Ban Swalow Tembus Pasar Ekspor

ban merk swallowNilai ekspor ban sepeda motor dan kendaraan roda empat tahun ini diperkirakan menembus US$1 miliar menyusul lonjakan permintaan dari luar negeri yang diikuti dengan penurunan pasokan ban dari China di pasar dunia.

Peluang ekspor ban Indonesia semakin besar di pasar global karena China sebagai salah satu produsen ban terbesar dunia daya saingnya sedang menurun.

Hal itu disebabkan karena pemerintah China telah mengenakan pajak yang memberatkan bagi industri ban di negara itu. Pajak pertambahan nilai (PPN) besarnya mencapai 17% dan sistem restitusinya akan diubah.

Kebijakan semula, dari PPN sebesar 17%, sebanyak 13% di antaranya dikembalikan kepada eksportir, sedangkan 4% disetorkan ke pemerintah. Namun, kini sistem restitusinya diubah sehingga nilai PPN yang dikembalikan kepada pengusaha hanya 5% dan 12% masuk ke kas negara.

Ban Swallow Tembus Pasar Ekspor

Direktorat Pengawasan Barang Beredar dan Jasa (Ditwas B2J) Departemen Perdagangan menilai seluruh produk ban domestik telah memenuhi standar mutu.

Direktur Ditwas B2J, Syahrul R Sempurnajaya mengatakan bahwa kesimpulan tersebut merupakan hasil pengawasan melalui inspeksi mendadak di pasar domestik sepanjang tahun 2008.

Bahkan ban merk Swallow mampu menembus pasar ekspor. Ban motor Swallow merupakan ban produk lokal Indonesia (Medan) yang memiliki kualitas ekspor.

Ban merk ini sudah dipasarkan di empat benua, Amerika, Asia, Eropa, dan Afrika. Meskipun menjadi komoditas ekspor sejak tahun 1992, ban Swallow yang dirintis sejak tahun 1956, harga yang ditawarkan kompetitif.

Ban Swallow dikenal sebagai ban terkuat di Indonesia dengan ketahanan 1-2 tahun, bergantung pemakaian. Untuk jenis ban tubeless, Swalow juga menguasai pasar Indonesia.

Selain bersertifikat nasional Indonesia (SNI), produk ban Swalow ini didukung dengan sertifikat standar Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat. Ban Swalow juga pernah menjadi ban resmi Kejuaraan Nasional Grass Track tahun 2007-2008.

Karena kualitas produk dalam negeri yang bagus, seperti ban Swallow, produsen Taiwan ada yang menirunya, lalu dijual lagi ke Indonesia. Ini membuktikan bahwa ban nasional bisa bersaing dengan ban luar.

(sumber gambar : www.motorkita.com)

51 Komentar

  1. Saya ingin jadi distributor ban bermerek swallow di daerah kabupaten rokan hulu. Dengan nggaran 20 jt…
    Tolong informasi dan syaratnyaa
    Terima kasih

  2. Saya tertarik menjadi agen atau distributor ban truk swallow..tlg minta daftar harga ban truk dan jenis2 ban luar dalam truk skalian ktentuan n syarat menjadi agen ato distributor.trims tlg kirim k email sy aja

  3. Saya tertarik menjadi agen atau distributor ban truk swallow..tlg minta daftar harga ban truk dan jenis2 ban luar dalam truk skalian ktentuan n syarat menjadi agen ato distributor.trims

  4. Saya berminat untuk menjadi agen ban dalam dan luar swallow.. di wilayah saya banyak teman teman saya yg usaha tambal ban selalu menjual ban tersebut.. apa saya bisa menjadi agen & apa syarat2nya serta bisa saya dikirimkan pricelist harga untuk agen ( saya berencana langsung menjual secara kanvasing/pesanan diantar)
    . Trims
    Benhard – 081288737545

  5. saya sangat ingin menjadi penyalur ban dalam swalow kerna pasarnya sangat menjanjikan.tp saya tidak tahu kemana harus menghubungi distributor nya.

  6. saya sangat berminat utk membuka usaha atau menjadi agen ban swallow. wilayah klaten dan muntilan.. dimana aktifitas tambang di merapi sgt tinggi. sehingga kebutuhan terutama utk truck sangat besar. mohon utk info dan contactnya… maturnuwun

  7. Dear….
    Mohon info contact person untuk menjadi agen resmi ban swallow, karena di daerah kronjo tangerang rata2 pengguna motor menggunakan ban tersebut, di bengkel saya banyak yang menanyakan ban trsebut.
    Atas infonya sya ucapakn terimakasih tolong kirim ke rosudin.rosudin@yahoo.com, pin 2649514a

  8. bagi pengusaha yang mau membuka toko didaerah kalimantan timur yaitu di kota sangata masih sangat besar peluang untuk membuka usaha aneka ban ,apabila ada yang berminat bisa menghubungi saya langsung lewat email.dengan senang hati saya siap membantu ,apalagi saya juga butuh karena saya punya truck tetapi harga2 ban sangat mahal….semangat

  9. sya membutuhkan ban dalam motor dan ban luar motor ukuran standar 250/17 dan 275/17
    tapi sya ingin beli dalam pesanan yg cukup byk sekitar 200.000 unit tapi dg harga relatif murah dan sya harus hubungi siapa?
    karna sya mempunyai lahan yg sgt luas untuk mendistribusikannya.
    sy butuh informasi lebih lengkapnya
    kalo bisa saya minta price listnya ya melalui email saya.thanks

Comments are closed.