Bertahan Dengan Bisnis Aneka Olahan Ikan Lele

kerupuk lele2Apa yang Anda bayangkan ketika mendengar kerupuk lele? Banyak yang tidak menyangka kalau ikan yang dikenal dengan patil tajamnya ini bisa dibuat kerupuk yang renyah dan gurih. Kita bisa menjumpai produsen kerupuk lele tersebut di Daerah Pakem Sleman Yogyakarta. Adalah kelompok Artha Mina yang saat ini beranggotakan 3 orang berhasil mengembangkan diversifikasi produk ikan lele menjadi berbagai produk lain yang bernilai jual lebih. Lele yang selama ini dikenal sebagai ikan budidaya ternyata bisa dikembangkan menjadi produk makanan seperti kerupuk lele, pepes lele, abon lele, lele biscuit, burger lele, bakpao lele, lele kremes, dan lele nugget.

Berawal dari usaha yang dikembangkan oleh rekan-rekannya, saat ini kelompok Artha Mina menjadi satu-satunya kelompok yang masih bertahan memproduksi aneka olahan masakan berbahan lele.  Ketika tim bisnisUKM mengunjungi lokasi produksi kerupuk lele tersebut (13/1), kami langsung disambut oleh Ibu Anna Elisabeth Sri Dadi (66) selaku koordinator kelompoknya. Ibu yang masih energik dengan dua orang cucu tersebut  semangat sekali ketika menjelaskan alasan mengembangkan olahan lele kepada tim. “kita berfikir kalau udang, tengiri itu bisa dijadikan produk kerupuk, kenapa lele tidak bisa, padahal sama-sama ikan”, begitu awal mula pemikiran Ibu Elisabeth tentang produksi kerupuk lelenya.

kerupuk lele3Peluang usaha produksi aneka olahan lele tersebut sudah dijalani kelompok Artha Mina sejak tahun 2008. Di tahun awal produksinya, kerupuk lele pernah mengalami masa jayanya sekitar tahun 2008 dan 2009.  Seiring dengan makin menurunnya tingkat ekonomi dan konsumsi masyarakat akhir-akhir ini, penjualan produk olahan lele pun mengalami penurunan drastis. Namun, kelompok Artha Mina masih bertahan memproduksi olahan lele tersebut karena menurutnya ikan lele termasuk ikan yang mudah didapat dan murah harganya.

Proses produksi kerupuk lele sebagai produk andalan dari kelompok Artha Mina tidaklah sulit untuk dikerjakan. Membutuhkan waktu kurang lebih dua hari untuk menghasilkan kerupuk mentah kering yang berkualitas. Lamanya waktu produksi juga ditentukan dengan proses pengeringan yang masih menggunakan tenaga matahari yaitu dengan dijemur. Untuk tahapan adonannya, bahan-bahan yang digunakan juga banyak di pasaran seperti tepung tapioka, bumbu masak, dan minyak kelapa. Dan yang menjadi keunggulan dari kerupuk lele produksi Artha Mina, semua bagian dari lele digunakan sebagai bahannya termasuk duri dan kepala dari ikan lele tersebut. “Duri dan kepala kita ikutkan sebagai bahan produksinya karena mengandung kalsium tinggi dan cocok untuk ibu hamil, balita, hingga lansia karena kandungan kalsium di dalamnya bisa mengurangi resiko terkena osteoporosis”, begitu penjelasan dari Ibu Elisabeth.

kerupuk leleBagi Ibu Elisabeth yang memiliki basic seorang perawat, faktor kesehatan menjadi hal utama dalam menghasilkan produk-produknya. Oleh karena itu penggunaan bahan-bahan alami juga menjadi prioritas kelompok ketika memproduksi olahan masakannya. Dan saat ini, Ibu yang berasal dari Purworejo tersebut berharap agar perekonomian negeri ini semakin membaik sehingga daya beli masyarakat akan pulih seperti sediakala.

Proses pemasaran produk juga menjadi kendala tersendiri bagi kelompok Artha Mina dalam memasarkan produknya. Berbagai hal tekait dengan pemasaran sudah pernah dijalankan oleh kelompok Artha Mina. “Kita pernah masuk supermarket, swalayan, hingga pasar-pasar namun karena biaya sewanya lumayan mahal kita memutuskan untuk menghentikannya”, imbuh Ibu Elisbeth. Namun, kelompok Artha Mina sedikit banyak terbantu dengan seringnya ikut pameran-pameran baik yang diselenggarakan skala lokal maupun regional. Dan menurut Ibu Elisabeth, dari beberapa kali mereka ikut pameran, produk aneka olahan lelenya termasuk laku keras. Sehingga, sampai saat ini beliau masih tetap optimis untuk tetap bertahan dengan produksinya dibantu oleh dua orang rekannya. Salut untuk Ibu Anna Elisabeth.

Tim Liputan BisnisUKM

44 Komentar

  1. untuk bisnis UKM, saya mohon dikirimkan no hape/CP ibu Elisabeth ya… saya butuh untuk mengecek langsung ke lokasi.
    dan beserta alamatnya. ini menarik sekali untuk menjadi referensi usaha yang akan saya lakukan, terimakasih.
    andha (Bantul, Yogyakarta)

  2. pak/bu tolong dong minta kontaknya ibu Anna elisabeth atau pengelola UKM Artha Mina. Trima kasih

  3. saya tertarik dengan usaha olahan lele ini…jika arta mina berminat dan bisa membantu saya, saya ingin mencoba memasarkan hasil olahan lele in dengan ilmu marketing yg telah saya miliki…..mohon info selengkapnya ke aclarieshop@yahoo.com..
    terima kasih…

  4. Thanks artikelnya Ibu , Saya minta alamat lengkap kelompok Artha Mina.Juga mau tanya harga kerupuk lele nya /kg berapa ya? terima kasih.

    Rgds,
    Veronica

  5. tolong ibuk saya boleh minta no HandPhone nya dan alamat lengkapnya saya ingin memesan kerupuk lele

  6. setelah membaca iklan ibu saya jadi tertarik untuk mencoba membuat krupuk lele ini saya minta no.hp dan alamat ibu terima kasih

  7. selamat sore….
    bagaimana bu ya cara membuat kerupuk dari bahan ikan lele
    dan klu boleh tau ikan lele bisa dibuat apa lg selain kerupuk,
    sekian dan terima kasih.

  8. di desa kami memproduksi ikan lele kalau ada yang beminat bisa kerjasama dengan no hp. 081278899343

  9. saya dari kudus,,
    mohon dikasih resep dn cara membuatnya Bu,,
    saya pengen banget bikin krupuk lele tersebut,,saya sudah mencoba budidaya lele sendiri,karna harga yang murah&kadang kesulitan untuk menjualnya,saya pengen coba bikin krupuk lele seperti di atas,,
    085643734857
    mksih,,,

  10. saya tertarik dengan usaha yang ibu jalani dan berkeinginan untuk mengembangkan di daerah saya yang saat ini juga lagi digiatkan untuk beternak lele. Harapan saya jika usaha pembesaran lele ini berhasil maka usaha seperti ibu ini menjadi peluang besar

  11. Pak/Bu saya sangat senang bisa
    membaca artikel ini, mohon
    kiranya team bisnis UKM bisa
    mengirimkan saya alamat
    beserta contact Person Artha
    Mina ke aziz_linzi@ yahoo.com, beserta resep dan analisis usaha ini. terima kasih Terimakasih atas respon yang
    Ibu berikan.
    Penjelasan telah kami kirim
    melalui email. Terimakasih
    Salam Sukses

  12. Saya sedang mencari tahu cara membuat atau bagaimana usaha krupuk ikan lele milik ibu, jika ibu bisa, juga cara membuat abon ikan lele. Dan berikut list harganya perkilo. Bisakah dikirimkan ibu alamat lengkap, dan nomor yang bisa dihubungi ke email saya: erahotma@gmail.com
    Trimaks

  13. Saya tertarik sekali dengan usaha krupuk ikan lele milik ibu,bisa dikirimkan alamat lengkapnya ke email saya: cb_yibwal@yahoo.co.id dan kalo beli partai jumlah besar kena harga berapa perkilonya?? Trims

  14. Mohon bantuan alamat Bu’ Elisabeth, saya sangat tertarik usaha beliau apakah juga memproduksi abon ikan lele.

  15. saya tertarik dengan olahan lele yg dilakukan Artha Mina, krn saya punya usaha budidaya ikan lele pembesaran dan pembibitan.

  16. inspiring banget.nelayan2 kita butuh pelatihan2 kayak gini. agar mereka bs meningkatkan kesejahteraan mereka. klo mereka jual ikan mentah dihargai murah bgt sm tenkulak. sy pikir2, hasil laut kita jauh lbh melimpah dan harganya jg lbh murah dr ikan lele

  17. Pak/Bu

    saya sangat senang bisa membaca artikel ini, mohon kiranya team bisnis UKM bisa mengirimkan saya alamat beserta contact Person Artha Mina ke septidk2009@yahoo.com, beserta resep dan analisis usaha ini. terima kasih

    Terimakasih atas respon yang Ibu berikan.
    Penjelasan telah kami kirim melalui email.

    Terimakasih
    Salam Sukses

  18. saya tertarik artikel krupuk lele,
    kalau boleh bisa di kirim cara membuat serta bahan yang di butuhkan,….dan resepnya,,\
    ini email saya, sigit_yk0201@yahoo.com

  19. Ibu saya sangat tertarik dengan bisnis kerepuk lele yang ibu kembangkan..
    bila berkenan saya minta resep dan cara pembuatannya ya bu..
    terima kasih..
    ini alamat email saya..
    pearl_tia126@yahoo.com

  20. trimakasih videonya bagus ibu,klo bisa tolong ditayangkan bagaimana proses pembuatannya dan brapa harga krupuk itu?

  21. Terimakasih atas artikelnya…sangat bagus sekali..
    dapat memberi inspirasi bisnis buat pembaca..
    Kalo boleh, saya mohon untuk dikirim penjelasan tentang resep dan cara pembuatannya yang lebih detil serta analisis usahanya ke email saya.. atau nomor telp Ibu Anna Elisabeth..
    Terima kasih..
    Salam

    Terimakasih atas respon yang Ibu berikan
    Penjelasan telah kami kirimkan melalui alamat email Ibu.

    Terimakasi. Salam Sukses

  22. kalau boleh minta alamat lengkap kelompok artha mina. dan No. Tlp ibu Anna Elisabeth Sri Dadi selaku koordinator kelompok artha mina.

    atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih banyak.

    salam.
    firmansyah Yudha
    e-mail:joko_dodok@yahoo.co.id

    Terimakasih atas respon Bapak.
    Penjelasan telah kami kirim melalui alamat email Bapak.

    Terimakasih. Salam Sukses

  23. Kerupuk lele nya enak, gurih, renyah. Saya sudah coba sendiri. Bergizi tinggi, tanpa bahan pengawet, tanpa pewarna, bahan-bahannya sehat alami. Bagus juga untuk anak-anak yang sedang tumbuh.

Comments are closed.