Berbisnis Jasa Travel Agent

travel agentJika Anda pernah mengikuti perjalanan wisata dengan menggunakan beberapa bus atau study tours pada waktu sekolah, perjalanan yang menyenangkan tersebut tidak lepas dari peran travel agent. Jasa travel agent sangat dibutuhkan di saat mereka yang akan melakukan perjalanan tidak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkannya sendiri.

Usaha perjalanan wisata merupakan salah satu jenis bisnis jasa yang cukup menjanjikan. Setiap bulan ada banyak wisatawan baik asing maupun domestik yang ingin melakukan perjalanan wisata. Disinilah letak peluang bisnis yang mungkin dapat menjadi pilihan usaha Anda. Karena dengan mendirikan travel agent, berarti Anda telah membantu banyak orang dalam mempersiapkan rencana perjalanannya.

Jika Anda ingin menjalankan bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu.

  • Mengetahui jenis kendaraan yang  paling ekonomis, tetapi tetap nyaman digunakan.
  • Menentukan trayek yang akan dilalui.
  • Pekerjakanlah sopir yang berpengalaman.
  • Beberapa fasilitas kantor juga harus disediakan, seperti lembar booking, faktur, surat-surat yang harus dibawa sopir dalam perjalanan dan data alamat pelanggan.
  • Jaringan telepon dan mesin faksimili.

Yang menjadi hambatan dalam menjalankan bisnis ini adalah kerusakan mobil. Kerusakan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya, sopir ugal-ugalan yang memperlakukan kendaraan dengan tidak baik, dan parahnya kalau sampai terjadi kecelakaan. Cuaca yang buruk kadang juga dapat menjadi hambatan untuk melakukan perjalanan. Dan hambatan paling nyata adalah persaingan dengan bisnis sejenis lainnya.

busNamun jangan pernah takut untuk bersaing dalam berbisnis jasa travel agent, karena ada beberapa strategi bisnis yang dapat menjadi panduan awal bagi Anda. Yang pertama gunakan telepon secara efektif. Gunakan media massa untuk meraih konsumen, dengan cara mengiklankannya dikoran maupun majalah. Kemudian buat strategi marketing yang jitu untuk menghindari kerugian. Dan yang paling penting adalah jalin hubungan baik dengan perusahaan agen perjalanan lainnya agar bisa berbagi pengalaman dan informasi.

sumber gambar: http://www.selectadventures.com/air.gif & http://w12.itrademarket.com/pdimage/01/839901_volvo_bus.gif

19 Komentar

  1. saya ingin join dengan jasa penjualan tiket pesawat tapi bagaimana cara memulainya,,,,,?

  2. Memulai bisnis agency travel ini 1000 % saya katakan GUAMPANG!!! Hehehe..mgkn rada terdengar sombong ya,tapi demikianlah adanya. Setahun yg lalu ide ini muncul dari istri yg punya usaha laundry, lokasi berada di pinggir jalan Trans Way Palu – Makassar. Lantaran mau kredit bank untuk tambah modal laundry belum disetujui akhirnya musti putar otak untuk menggenjot nilai tambah, walhasil karena lokasi usaha dekat dengan kampus saya beranikan bikin agen tiket travel dan bus luar kota. Ide ini belum ada yang garap di kota saya jadi tidak ada salahnya dicoba, pikir saya kala itu. Modal utamanya cuma keberanian aja menemui pengurus atau bos-bos PO Bus antar kota di kota saya, diutarakan aja saya mau bantu carikan penumpang, bisa gak? Hasilnya diluar dugaan mereka mau. Awalnya 1 P.O yang saya ageni, sebulan kemudian jadi 10 P.O yang saya urusi. Keuntungannya memang gak besar paling satu penumpang dapat komisi 5000-20.000 aja. Tergantung kemurahan hati si Bos Perusahaan Otobus (P.O)nya…hehehe..

    Kini setahun udah jalan, tempat usaha egen tiket jadi satu dengan laundry..lumayan hasilnya sehari bisa tembus angka 500-750ribu. Fantastis bukan? Cuma modal ngomong aja.Bisa memberi hasil tambahan yang luar biasa!

    Intinya anda berani mencoba dengan cara yang paling mudah dan utamakan “Apa yang paling penting ketika saya memulai usaha yaaa??” Jawabannya silahkan anda tentukan sendiri sesuai kasusnya.Pada intinya jangan mikir modal dulu, action aja…dan belajarlah filosofi “MENDARAT DARURAT”

    Semoga kisah saya ini dapat memotivasi dan menginspirasi.

  3. ditengah kesibukanku saat ini,saya sedang mencari tahu dan sangat ingin blajar tentang usaha tiketing dan travel.insallah 2 thn kedepan akan mulai buka usaha ini,krn saya suka travel.mohon bantuanya gmn sich kongkritnya?trims byk

    • saya seorang agen tiket pesawat online, kalau ingin lebih jelas hub saya di megawatisimalango@yahoo.com

  4. Saya sangat berminat sekali untuk menerjuni bisnis travel agent ini, mohon bantuannya dn panduanny langkah apa aj yg hrs sy lakukan utk memulai bisnis ini,trims

  5. sudah lama sebagai pelaut dah keliling dunia,sy melihat sebenarnya adalh peluang peluang usaha yg begitu banyak yg perlu di follow up,kebetulan saya bekerja di kapal pesiar mewah amerika,sy meliat bisnis travel and tourist destination di tempat kita(indonesia) ga kalah dgn luar negeri,syangnya pemrintah blm melihat potensi ini

  6. saya ingin memulai bisnis ticketing. apa saja dan bagaimana ya langkah2nya? mohon info dari teman2 yg sdh terjun di bidang ini

  7. saya ingin gabung di dunia travel agents dan ingin belajar berdiri sendiri karena saya sudah cukup lama tahu mengenai seluk beluk travel agents dengan status saya yg masih sebagai tenaga ticketing di salah satu travel agents di Surabaya.

  8. menarik sekali bisnis ini, tolong donk dikirimi cara untuk memulai usaha dan apa yang perlu dipersiapkan serta modal minimalnya berapa?

  9. Terima Kasih untuk materi2 dan panduannya yang membuka mata saya.. bahwa bekerja dari rumah itu menjadi sangat mungkin…

  10. Setidaknya harus pake modal yg lumayan cukup besar utk memulai usaha ini

  11. sy sgt senang menemukan website ini.saat ini sy br saja terkena phk pengurangan pegawai.sy ingin buka usaha tp krn modal saya kecil maka saya tertarik dgn usaha cemilan yg pernah dibahas di bisnisukm.com ini.oleh krn itu mohon info lengkapnya soal usaha tersebut serta daftar supplier yg menjangkau wilayah bogor tentunya yg kualitasnya bagus tapi harga terjangkau.saya mohon bantuan infonya dikirim ke email saya.terimakasih.

    • saya sudah terjun di usaha ini, awalnya memang susah, karena saya tidak ada sama sekali dasar di bidang pariwisata. lambat laun saya belajar dari pengalaman ke pengalaman dan dari relasi sesama biro perjalanan wisata. yang jadi kendala hanyalah masalah legalitas usaha. jikalau ada yang mau berbagi pengalaman dalam pengurusan legalitas usaha bisa kirim ke e mail kami alcimp_tour@yahoo.com

Comments are closed.