKM.com di (0274) 3000-422 atau 0852-9000-7054. Salam sukses!

 

Membuat Media Tanam Jamur
Membuat Media Tanam Jamur
Praktek pembuatan Olahan Jamur
Praktek pembuatan Olahan Jamur
Baglog Jamur
Baglog Jamur
Pelatihan Budidaya Jamur Tiram
Pelatihan Budidaya Jamur Tiram
Jamur Tiram 1
Jamur Tiram 1
Jamur Tiram 2
Jamur Tiram 2
Kuliner Jamur
Kuliner Jamur
Kumbung jamur
Kumbung jamur
Kunjungan Ke Petani Jamur
Kunjungan Ke Petani Jamur
Kunjungan Mesin Pengolah Jamur
Kunjungan Mesin Pengolah Jamur
Kunjungan Petani Jamur Tiram
Kunjungan Petani Jamur Tiram
Pembuatan Bibit Jamur
Pembuatan Bibit Jamur
Praktek Olahan Jamur
Praktek Olahan Jamur
Praktek Pembuatan Baglog
Praktek Pembuatan Baglog
Proses Pembuatan Baglog
Proses Pembuatan Baglog