Belajar Pemasaran Produk Secara Online Bagi Pemula

Strategi pemasaran online

Pemasaran produk secara online tentunya sangat dibutuhkan untuk mempertahankan bisnis agar tetap bisa aman bersaing dipasaran. Salah satu penyebab utama yang menjadikan sebuah bisnis akhirnya gulung tikar adalah tidak adanya dana untuk menghidupi dan menjalankan usaha tersebut.

Misalnya saja pengeluaran lebih besar dibandingkan dengan pemasukan. Padahal penting bagi sebuah usaha untuk bisa menghasilkan pendapatan lebih besar dari pada pengeluaran. Dan pendapatan yang tinggi tentunya tidak bisa lepas dari pemasaran produk yang baik.

Pemasaran produk yang baik berupa barang ataupun jasa sebaiknya jangan hanya terpaku dengan cara offline saja. Pemasaran online juga bisa menjadi alternatif lain yang berpeluang besar bagi suatu usaha di era digital seperti saat ini. Konsumen juga semakin tertarik untuk menemukan dan mencari produk maupun jasa secara online dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan.

Cara Memasarkan Produk Secara Online 

Cara memasarkan produk secara online sebenarnya bukan hal yang sulit dan bisa dilakukan oleh siapapun termasuk para pemula bisnis, asalkan mau belajar. Biaya yang dibutuhkan pun nyaris tanpa modal usaha. Cukup menggunakan satu unit PC dan berlangganan internet realtime 24 jam, pelaku usaha sudah bisa memasarkan produknya secara online. Berikut ini adalah cara memasarkan produk secara online.

Tetapkan Produk

Pertama, tetapkan produk dengan strategi pemasaran yang tepat. Dari mana produk atau jasa yang akan Anda jual tersebut diperoleh. Jika produk merupakan hasil produksi sendiri maka Anda harus bisa menghitung jumlah barang yang akan dijual setiap minggu atau bulannya. Kemudian, dalam strategi pemasaran Anda juga harus menentukan kemana segmen penjualan produk yang akan dijual tersebut.

Kenali Kebutuhan Pasar

Kedua, sebelum jauh terjun dalam dunia bisnis perlu sekali Anda untuk melakukan riset pasar. Lakukan riset dengan detail bagaimana pasar bekerja, dan coba cari tahu kebutuhan pasar yang belum terpenuhi. Ada beberapa cara untuk mendapatkan kebutuhan pasar. Cara yang paling sederhana adalah dengan bertanya langsung pada konsumen. Dengan bertanya langsung maka Anda langsung bisa tahu masalah apa yang bisa Anda selesaikan.

Membuat Portal Toko Online

Ketiga, membuat portal toko online secara sederhana dan juga gratisan. Bagi pemula bisnis yang ingin memasarkan produknya secara online dianjurkan untuk membangun blog yang berbasis blogspot atau wordpress. Blog sebaiknya berisi deskripsi produk mengeni barang yang akan Anda jual. Jangan lupa juga untuk menyertakan nomor kontak, cara melakukan transaksi pembelian dan biodata penjual untuk meyakinkan konsumen.

Promosikan Toko Online

Keempat, promosikan toko online Anda dengan cara menyimpan link toko online di media jejaring sosial seperti facebook, twitter dan lain sebagainya untuk menarik pengunjung yang datang ke toko online Anda. Jika para pengunjung tertarik dengan produk yang Anda posting, maka secara otomatis mereka akan menelpon ke nomor kontak yang telah Anda cantumkan.

Promosi Di Forum Jual Beli

Kelima, aktif mempromosikan produk di forum-forum jual beli. Tampilkan dengan jelas di forum jual beli tersebut bahwa Anda sebagai selling online yang menjual produk secara online. Jika memungkinkan, Anda sebagai pemula bisnis juga bisa menyertakan link toko online Anda sehingga para pembaca bisa mengunjungi toko online milik Anda dengan mudah. Namun, penting juga bagi pemula bisnis untuk memperhatikan etika bisnis dalam menulis serta berdiskusi di forum jual beli online.

Pelayanan Maksimal

Keenam, memberikan pelayanan secara maksimal kepada para calon konsumen. Cara melayani konsumen secara online tidak jauh berbeda dengan berjualan secara offline dimana penjual harus bisa memberikan keamanan dan kenyamanan pada calon pelanggan. Jika ada calon konsumen yang menelpon, sebisa mungkin berikan penjelasan dengan jelas, santun dan tidak berbelit-belit. Berikan cara bertransaksi secara mudah dan aman.

Miliki Website Atau Marketplace

Di era modern ini untuk bisa menawarkan produk Anda secar luas maka penting adanya suatu wadah untuk berjualan atau pengganti bangunan namun secara online. Pada biasanya wadah tersebut berupa website ataupun marketplace. Kegunaan kedua wadah tersebut adalah fasilitas untuk memperihatkan produk yang dijual beserta informasi didalamnya. Fasilitas tersebut juga menjadi sarana komunikasi dengan customer.

Promosi Dengan Iklan Akun Online

Cara yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan tools yang ada pada media sosial. Media sosial yang sekarang ini dinilai cukup efektif dan responsif adalah instagram, facebook dan youtube. Pastikan Anda akan mendapatkan calon pelanggan sesuai dengan target yang Anda bidik. Sasarannya pun tentu bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan produk Anda. Dengan begitu Anda bisa mengatur budget sesuai dengan kebutuhan dan bisa diatur kapan saja waktu tayangnya.

Gunakan Tools Untuk Analisis

Untuk dapat meningkatkan penjualan Anda perlu adanya riset dengan berbagai cara. Nah 2 tools yang bisa Anda gunakan yakni, google analytic dan google trend. Melihat apa yang paling dibutuhkan dan dicari customer. Anda pun dapat melihat data lengkap customer muali dari daerah, teknologi yang digunakan, usia, jenis kelamin, halaman yang banyak dikunjungi. Anda juga bisa menganalisa trend apa saja yang sedang hangat yang berkaitan dengan produk. Nah Anda bisa menggunakan trend ini sebagai promosi tertentu.

Tools Untuk Desain

Mungkin tak banyak dari para pelaku usaha yang bisa mendesain, namun kini dengan kehadiran beberapa tools untuk desain ini tentu sangat memudahkan dan membantu. Tools ini hadir untuk siapapun yang ingin mendesain untuk dipasarkan di sosial media. Salah satu tools yang bisa Anda gunakan adalah canva. Canva ini ada beberapa menu dan templete yang seru dan unik, Anda bisa berkreasi dan memodifikasi dengan tulisan tertentu, gambar dan lain sebagainya. Tools ini sangat powerfull dan menarik sekali untuk digunakan.

Itulah beberapa strategi pemasaran online yang bisa dijalankan dengan mudah oleh para pemula agar produk yang dijual bisa laku keras di pasaran. Semoga tips bisnis ini juga dapat menginspirasi Anda para pemula bisnis untuk berjualan produk secara online sehingga produk Anda dapat bersaing di dunia bisnis yang lebih luas lagi.

43 thoughts on “Belajar Pemasaran Produk Secara Online Bagi Pemula”

  1. Saya ingin sekali memulai bisnis lwt online produk saya adalah kue , bgmn cara mudah bagi pemula sprt saya..?

    Reply
    • Selamat pagi, apakah ada nomor telpon yang bisa kami hubungi untuk informasi lebih lanjut? Terimakasih

      Reply
      • Saya juga ingin eksis di dunia kuliner khususnya kue, boleh saya dbantj dalam hal pemasaran… Kmana saya boleh inbox nomer yah…

  2. Ass salam kenal nama saya devi,
    saya merintis produc kopi rempa-rempa saat ini saya masih ke sulitan pemasaranya bagai mana caranya biar produc saya bisa jalan terima kasih untuk
    untuk kerjasamanya saya tunggu infonya ……

    Reply
    • Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh..
      Selamat Siang Sdr. Devi, untuk memudahkan melakukan promosi via internet, Anda bisa mempromosikan produk dengan cara berikut, KLIK DISINI. Informasi selengkapnya bisa menghubungi Customer Servis BisnisUKM.com melalui email : iklan@bisnisukm.com atau mobile : 0812-1511-1415. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
    • Selamat Siang Ibu Wira, untuk memudahkan Ibu melakukan promosi via internet, Ibu bisa mempromosikan produk dengan cara berikut, KLIK DISINI. Informasi selengkapnya bisa menghubungi Customer Servis BisnisUKM.com melalui email : iklan@bisnisukm.com atau mobile : 0812-1511-1415. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  3. saya menjalankan bisnis meubel furniture jati jepara cara memasarkan supaya dapet omset sama custamer itu bagaimana iyaa?

    Reply
  4. siang.mau nanya klo sya bru pemula mau bisnis bju2 online/jilbab online cra awalnya gmna y?dan sya hrus nyari distributornya dr mna?

    Reply
  5. mas, saya baru saja memulai bisnis online tas. dan setelah saya melakukan penawaran, konsumen bersedia membeli dan akan akan mentransfer uangnya besok. Tetapi ternyata konsumen tersebut tidak juga melakukan transfer uang ke saya. pertanyaannya . apa yang harus saya lakukan ? apa saya membiarkan saja ? atau menanyakan kembali tentang transferan nya, kalau iya , masalah nya terkadang konsumen tersebut tidak sedang online di facebook padahal sebelumnya kita melakukan deal di chat facebook? di tambah lagi ada konsumen yang tidak mau sms ke nomor yang di tuju. apa saya harus chat lagi di facebook, yang sedang off, di tambah lagi stok yang selalu berjalan.

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Ibu Vava bisa melakukan follow up (konfirmasi ulang) kepada calon konsumen terkait orderan yang mereka lakukan. Dan untuk menghindari perihal FB yang offline, ada baiknya bila di awal pemesanan Ibu meminta contact person setiap konsumen sehingga memudahkan untuk komunikasi. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba