Bagaimana Cara Memulai Bisnis di Usia Muda?

Bagaimana Cara Memulai Bisnis di Usia Muda?Pertanyaan ini sering muncul ketika seseorang ingin memiliki sebuah usaha, bagaimana cara memulai bisnis?? Bisa tidak memulai usaha di usia muda?

Sebetulnya cara untuk memulai suatu usaha sangatlah mudah dan gratis tanpa biaya sedikitpun. Syaratnya hanya satu, mulailah dengan memiliki sebuah MIMPI. Karena dengan bermimpi kamu dapat menciptakan ide bisnis yang luar biasa, hingga akhirnya ide bisnis tersebut diolah menjadi sebuah peluang usaha baru yang menguntungkan.

Bermodal dengan ide bisnis dari sebuah mimpi besar yang dimiliki, tahapan selanjutnya memulai usaha dapat dijelaskan sebagai berikut :

Menentukan gagasan bisnis yang segera bisa kamu kembangkan.

Sebaiknya sesuaikan usaha yang akan dibuka dengan kemampuan, minat atau bakat yang kamu miliki, namun tanpa meninggalkan faktor peluang pasar yang ada pada masyarakat. Banyaknya pengusaha sukses, karena mereka memilih bidang usaha yang mereka sukai. Sehingga kita akan selalu berusaha mengembangkan bisnis yang kita miliki, dengan perasaan senang hati tanpa ada kejenuhan ataupun rasa bosan yang sering muncul. Selain itu dapat juga memulai usaha baru yang belum pernah ada di pasaran sehingga terkesan unik dan menarik, atau membuka usaha yang telah banyak dipasaran namun memiliki peluang pasar yang masih besar.

Buatlah visi dan misi usaha yang jelas, meski kamu masih kelas pemula.

Sebuah usaha harus memiliki visi serta misi yang jelas, sehingga tujuan dan langkah usaha tersebut dapat terkonsep dengan baik guna menunjang pengembangan usaha yang dibangun. Sekecil apapun usaha yang kamu miliki, namun adanya tujuan usaha mempengaruhi kinerja serta hasil usaha yang akan diperoleh.

Sebagus apapun ide bisnis yang kamu miliki, tak akan jadi sesuatu jika tanpa adanya action.

Sebaik apapun ide bisnis yang kita miliki, tidak akan pernah menjadi usaha yang sukses jika kita tidak segera bertindak. Mulailah usaha yang kamu rencanakan dengan penuh keyakinan dan ketekunan, karena menjalankan sebuah usaha hingga mencapai kesuksesan membutuhkan perjuangan dan perjalanan yang cukup panjang dengan kerja keras yang harus dijalankan.

Selalu belajar, lakukan pengamatan di sekitar, tiru yang baik dan tambahkan sesuatu yang unik.

Amati pengusaha yang telah sukses dengan bidang yang sama dengan kita, bila usaha kita tergolong baru amatilah strategi manajemen yang mereka gunakan. Hal penting lainnya yaitu perdalam pengetahuan mengenai semua hal yang berhubungan dengan bisnis yang kita jalankan, agar produk kita bisa lebih inovatif.

Hadapi, hayati serta nikmati setiap hambatan atau kegagalan yang kamu temui di tengah jalan.

Membangun sebuah usaha hingga sukses tentu butuh proses, adanya hambatan serta resiko kegagalan hampir selalu membayangi setiap usaha. Untuk itu sebaiknya kita harus selalu berpikiran positif terhadap hambatan serta kegagalan yang ada, karena dalam tiap kesulitan akan ada kemudahan jika kita mau bekerja keras. Tanpa kita sadari, dalam keadaan terdesak kreativitas seseorang akan meningkat untuk mencari solusi dari masalah yang ada. Oleh karena itu, hadapi, hayati serta nikmati hambatan usaha karena akan menguatkan mental usaha kita dan menambah kemampuan kita dalam membangun usaha.

Kunci kesuksesan memulai sebuah bisnis adalah berani menjadikan mimpi kita menjadi ide bisnis yang nyata. Jangan pernah takut gagal dalam memulai bisnis, karena setiap kegagalan akan memberikan pelajaran berharga bagi langkah bisnismu. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

146 thoughts on “Bagaimana Cara Memulai Bisnis di Usia Muda?”

  1. Terima kasih sudah memberikan informasi. Banyak kegalauan untuk membuka bisnis baru, tapi semoga setelah ini tidak.

    Reply
  2. Hallo, saya sendiri memiliki ide menarik untuk membuka bisnis, namun saya bingug karena saya masih belum bisa menghasil kan uang untuk modal dan saya juga masih anak kuliahan. Dan saya bingung bagai mana cara menjalan kan usaha yang ada diotak saya ini. Sekian dari saya mohon saran atau masukannya terimakasih sahabatšŸ˜Š

    Reply
  3. Salam kenal bisnis UKM,
    saya seorang karyawan perusahaan. jam kerja saya dari pagi sampai sore tapi hari sabtu dan minggu saya libur.
    mohon solusinya usaha apa yang cocok buat saya tekuni. saat ini saya jadi reseller dalam mengisi waktu luang.
    Terima kasih sebelumnya

    Reply
    • Selamat siang Bapak Abdul Kadir, untuk menambah referensi Anda untuk mencari ide bisnis sampingan, kebetulan majalah BisnisUKM edisi 39 mengangkat tema seputar Bisnis Sampingan Karyawan. Majalah bisa didownload gratis, melalui link berikut, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  4. saya ingin memulai bisnis tapi saya gk tau bisnis apa yg cocok untuk saya berhubung saya masih mahasiswa dan juga modal yg sangat terbatas mohon bimbinglah saya

    Reply
    • Selamat pagi Sdr. Evaluas Waruwu, untuk menambah inspirasi bisnis sampingan yang cocok untuk mahasiswa, Anda bisa download majalah digital BisnisUKM yang mengangkat tema seputar Bisnis Mahasiswa, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  5. Salam kenal bisnis UKM. Saya mohon bimbingannya untuk memajukan usaha saya. Saat ini saya sedang usaha di bidang minuman Tradisional Beras kencur dan kunyit asam. Bagaimana cara membuat usaha saya menjadi berkembang seperti di model franchise ato reseller. Terima kasih

    Reply
  6. saya suka masak, karena itu saya ingin buka/jualan nasi bungkus kalau modal sih sudah ada tetapi saya terbentur dengan waktu, karena klau pagi saya kerja pulangnya sore

    Reply
  7. Mau solusinya ane buka usaha kompeksi sistimnya kerja sama tp ane tdk punya ilmu di bidang ini skang bangkrut mesin terbengkalai mau di jalankan tp ane tdk punya ilmu jahit

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk bisa bangkit dari kegagalan yang sebelumnya terjadi, selanjutnya Bapak Ahmad bisa mulai menyusun rencana bisnis kedepannya. Misalnya saja seperti mencari tenaga penjahit dari lingkungan sekitar, kemudian mulai memproduksi beberapa sampel produk untuk ditawarkan ke calon mitra, dan yang ketiga Bapak bisa mulai mengelola manajemen bisnis konveksi dengan lebih matang dengan memperhatikan beberapa poin berikut ini, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba