Begini Resep Sukses UMKM Tembus Pasar Digital!

Pandemi yang terjadi setahun ini telah melupmpuhkan perekonomian Indonesia, terutama UMKM lokal. Dampaknya banyak para UMKM yang mengalami penurunan penjualan hingga menutup seluruh outlet. Sejak saat itu para UMKM mulai diajak pemerintah untuk beralih ke pasar digital. Melalui digitalisasi ini perlahan pelaku usaha mulai bangkit. Sejauh ini pasar digital adalah kunci bagi UMKM untuk keluar dari keterpurukan selama pandemi covid-19.

Jika tidak segera keluar dengan memanfaatkan pasar digital ini maka ruang gerak UMKM akan semakin sempit. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasarkan produk-produk lokal bermutu. Bagaimana untuk membuat produk-produk lokal bermutu dan dapat di tembus pasar digital? Berikut ini ada beberapa resep sukses UMKM mengapai pasar digital.

Resep Sukses UMKM Tembus Pasar Digital

Ditengah pandemi dan persaingan pasar yang semakin ketat memaksa para UMKM untuk mencari jalan kelaur. Salah satu caranya dengan menembus pasar digital. Untuk bisa menembus pasar tersebut maka UMKM harus memperbaiki produk agar bisa diterima dipasaran dan bisa bersaing dengan produk sejenisnya. Lalu apa saja resep sukses UMKM bisa tembus pasar digital? Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan para UMKM lokal :

Kualitas Produk

Menjaga kualitas produk adalah hal utama bagi pelaku UMKM. Kemudian kualitas produk harus wajib dijaga, jangan sampai menurun. Berbicara soal kualitas produk kualitas produk kaitannya dengan ketahanan yang dimiliki oleh produk ketika digunakan. Semakin lama masa penggunaan suatu produk maka semakin baik pula kualitasnya.

Saat UMKM memastikan produknya berkualitas maka secara tidak langsung menambah nilai jual produk. Bukankah konsumen akan sangat senang jika produk yang dipakai memiliki masa pakai yang lebih lama. Kualitas produk yang bagus serta masa pakai yang panjang akan meyakinkan konsumen untuk melakukan pembelian ulang.

Kemudian menjaga keandalan suatu produk, dlaam hal ini produk yang dijual memiliki nilai fungsional. Apakah produk yang dijual dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi konsumen dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja seorang konsumen mengalami masalah ketika memasak nasi menggunakan panci. Untuk itu mereka membutuhkan magic com untuk menyelesaikan masalahnya tersebut.

Untuk bisa menyelesaikan permasalahan tersebut seharusnya magic com dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Maka dari itu kualitas produk berdasar keandalannya merupakan elemen yang sangat penting. Tujuannya agar produk dapat berfungsi secara maksimal dan bisa digunakan sesuai dengan fungsinya. Bukankah produk yang memiliki keandalan tinggi akan mudah dipasarkan ke konsumen?

Kemudian selanjutnya kemudahan dalam mengoperasikan produk tersebut. Kualitas dari produk akan dinilai berdasarkan kemudahan dalam penggunaannya. Jika harus memilih antara keindahan dan kemudahan penggunaan maka pilih produk yang mudah digunakan. Akan tidak efektif ketika produk hanya terlihat cantik namun sulit untuk dioperasikan.

Perlu kalian ketahui jika hal ini tidak berlaku untuk kuliner, sebab makanan membutuhkan keindahan untuk dapat menguggah selera makan. Untuk kuliner maka keduanya harus seimbang antara cita rasa dan juga penampilan dari makanan yang dihidangkan.

Packaging Menarik

Meskipun kualitas produk merupakan hal penting namun masalah packaging tak kalah penting. Desain kemasan produk memainkan peran dalam keberhasilan penjualan. Bahkan kemasan yang cantik dan menarik akan mempengaruhi cara pandang konsumen terhadap produk. Oleh sebab itu mendesain kemasan adalah salah satu cara untuk membidik target pasar.

Salah satu faktor dalam menentukan kemasan adalah dengan memilih bahan. Bahan kemasan harus sesuai dengan produk yang akan dijual. Untuk produk makanan berminyak harus mendapatkan kemasan khusus yang membuat minyak tidak rembes. Kemudian produk keripik membutuhkan kemasan yang membuatnya jauh lebih awet dan tahan lama. Selai itu pemilihan bahan kemasan juga kaitannya dengan pertimbangan proses distribusi.

Jika target pasar yang dibidik luas, maka ada kemungkinan pendistribusian barang jauh. Untuk itu kalian perlu kemasan yang membuat produk aman dan tidak rusak sampai ke tangan konsumen. Pilih bahan kemasan yang tahan banting, tidak mudah rusak, sobek dan tidak merusak produk yang ada dalam kemasan.

Untuk selanjutnya kemasan harus mudah dibuka dan ditutup kembali. Kemasan yang sulit dibuka akan membuat konsumen binggung dan dapat merusak produk. Jika tidak dijaga maka akan merusak citra produk. Oleh sebab itu pilih kemasan yang mudah dibuka. Jika memungkinkan gunakan kemasan yang dapat dibuka tutup atau kemasan yang menggunakan zipper lock.

Kemudian pikirkan juga saat produk dipajang dirak toko. Produk yang sudah masuk toko maka akan ditata berjejeran dengan produk lainnya. Jika kalian tidak membuat desain kemasan yang mencolok maka produk terlihat kurang menarik. Untuk itu gunakan warna menonjol dan eye catching, font jelas dan bisa dilihat dari jarak jauh, desain gambar menarik, dan tipografi jelas.

Memberi Kesan Positif

Hal selanjutnya harus diperhatikan adalah soal pelayanan prima kepada konsumen. Pelayanan ini sifatnya luas, kita ambil contoh memberikan kesan positif pada konsumen. Baik memberi kesan saat pelayanan pertama maupun after sales. Dalam hal pelayanan “tidak ada kesempatan kedua untuk memberikan kesan pertama

Kesan pertama sangat mempengaruhi proses closing kalian, bukan hanya saat itu namun juga saat penjualan berikutnya. Hal yang harus kalian bangun dalam memberikan kesan positif adalah memberikan rasa penasaran kepada konsumen, baik dari produk, merek. rasa, tampilan. Kemudian perlakukan konsumen seperti raja, hargai dan dengarkan apa yang mereka inginkan. Jika perlu panggil namanya dengan begitu konsumen akan merasa dihargai dan diingat.

Pastikan untuk menjelaskan detail mengenai produk yang akan dibeli konsumen. Hal ini membuktikan bahwa kalian ahli dan memahmi segala sisi dari produk. Semakin kalian paham dan memahami produkmu, maka konsumen akan semakin yakin atas kualitas produk dan terlihat lebih percaya diri membeli produkmu.

Kemudian yang tak kalah penting yakni memberikan after sales. After sales mengacu pada upaya dalam memastikan konsumen puas dengan pelayanan dan produk yang dibeli. Hal ini akan mempengaruhi tingkat penjualan berikutnya sebab konsumen yang puas maka akan mengajak konsumen baru untuk membeli produkmu.

Alasan pentingnya after sales ini juga membangun hubungan baik antara konsumen dengan pelaku usaha. Konsumen yang puas dengan pelayanan dan produk yang dibeli tentu akan menyarankan pada kerabat atau temannya. Salah satu pelayanan after sales yang bisa diterapkan adalah pemberian garansi, kupon atau voucher potongan harga, give away.

Selain hal tersebut kalian juga bisa melakukan ucapan terima kasih atas pembelian produk melalui text. Misalnya menghubungi dan mengingatkan konsumen untuk melakukan service, mengucapkan selamat ulang tahun atau mengucapkan perayaan hari tertentu. Kalian juga bisa memberikan fasilitas dan perlengkapan, memberikan pelayanan pemeliharaan dan perbaikan berkala sdb.

Nah itu tadi adalah beberapa resep sukses untuk bisa menembus pasar digital dengan mudah.

Leave a Comment