Bakso Jamur Tiram, Cocok Untuk Konsumen Vegetarian!

Bakso pada umumnya terbuat dari daging sapi, kini sebagian besar masyarakat mulai memanfaatkan jamur sebagai pengganti daging dalam bakso. Inovasi ini dipilih para pelaku usaha karena pada dasarnya jamur memiliki tekstur yang hampir sama dengan daging. Dan ternyata pilihan mereka sangatlah tepat, cita rasa bakso jamur tidak kalah enak dengan bakso daging sapi. Sehingga banyak masyarakat yang akhirnya mengangkat produk bakso jamur ini menjadi sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Seiring meningkatnya minat konsumen terhadap olahan jamur, saat ini menu bakso jamur sudah mulai dikenal luas oleh masyarakat. Beberapa pengusaha bakso jamur bahkan sudah bisa sukses menjalankan bisnisnya di daerah masing-masing. Salah satu pedagang bakso jamur di Yogyakarta telah berhasil menarik minat konsumen dengan bakso jamur kuping dengan kuah bumbu rempah.

Selain itu ada juga Kedai Bakso Jamur Radin yang berlokasi di Malang. Setiap bulannya kedai bakso tersebut mampu meraup omset hingga 30 juta rupiah melalui inovasi bakso jamur tiram yang ditawarkannya kepada masyarakat. Kondisi ini menjadi bukti nyata bahwa aneka makanan olahan jamur mulai mendapatkan tempat tersendiri di hati para konsumen.

Nah, untuk membantu Anda yang tertarik menekuni bisnis bakso jamur. Berikut ini kami informasikan resep pembuatan bakso jamur tiram, yang bisa Anda praktekan di rumah sebelum akhirnya mengangkat produk tersebut sebagai sebuah usaha.

Keuntungan Bisnis Bakso Jamur Tiram

Merambah Konsumen yang Belum Banyak Dilirik

Salah satu konsumen utama dari bakso jamur tiram adalah kelompok masyarakat vegetarian. Kamu bisa membuat bakso jamur tiram dengan meminimalisasi penggunaan telur atau justru sama sekali tidak menggunakan telur. Saat ini belum banyak menu vegetarian yang ditawarkan oleh para pelaku usaha makanan, ini adalah kesempatan baik untuk mengenalkan produkmu.

Jangkauan Pelanggan Luas

Bakso jamur tiram bisa dijual dalam bentuk frozen, dengan begini akan mudah bagimu untuk memasarkan produk ke luar wilayah. Selain itu produksi bakso juga tidak perlu kamu lakukan setiap hari, karena bakso bisa disimpan beberapa waktu di kulkas.

Untuk itu kamu bisa memanfaatkan marketplace untuk berjualan. Pengguna platform ini berasal dari banyak tempat, jadi kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini.

Catatan penting kalau kamu ingin menjual di daerah yang jauh: pastikan kamu sudah mengukur jangka waktu bakso basi. Jadi ketika dikirim bakso yang sampai di tangan konsumen masih segar dan enak dimakan.

Bakso Jamur Tiram Mudah Dibuat

Mencari makanan yang mudah dibuat dan mudah dijual? Tentu saja bakso jamur tiram jawabannya. Bahan baku yang kamu cari tidak sulit didapatkan, sekarang banyak sekali pembudidaya jamur tiram. Selain itu harganya juga tidak terlalu mahal.

Bahkan untuk mengurangi ongkos pembelian bahan, kamu bisa membudidayakan jamur tiram sendiri. Cara budidayanya tidak sulit dan tidak membutuhkan banyak tempat, namun kamu harus telaten dalam merawatnya.

Pembuatan bakso jamur tiram juga tidak sulit, hanya membutuhkan beberapa langkah saja. Meskipun begitu, bukan berarti kamu bisa abai dengan kualitasnya ya. Jangan sampai bakso yang kamu jual terlalu banyak campuran tepung dibanding jamurnya.

Tantangan Usaha Bakso Jamur Tiram

Mengenalkan bakso ini bukan perkara mudah, terutama jika kamu ingin menyasar pelanggan umum. Belum banyak orang yang familiar, jadi kamu perlu menggencarkan promosi di berbagai media.

Jangan lupa untuk memikirkan kemunculan pesaing juga ya. Di amrketplace, sudah lumayan banyak penjual bakso jenis ini. Kamu harus pintar-pintar mencari celah agar produkmu lebih dikenal.

Resep Bakso Jamur Tiram 

Resep Bakso Jamur Tiram
bakso jamur
Bahan :
- 500 gram kaki jamur tiram
- 1 butir putih telur
- 1 ons tepung sagu
- Garam (secukupnya)
- Lada (secukupnya)
- Minyak barbeque (secukupnya)

Cara membuat :
Bakso Jamur 
- Haluskan/blender batang jamur dan peras airnya (buang)
- Tambahkan putih telur, aduk rata
- Masukan tepung sagu, garam, lada dan minyak barbeque, aduk rata
- Setelah semua adonan menyatu, buat bulat-bulat kecil menjadi bentuk bakso. 
- Jika sudah dingin, masukkan dalam plastic bag dan simpan dalam kulkas

Analisis Modal Bakso Jamur Tiram

Kira-kira untuk 25 butir

 500 gram kaki jamur tiram         Rp14.500
 1 butir putih telur               Rp1500
 100 gram tepung sagu              Rp1500
 Garam (secukupnya)                Rp1000
 Lada (secukupnya)                 Rp2000
 Minyak barbeque (secukupnya)      Rp1000
 Jumlah (25 butir)                 Rp21.500
 Jumlah (100 butir)                Rp86.000
 Jumlah (100 butir x 25 hari)      Rp2.150.000
 
Modal Tetap
 Sendok                3       Rp10.000
 Baskom stainless      1       Rp25.000
 Panci                 2       Rp100.000 
 Jumlah                        Rp135.000 
 
Penyusutan setelah alat dipakai dalam satu tahun
 1/12 x Rp135.000              Rp11.250
 Total                         Rp146.250
 
Total Biaya Operasional
 Bahan Baku (25 hari) + Modal Awal
 Rp2.150.000 + Rp146.250       =Rp2.296.250
 
Estimasi Pendapatan Awal
 Rp30.000 (harga jual 1 pak per@25 biji) x 10 x 25 hari 
                               =Rp7.500.000
 
Penghitungan Laba Satu Bulan
 Estimasi Pendapatan Awal - Biaya Operasional
 Rp7.500.000 - Rp2.296.250     =Rp5.203.750    

Catatan: 
- pada bulan selanjutnya kamu tidak perlu memasuukan modal tetap dalam penghitungan, cukup jumlah penyusutan saja. 
- biaya di atas belum termasuk pembelian vaccuum bag. 

Strategi Marketing

Gunakan Media Sosial

Yap! Di era serba modern, kamu selaku pelaku usaha juga harus pintar-pintar menggunakan media sosial. Jika tidak, niscaya produkmu akan ketinggalan dengan milik pesaing. Media sosial sekarang memiliki fitur akun bisnis yang bisa kamu manfaatkan. Fitur akun bisnis akan memudahkanmu untuk mengetahui perkembangan bisnismu.

Melalui media sosial, kamu bisa menawarkan promosi hingga diskon kepada pelanggan. Startegi ini biasanya jitu untuk teman-teman yang baru membuka usahanya. Minta testimoni kepada konsumen tentang baksomu. Setelah itu pajang respon-respon positif di laman depan, supaya semakin banyak orang percaya.

Kalau kamu ingin terjun di media sosial, jangan lupa pilih foto yang bagus dan jelas ya. Dari visualisasi konsumen akan menilai sejauh mana kamu serius melakukan promosi.

Kemasan Menarik dan Efisien

Makanan frozen seperti bakso harus menggunakan kemasan yang efektif dan efisien. Tapi tidak cukup itu saja, kemasan harus disertai dengan identitas produk. Kamu bisa menempelkan slogan ataupun logo kepada kemasan supaya mudha diingat oleh pelanggan. Slogan dan logo juga adalah iklan berjalan yang gratis lho.

Evaluasi Usaha

Apakah usaha cukup dengan promosi? Tentu saja tidak. Dalam jangka waktu tertentu, usahamu harus dievaluasi. Kegunaan evaluasi adalah mlakukan koreksi penjualan untuk nantinya dibenahi. Misal sebulan sekali, setelah kamu selesai membuat laporan keuangan, cocokkan neraca debit dan kredit. Lihat apakah seimbang atau tidak.

Dari situ hitung berapa keuntungan yang kamu dapatkan. Jika untung bersihmu tidak sesuai target, maka mungkin ada yang perlu diperbaiki, bisa dari kualitas rasa hingga cara promosi. Fokus dari evaluasi adalah kelemahan-kelemahan yang terjadi selama bisnis berjalan.

Penutup

Dengan memanfaatkan tekstur jamur yang sangat mirip dengan daging, maka tidak mustahil bila Anda menjadikannya sebagai alternatif pembuatan produk bakso. Apakah kamu tertarik untuk memulai usaha ini? Jangan lupa ikuti tips-tips di atas ya.

Kalau kamu rasa artikel ini menarik, jangan lupa membagikannya kepada teman-teman yang lain. Semoga informasi cara membuat bakso jamur ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, bisa menjadi inspirasi bisnis bagi Anda yang sedang bingung mencari peluang usaha. Mulailah dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang. Ayo berbisnis jamur !

Ikuti terus informasi menarik seputar peluang usaha dan lainnya hanya di BisnisUKM.com

35 Komentar

  1. Assalamualaikum, pak/bu saya berminat untuk membeli bakso jamurnya. Kebetulan saya sedang menyusun skripsi tentang bakso jamur dan membutuhkan contoh bakso jamur yg sudah ada dipasaran. Kira2 saya harus menghubungi kemana?

    Reply
  2. Dalam pemnutan bakso jamur pke minyak selain barbeqeu bisa di ganti tidak dengan minyak lain?
    Klau tidak bisa dimnakah hurus belinya ,?
    Mhon info suksesnya

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Sebenarnya semua bagian jamur bisa digunakan, namun resep di atas sengaja hanya menggunakan kaki jamur karena teksturnya lebih keras dan kenyal sehingga bakso yang dihasilkan bisa menyerupai bakso urat sapi. Selamat mencoba dan salam sukses!

      Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Selamat mencoba dan semoga bisa menjadi peluang bisnis baru bagi Ibu Yatima.

      Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Pada dasarnya dicincang tidak masalah, namun tentu tekstur bakso yang dihasilkan tidak selembut bakso jamur yang bahan baku jamurnya diblender. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment