Berdayakan Petani dan Peternak dari Bisnis Minimarket Pangan Sehat!

Bisnis minimarket menjadi salah satu peluang usaha yang sampai sekarang masih menjanjikan. Apalagi kalau sudah dikembangkan dengan sistem online dan layanan delivery untuk pelanggan. Bisnis minimarket pada dasarnya sudah sangat berkembang dari waktu ke waktu. Kalau dulu bisnis minimarket ini kebanyakan sistemnya waralaba, sekarang banyak pelaku usaha yang secara mandiri memulai bisnis minimarket dengan konsep yang lebih inovatif. Mulai dari inovasi bisnis jenis produk yang dijual sampai konsep bisnisnya itu sendiri.

Kalau di Indonesia salah satu yang sedang tren beberapa waktu ke belakang sampai sekarang adalah munculnya bisnis minimarket yang khusus menjual produk pangan organik dan sehat baik itu sayuran, buah, daging, susu, telur, dan produk lainnya. Nggak cuma minimarket dalam konsep store offline tapi juga online baik itu melalui layanan delivery atau aplikasi. Kalau kita bahas soal produk pangan sehat ataupun organik, dari hulu saja memang pelakunya sudah banyak. Sebab sudah banyak petani sayuran organik yang kemudian fokus pada komoditas sayuran sehat untuk dijual ke para agen atau mintra yang kebanyakan adalah pelaku bisnis minimarket itu sendiri. Begitu juga dengan para peternak yang makin banyak fokus untuk memasok daging, telur, ataupun usus dengan kualitas terbaik.

Dulu produk-produk pangan sehat dan organik seperti sayuran, buah-buahan, susu, telur, daging, dan lainnya hanya bisa didapatkan secara eksklusif di supermarket atau retail besar. Segmen pasarnya sudah jelas untuk konsumen premium. Tapi dengan hadirnya para pelaku bisnis minimarket rintisan ini menjadi terobosan baru bagaimana masyarakat luas punya kesempatan yang sama untuk bisa menikmati produk pangan berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau.

Peluang Bisnis Minimarket

Bicara soal peluang bisnis minimarket memang masih terbuka lebar. Tapi persaingannya juga sangat kompetitif. Di era kemajuan teknologi seperti sekarang, makin banyak orang yang lebih memilih memulai bisnisnya sendiri dengan mengandalkan penjualan secara online. Seperti halnya bisnis minimarket yang juga berinovasi dengan penjualan online ataupun layanan delivery. Jadi sangat diperlukan penyesuaian dan inovasi untuk tetap bisa punya daya saing ketika ingin terjun di bisnis minimarket ini.

Begitu juga dengan Agrolestari Mart yang berlokasi di Yogyakarta menjadi bisnis minimarket kekinian dengan konsep penyedia produk pangan sehat dan organik. Agrolestari mart adala husaha yang begerak dalam bidang bisnis layanan penjualan bahan atau produk pangan sehat. Mulai dari telur, daging, susu, madu, sayur, serta produk pangan lainnya yang berkualitas. Produk yang ditawarkan adalah produk yang memang menjadi kebutuhan pokok kebanyakan orang.

Agrolestari Mart bukan sekadar bisnis minimarket semata, sebab dalam menjalankan bisnis ini justru berangkat dari inisiatif untuk memberdayakan para petani lokal agar hasil panen mereka punya nilai yang lebih tinggi. Diakui oleh Sinu Saputri sebagai kepala toko Agrolestari Mart yang pada awal membangun bisnis minimarket ini berangkat dari kepedulian untuk menyediakan bahan pangan yang berkualitas serta memberdayakan petani dan peternak lokal untuk memasarkan produknya.

“Tujuan utama Agrolestari Mart ini yang utama adalah pemberdayaan masyarakat. Awalnya kami jalin kerjasama dengan beberapa kelompok ternak di Kabupaten Kulon Progo untuk ayam petelur. Kemudian kami kerjasama juga dengan binaan Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada di Kabupaten Gunung Kidul untuk produk madu. Sementara untuk susu kamu ada peternakan sendiri yang juga kerjasama dengan masyarakat sekitar. Selain itu juga kami punya visi untuk menyediakan produk pangan sehat dan berkualitas yang bisa dijangkau masyarakat umum, bukan hanya kelas premium saja,” ujar Sinu Saputri.

Inovasi Bisnis Minimarket Pertanian

Agrolestari Mart hadir sebagai minimarket modern yang tidak mengandalkan pada penjualan offline. Tapi justru hanya berfokus pada penjualan online. Platform yang digunakan adalah instagram, web store, marketplace, dan chatting apps. Agrolestari Mart adalah sebuah layanan online yang menyediakan bahan segar dan produk sehat berkualitas dari petani dan produsen lokal di sekitar wilayah Yogyakarta. Konsep bisnis yang diusung adalah farm-to-table yang memungkinkan konsumen untuk mendapatkan berbagai bahan segar dan produk berkualitas langsung dari petani dan produsen lokal.

Produk unggulan pangan sehat yang disesiakan oleh Agrolestari Mart adalah produk telur ayam bahagia, susu fungsional, dan madu lanceng. Tentu saja selain punya peternakan sendiri Agrolestari Mart juga punya jaringan kemitraan dengan peternak lokal untuk kebutuhan stok produk. Untuk produk telur ayam bahagia merupakan telur ayam yang dihasilkan dari ayam petelur yang dirawat tanpa suntikan atau obat kimia. Dari kandungan gizi telur bahagia ini sendiri juga berbeda dengan telur ayam pada umumnya. Telur ayam bahagian kadar kolesterolnya lebih rendah dan kandungan proteinnya lebih tinggi. Bahkan Agrolestari Mart juga diajak kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman untuk menyetok telur bahagia sebagai bahan pangan untuk ibu-ibu hamil dalam rangka pemenuhan kebutuhan protein serta pencegahan bayi stunting.

Kalau untuk produk susu, Agrolestari Mart punya peternakan sapi yang dikelola secara mandiri mulai dari perawatan, pengolahan pakan, serta pengolahan hasil daging dan susu perahannya. Susu yang dihasilkan juga bukan sekadar susu sapi biasa. Tapi susu sapi segar dengan kekentalan dan kadar lemak yang berbeda dari susu pada umumnya. Begitu juga dengan madu lanceng yang kandungan gulanya lebih rendah. Jadi dinilai lebih sehat untuk konsumsi sehari-hari. Apalagi untuk para penderita diabetes memang tidak bisa mengonsumsi gula dalam jumlah banyak. Jadi dari segi citarasa, madu ini manis dan sedikit agak pahit. Sementara untuk produk lainnya ada daging sapi dan ayam sebagai produk tambahan.

Strategi Pemasaran

Sebagai bisnis minimarket pertanian kekinian, Agrolestari Mart memanfaatkan platform online untuk pemasarannya. Platform pertama yang dimanfaatkan adalah instagram @agrolestarimart dengan segmen pasar konsumen reguler. Prinsip yang mereka kuatkan adalah menyediakan produk pangan berkualitas dengan harga yang terjangkau semua kalangan masyarakat. Jadi kesan produk pangan berkualitas hanya untuk segmen premium dipatahkan oleh Agrolestari Mart yang menjadi penyedia pangan berkualitas dengan harga reguler.

Rahasianya bukan dengan banting harga tapi dengan menyesuaikan dengan jaringan kemitraan yang dilakukan. Biaya operasionalnya jauh lebih bisa ditekan ketika mengandalkan layanan kemitraan dengan para peternak dan petani lokal. Kemudian platform kedua yang digunakan adalah marketplace. Ketiga adalah webstore yang bisa diases di laman https://www.agrolestarimart.site/ dan platform chatting apps melalui whatsapp.

Jaringan kemitraan yang dibangun oleh Agrolestari Mart sejauh ini berfokus pada ternak ayam petelur. Di mana para petani rumahan bisa mendaftarkan diri sebagai mitra untuk pemeliharaan ayam sampai pada proses panen telur. Untuk perawatan, pemberian pakan, dan pemantauan kesehatan akan didampingi dan didukung oleh Agrolestari Mart.

“Jadi nanti mitra itu hanya sediakan tempat. Kandang, pakan, ayam, petelur, sudah kami sediakan. Tinggal operasional hariannya saja yang dikelola. Selain itu para mitra juga akan didampingi, dibina, dan didukung untuk kontrol kesehatan hewan ternaknya. Sementara telur yang dipanen juga harganya tidak diturunkan,” tambah Sinu Saputri.

Itulah kisah bisnis dari Agrolestari Mart yang semoga bisa menjadi inspirasi untuk kamu dalam menjalankan bisnis. Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terdorong untuk memulai bisnis.

Ikuti terus kisah menarik dari perjalanan para pelaku bisnis lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment