Bagaimana Cara Memulai Bisnis di Usia Muda?

Bagaimana Cara Memulai Bisnis di Usia Muda?Pertanyaan ini sering muncul ketika seseorang ingin memiliki sebuah usaha, bagaimana cara memulai bisnis?? Bisa tidak memulai usaha di usia muda?

Sebetulnya cara untuk memulai suatu usaha sangatlah mudah dan gratis tanpa biaya sedikitpun. Syaratnya hanya satu, mulailah dengan memiliki sebuah MIMPI. Karena dengan bermimpi kamu dapat menciptakan ide bisnis yang luar biasa, hingga akhirnya ide bisnis tersebut diolah menjadi sebuah peluang usaha baru yang menguntungkan.

Bermodal dengan ide bisnis dari sebuah mimpi besar yang dimiliki, tahapan selanjutnya memulai usaha dapat dijelaskan sebagai berikut :

Menentukan gagasan bisnis yang segera bisa kamu kembangkan.

Sebaiknya sesuaikan usaha yang akan dibuka dengan kemampuan, minat atau bakat yang kamu miliki, namun tanpa meninggalkan faktor peluang pasar yang ada pada masyarakat. Banyaknya pengusaha sukses, karena mereka memilih bidang usaha yang mereka sukai. Sehingga kita akan selalu berusaha mengembangkan bisnis yang kita miliki, dengan perasaan senang hati tanpa ada kejenuhan ataupun rasa bosan yang sering muncul. Selain itu dapat juga memulai usaha baru yang belum pernah ada di pasaran sehingga terkesan unik dan menarik, atau membuka usaha yang telah banyak dipasaran namun memiliki peluang pasar yang masih besar.

Buatlah visi dan misi usaha yang jelas, meski kamu masih kelas pemula.

Sebuah usaha harus memiliki visi serta misi yang jelas, sehingga tujuan dan langkah usaha tersebut dapat terkonsep dengan baik guna menunjang pengembangan usaha yang dibangun. Sekecil apapun usaha yang kamu miliki, namun adanya tujuan usaha mempengaruhi kinerja serta hasil usaha yang akan diperoleh.

Sebagus apapun ide bisnis yang kamu miliki, tak akan jadi sesuatu jika tanpa adanya action.

Sebaik apapun ide bisnis yang kita miliki, tidak akan pernah menjadi usaha yang sukses jika kita tidak segera bertindak. Mulailah usaha yang kamu rencanakan dengan penuh keyakinan dan ketekunan, karena menjalankan sebuah usaha hingga mencapai kesuksesan membutuhkan perjuangan dan perjalanan yang cukup panjang dengan kerja keras yang harus dijalankan.

Selalu belajar, lakukan pengamatan di sekitar, tiru yang baik dan tambahkan sesuatu yang unik.

Amati pengusaha yang telah sukses dengan bidang yang sama dengan kita, bila usaha kita tergolong baru amatilah strategi manajemen yang mereka gunakan. Hal penting lainnya yaitu perdalam pengetahuan mengenai semua hal yang berhubungan dengan bisnis yang kita jalankan, agar produk kita bisa lebih inovatif.

Hadapi, hayati serta nikmati setiap hambatan atau kegagalan yang kamu temui di tengah jalan.

Membangun sebuah usaha hingga sukses tentu butuh proses, adanya hambatan serta resiko kegagalan hampir selalu membayangi setiap usaha. Untuk itu sebaiknya kita harus selalu berpikiran positif terhadap hambatan serta kegagalan yang ada, karena dalam tiap kesulitan akan ada kemudahan jika kita mau bekerja keras. Tanpa kita sadari, dalam keadaan terdesak kreativitas seseorang akan meningkat untuk mencari solusi dari masalah yang ada. Oleh karena itu, hadapi, hayati serta nikmati hambatan usaha karena akan menguatkan mental usaha kita dan menambah kemampuan kita dalam membangun usaha.

Kunci kesuksesan memulai sebuah bisnis adalah berani menjadikan mimpi kita menjadi ide bisnis yang nyata. Jangan pernah takut gagal dalam memulai bisnis, karena setiap kegagalan akan memberikan pelajaran berharga bagi langkah bisnismu. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

146 thoughts on “Bagaimana Cara Memulai Bisnis di Usia Muda?”

  1. assLamuaikum…
    saya ingin ngembangin bakat bisnis kaligrafi kulit telur dan pengen punya usaha sendiri,sudah bikin bberapa jenis,hasil.a banyak yg suka dan minat..rencana pengen dikembangi lgi…kalau boleh kasih solusi & masukan..terutama cara mempromosikan & memasarkan yg pas yg kayak gmana yha????….trimakasihh..

    Reply
  2. assalamualaikum .
    saya ingin membuka warung makan,jus ,kopi . tapi saya bingung untuk mengatasi ya .
    saya smpt membuka ya . tapi belakangan ini saya tidak berjualanan lagi . karena banyak orng yg sirik kepada saya . saya ingin berjualanan lg. tapi saya bingun untuk mengatasi nya .

    Reply
    • Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh..
      Terimakasih Ibu Sari telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk menghadapi persaingan pasar, Ibu Sari bisa mensiasatinya dengan beberapa tips yang pernah kami bahas sebelumnya, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  3. selamat pagi dan semangat pagi,,,
    z maw minta bantuannya untuk mmbrikan solusi dngan masalah kterbatasan waktu untuk membagi antara menjalankan bisnis saja diluar kota dengan jam kuliah saya ,,,???

    Reply
    • Selamat pagi Sdr. Benyamin. Untuk bisa membagi waktu secara adil antara urusan bisnis dan kuliah, Sdr. Benyamin dapat mengikuti beberapa tips manajemen waktu yang telah kami kupas sebelumnya. Simak artikel lengkapnya melalui link berikut ini, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, semoga informasi yang ada di www.bisnisUKM.com bisa memberikan sumber inspirasi dan pembelajaran bisnis bagi Sdr. Bahktiar kedepannya. Selamat berkarya dan salam sukses!

      Reply
  4. assalamualaikum.
    kang eceu tetee wargi. maaf saya mau bertanya saya disini pemula, sya berpikiran untuk memulai sebuah usaha tapi saya bingung harus mulai dari mana..? tetapi konsep knsep usaha nya q udah nemu.. yang jadi masalah di sini adalah MODAL , menurut Q untk menjalankan suatu usaha ini membutuhkan modal yang cukup besar. nah bagaimana solusinya.. ? karna untuk memulai suatu usaha membutuhkan dana atau modal..

    saya sekarang duduk di perkuliahan semester satu.. alasan saya ingin berwirausaha tentusaja tidak ingin merepptkan orang tua saya . terima kasih tolong pencerahannya.

    Reply
    • Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh..
      Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Modal dana memang penting dalam merintis usaha, namun minimnya modal bisa diatasi para pelaku usaha dengan mengoptimalkan modal potensi yang dimiliki. Misalnya saja Sdr. Jajang memiliki handphone smartphone, Anda bisa memulai usaha dari handphone yang dimiliki. Caranya cukup mudah, cari suplier produk yang sekiranya peluang pasarnya ramai dan membuka peluang sebesar-besarnya bagi reseller yang ingin bergabung. Dari modal foto di BBM, line, whatsapp, Anda bisa mulai berbisnis dengan mudah dan murah. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  5. saya tertarik berkebun dan berternak tapi saya kurang ilmu untuk itu semu klw masalah sukses enggaknya saya rasa lbh besar peluang sukses sbb ke butuhannya terus meningkat

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di www.BisnisUKM.com, untuk masalah ilmu bisa Bapak Devid pelajari melalui buku, majalah, ataupun situs-situs online yang membahas bisnis perkebunan dan peternakan. Setelah mendapatkan bekal ilmu, selanjutnya Bapak bisa mengaplikasikannya dengan menggeluti bidang usaha yang diminati. Misalnya saja budidaya tanaman, atau budidaya kambing dan sapi. Mengingat bisnis peternakan dan perkebunan peluangnya masih sangat terbuka, kami sarankan Bapak Devid untuk segera action agar tak kalah dengan pelaku bisnis lainnya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

      Reply
  6. salam kenal !
    Hampir setiap hari saya berusaha untuk mengklik situs situs yang berhubungan dengan usaha kecil mikro untuk mendapatkan informasi yang positif dan bisa saya lakukan tindakannya, ibarat mengkail ikan disungai saya sedikit mendapatkan apa yang saya inginkan termasuk hari ini saya membaca dari situs ukm judul bagaimana memulai usaha? saya sedang mendorong istri yang memiliki kemampuan membuat cemilan tradisional kerupuk crispy rasa jengkol laku dipasaran untuk menjadikan usaha penopang keluarga dalam kaitan itu saya berusaha memanfaatkan web web gratis atau trail dalam kurun waktu tertentu untuk menginformasikan kerupuk crispy rasa jengkol usaha istri saya, mohon agar kiranya saya diberikan tip tip kembali dalam hal , perlukah memulai usaha baru memanfaatkan internet atau web sebagai langkah positif? ,seberapa pengaruh web akan menjangkau pangsa pasar usaha baru ? terimakasih untuk siapapun yang menanggapi.

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di bisnisukm.com. Pada dasarnya langkah Bapak untuk membantu mempromosikan usaha istri melalui internet sudah sangat tepat. Sebab di era serba digital seperti sekarang ini, hampir setiap orang mencari informasi produk atau layanan jasa melalui internet. Jangkauan pasarnya yang sangat luas, memudahkan para pelaku usaha untuk mempromosikan bisnis yang mereka jalankan baik di pasar lokal, nasional, dan tidak menutup kemungkinan bisa menembus pasar internasional. Untuk mengoptimalkan program promosi yang Bapak jalankan, bisa berkonsultasi langsung melalui tim marketing kami melalui (0274) 3000-422 atau SMS 0852-9000-7054 (Sdr.Agus). Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
    • saya ingin memulai uasaha di bidang penjualan pulsa,,saya tinggalnya dalam koplek asrama,,gimana caranya saya memulainya dgn modal yang pas-pasan

      Reply
  7. saya ingin memulai usaha di bidang pertokoan termasuk ; snack, minuman , sembako dll
    apa yg harus saya lakukan pertama2 , soaalnya sy masi h dlm taraf belajar !!!

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba