Bisnis Online, Pemasaran

Belajar Coding Secara Online Melalui 5 Website Berikut

Di era digital seperti sekarang ini, memiliki skill coding untuk membangun suatu website maupun aplikasi sangatlah dibutuhkan. Walau Anda baru bisa mengelola konten pada hosting murah untuk website Anda tanpa perlu menerapkan coding, tidak ada salahnya untuk belajar ilmu dasarnya dan menerapkannya secara bertahap untuk mengembangkan website Anda.

skill-coding

Dengan menguasai ilmu dasar coding, Anda dapat mengelola website dengan lebih baik tanpa harus bergantung pada jasa web developer untuk pengembangannya. Selain itu, skill coding akan membantu Anda untuk mengeksplorasi fitur-fitur website sesuai keinginan Anda dengan lebih leluasa. Jika Anda ingin menguasinya, berikut 5 referensi website yang bisa digunakan untuk belajar coding secara online.

1. Free Code Camp

Berbeda dengan website belajar coding yang hanya menyediakan tutorial, Free Code Camp menawarkan real-life communication dan memiliki komunitas untuk belajar seputar bahasa pemrograman secara langsung. Anda bisa berpartisipasi aktif dalam berbagai jenis challenge atau tantangan melalui platform ini.

Agar Anda mampu menyelesaikan challeng tersebut, Anda akan diberikan fasilitas untuk mengakses tutorial dan berbagai kelas pemrograman online di dalamnya terlebih dulu. Dengan begitu, Anda bisa menyelesaikannya dengan mudah. Makin banyak challenge yang Anda selesaikan, makin banyak pula pengetahuan seputar pemrograman yang Anda kuasai.

learn-to-code-free

Melalui Free Code Camp, bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari adalah HTML5, CSS3, Javascript, Node.js, React.js, D3.js, Databases, serta Git and Github. Pilihan yang begitu bervariasi bisa jadi membuat Anda bingung harus mulai dari mana untuk mempelajarinya. Karena platform memiliki komunitas di dalam forumnya, Anda bisa mendapatkan bantuan dari sesama pengguna yang juga belajar di dalamnya. Anda pun dapat melakukan “kopi darat” atau kopdar untuk sharing dan berdiskusi langsung seputar materi yang dipelajari.

2. Codewars

Hampir sama seperti Free Code Camp, Anda bisa mempelajari coding atau bahasa pemrograman seperti Java, Javascript, C#, Ruby, Python, dan SQL melalui berbagai rangkaian tantangan atau challenge. Tantangan di dalamnya tergolong cukup unik karena terinspirasi dari istilah seni bela diri, yang disebut dengan istilah kata yang merujuk pada olahraga judo di Jepang. Tujuannya adalah untuk mempertajam kemampuan serta keahian yang dimiliki para penggunanya melalui bahasa pemrograman tertentu.

codewars

Tidak berhenti sampai di situ, hasil akhir dari kata tersebut juga bisa digunakan untuk mempelajari kode baru dari awal. Kata selanjutnya akan semakin menantang jika Anda sudah berhasil menyelesaikannya. Anda pun bisa melihat perbandingan solusi yang Anda miliki dengan yang user lain tawarkan melalui penyelesaian dari tantangan sat uke tantangan lainnya. Dari sini, Anda bisa menggali lebih jauh teknik-teknik yang berbeda untuk mengatasi setiap masalah terkait dengan development.

3. Code Conquest

Bagi para pemula yang masih mencari website belajar coding yang tepat, Code Conquest bisa jadi salah satu pilihannya. Platform ini mengakomodir mereka yang sama sekali belum mengetahui bagaimana cara kerja coding. Sehingga, jika Anda benar-benar belum paham cara menulis baris kode, Code Conquest akan membantu Anda untuk mempelajarinya dari awal.

codeconquest

Melalui situs ini, metode pembelajaran di dalamnya didesain agar para penggunanya mampu mempelajari dasar-dasar coding, memilih bahasa pemrograman yang ingin dikuasai, meningkatkan kompetensi dan pengetahuan seputar coding, menerapkannya dalam project-project pembuata website maupun aplikasi digital, dan mengeksplorasi berbagai tutorial serta panduan yang bermanfaat untuk mengembangkannya.

Pada Code Conquest, Anda bisa mempelajari berbagai bahasa pemrograman, mulai dari HTML dan CSS, Javascript, PHP, Ruby, jQuery, Python, hingga MySQL. Jika sudah mendaftar dan menjadi member di platform ini, Anda akan memperoleh rekomendasi khusus untuk memperpanjang program pembelajaran dengan platform dan tool yang berbeda.

4. Code School

Sebagai platform belajar coding secara online, Code School mengakomodir berbagai kelas gratis dan juga berbayar. Dengan jumlah member lebih dari satu juta, website ini telah dimanfaatkan oleh pengguna dari berbagai belahan dunia. Kursus online melalui Code School menggunakan metode dan proses pembelajaran yang ditentukan oleh keahlian yang dikuasai dan bahasa pemrograman yang dipilih.

codeschool

Pada platform ini, Anda dapat mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman seperti Javascript, Elixir, Ruby, Ios, Python, PHP, HTML dan CSS, serta Database. Ada 4 jenis pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajarannya. Tahap-tahap pendekatan tersebut meliputi:

  1. Pemilihan jalur kursus yang disusun dan dibuat langsung oleh para expert, lalu pelajari materi yang telah disediakan
  2. Untuk berlatih coding, Anda bisa langsung menggunakan browser dan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan feedback
  3. Setiap kali Anda menyelesaikan 1 level kursus ke level yang lain, Anda akan mendapatkan poin untuk setiap materi yang sudah dipelajari
  4. Laporan progress dan pencapaian yang diperoleh dengan montoring langsung untuk mengukur tingkat keberhasilan dari kelas yang telah diambil

5. Code Academy

Dengan user yang sudah mencapai lebih dari 24 juta orang di dalamnya, Code Academy layak disebut sebagai salah satu situs yang paling banyak dimanfaatkan oleh mereka yang ingin mempelajari coding secara gratis. Terdapat berbagai jenis penawaran kelas online yang bisa dimaksimalkan lewat platform online ini, seperti programming for beginner maupun materi seputar bahasa pemrograman tingkat lanjut.

codeacademy

Metode pembelajaran dan pendekatan yang diterapkan pada Code Academy bisa dikatakan cukup interaktif. Dalam proses pembelajarannya, Anda tidak hanya sekadar mendapatkan teori saja, namun bisa langsung mengaplikasikan apa yang telah Anda pelajari. Kuota waktu hingga 300 juta jam bisa diakses untuk mempelajari berbagai bahasa pemrograman di dalamnya, seperti HTML, JavaScript, CSS, jQuery, PHP, Python dan Ruby. Tak heran jika platform ini tergolong cocok untuk para pemula hingga programmer yang telah berpengalaman.

Kesimpulan

Tak perlu lagi mengambil kuliah hingga bertahun-tahun lamanya di Teknik Informatika untuk bisa mempalajari coding. Ada beragam tutorial coding yang cocok untuk para pemula dari berbagai sumber yang bisa dimanfaatkan untuk memperkaya pengetahuan Anda terkait pengembangan website. Baik untuk kebutuhan membuat website untuk klien  sebagai web developer maupun project pribadi, Anda bisa memanfaatkan situs-situs tersebut secara maksimal dengan cuma-cuma. Happy coding!