Berbisnis Tanaman Bonsai Cantik

bisnis-bonsai -cantik

Bonsai merupakan miniatur dari tanaman atau pohon yang dikerdilkan. Bonsai masih menjadi tanaman yang diminati masyarakat. Selain bentuknya memang unik, bonsai juga memiliki karya seni tinggi. Banyak masyarakat yang menjadikan bonsai sebagai salah satu koleksi untuk menghias rumah. Fungsi dari bonsai sendiri selain sebagai penghias rumah juga mampu menjadikan udara di rumah menjadi segar dan sehat. Dengan fakta seperti itu, maka menjadikan bonsai sebagai peluang usaha yang brilian. Pembuatan tanaman bonsai sendiri memerlukan waktu yang cukup lama.

Konsumen
Tanaman bonsai sering digunakan untuk menghias ruang tamu, atau ruang kerja. Keberadaannya juga mempercantik taman rumah, makanya tanaman ini disukai para penggila tanaman terutama para ibu rumah tangga. Namun jangan salah, banyak pula kaum adam yang menyukai tanaman bonsai ini. Bahkan mereka sering mengadakan kontes bonsai, untuk mempererat hubungan para penggemar tanaman tersebut.

Info bisnis
Untuk memulai bisnis ini, dibutuhkan berbagai kegiatan untuk merawatnya. Kegiatannya antara lain pemberian pupuk, pemangkasan, pembentukan tanaman, penyiraman, dan penggantian pot dan tanah. Dalam praktiknya, pembentukan pada pohon bonsai dilakukan dengan bantuan kawat pada ranting dan tunasnya. Dan timing yang tepat saat mengambil kawat sebelum menggores kulit ranting pohon menjadi salah satu hal yang penting dalam pembentukan pohon bonsai.

Dalam memulai berbisnis tanaman bonsai cantik ini, hal yang harus dilakukan adalah menyiapkan tanaman bonsai yang nantinya akan Anda jual. Mempelajari tentang seluk beluk bonsai dari buku, majalah, dan internet juga menjadi hal terpenting agar pengetahuan tentang bonsai bisa maksimal. Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan tempat untuk memajang atau galleri yang apik, cantik, dan elegan. Hal tersebut akan menambah daya tarik bisnis bonsai yang Anda tekuni. Menyiapkan media berupa pupuk dan berbagai peralatan perawatan harus diperhatikan, karena pupuk yang baik dapat bepengaruh terhadap kualitas bonsai.

Kelebihan bisnis
Bentuk bonsai yang relative lebih kecil dibandingkan tanaman lain, memberikan daya taik tersendiri bagi para konsumen. Selain itu bisnis tanaman bonsai juga tidak membutuhkan alat atau mesin tertentu, sehingga modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar.

Kekurangan bisnis
Dalam menjalankan usaha pastilah ada hambatan yang akan menghadang. Dalam menjalankan bisnis ini, hal yang bisa menjadi hambatan antara lain penyakit tanaman yang bisa sewaktu-waktu menyerang. Kemudian hama yang bisa mengganggu pertumbuhan bonsai. Selera konsumen yang mudah berubah juga menjadi hal yang harus diperhatikan dengan baik. Dan agar hal tersebut bisa diantisipasi maka perlu diadakan survey terhadap keinginnan pembeli.

Pemasaran
Pemasaran tanaman bonsai yang paling sering digunakan yaitu melalui pameran tanaman hias. Pameran tanaman hias maupun kontes bonsai menjadi ajang untuk mengenalkan produk dan menjalin kerjasama dengan penggemar bonsai lainnya. Selain itu pemasaran juga dapat dilakukan dengan membagikan brosur maupun kartu nama, sehingga masyarakat luas mengetahui keberadaan usaha bonsai Anda.

Kunci sukses
Semakin kecil dan unik bonsai Anda, semakin mahal pula harga jualnya. Untuk itu kreasikan bonsai Anda seunik mungkin, agar menarik minat para konsumen. Selain itu ikuti perkembangan pasar bonsai saat ini. Karena minat konsumen mudah berubah, untuk itu usahakan selalu melakukan survey bisnis guna mengetahui minat pasar saat ini.

Analisa Ekonomi
Modal awal
Stok bibit bonsai
30 pot @Rp  250.000,00                    Rp 7.500.000,00
Peralatan tanam                           Rp   900.000,00+
Jumlah modal awal                         Rp 8.300.000,00

Perhitungan laba/ rugi per bulan
Penjualan per bulan
10 pot x Rp 1.000.000,00                  Rp 10.000.000,00

Harga pokok bonsai per bulan:
Bibit bonsai:
10 pot @Rp 250.000,00                     Rp 2.500.000,00
Pot, obat, pupuk, dan bahan lainnya       Rp   500.000,00+
Jumlah                                    Rp 3.000.000,00

Laba kotor per bulan Rp 7.000.000,00
Biaya umum dan lain-lain per bulan:
Promotools dan kartu nama                 Rp   300.000,00
Penyusutan                                Rp    15.000,00
Biaya listrik dan air                     Rp   200.000,00
Biaya umum lainnya                        Rp   300.000,00+
Jumlah                                    Rp   815.000,00

Laba bersih per bulan 
Rp 7.000.000,00 -  Rp 6.185.000,00    =   Rp 815.000,00 

Diolah dari berbagai sumber
Sumber gambar:
http://4.bp.blogspot.com/_ItW4A7SzjAs/SuF4THhAlVI/AAAAAAAAAIY/GSklCvrnEjw/s320/bonsai_371x352.jpg

14 thoughts on “Berbisnis Tanaman Bonsai Cantik”

  1. bwt mas rosi..!!, sy udah search di FB, tp rosi yg mana nech? krn ada ribuan profil dgn lebel rosi di FB, sebelum dan sesudahnya sy ucapkan banyak terima kasih..

  2. Salam sejahtera…, sy ramses, hobbies dr makassar en dlm wkt dkt mo hijrah ke bogor tp tanaman sy tdk sy bw serta ke bgr (ditinggal di mks aja) rencananya mo ngumpulin tanaman yg baru lg, sy sedang mencari -/+ 36 jenis bakalan bonsai yg tinggi bakalannya TIDAK LEBIH DARI 35cm, diantaranya lohansung varigata, loa varigata, ulmus varigata, jambu biji, kupa landak dll, klo ada yg bisa bantu tlg kirim spesifikasi bakalannya beserta harganya ya?, ini e-mail sy; rams281077@yahoo.com!, makasih bnyk!.

Comments are closed.