Renyahnya Bisnis Camilan Kekinian Ini Serenyah Keuntunganya

renyahnya-bisnis-camilan-kekinian-ini-serenyah-keuntunganya

Bisnis camilan kekinian memang terus saja berkembang dan kehadiran camilan mulai semakin beragam, semakin kesini kehadiran camilan semakin menarik, mulai dari camilan unik hingga extreme. Salah satu camilan yang menarik perhatian kini kacang yang sembunyi dibalik balutan pangsit. Camilan yang satu ini cukup populer dikalangan masyarakat dan menjadi salah satu suguhan disaat lebaran idul fitri.

Tapi tahukah kamu meski terdengar hanya camilan ringan namun kandungan dalam kacang tanah ini kaya akan lemak, mengandung protein tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium. Kandungan protein dalam kacang tanah adalah jauh lebih tinggi dari daging, telur dan kacang soya. Kacang tanah ini, mempunyai rasa yang manis dan banyak digunakan untuk membuat beraneka jenis kue. (Wikipedia).

Bisnis Camilan Kekinian Kacang Sembunyi

Keunggulan Kacang Sembunyi

Salah satunya dari sekian banyak olahan kacang tanah adalah kacang sembunyi ini. Mungkin kacang sembunyi masih cukup terdengar asing ditelinga sebagian orang. Belum dapat dipastikan makanan renyah ini berasal dari mana. Namun di beberapa daerah di Indonesia kita dapat menemukan camilan yang unik ini dengan rasa manis, pedas atau gurih.

Kacang sembunyi merupakan makanan ringan berbahan dasar kacang tanah dan dibalut dengan tepung terigu berbentuk pangsit. Camilan ini memiliki cita rasa yang nikmat dan sangat cocok untuk teman saat bersantai. Nah namanya saja sembunyi, jadi sudah pasti banyak di carikan ya.

Penggemar Kacang Sembunyi

Kehadiran camilan kacang dengan inovasi baru ini memang berbeda dari pada camilan kacang tanah pada biasanya. Bahkan yang lebih hebatnya lagi sekarang ini pun penggemar kacang sembunyi hampir merata disetiap kalangan. Namun untuk proses produksinya masih sangat sedikit karena keterbatasan tenaga kerja. Terlebih pada saat menjelang Idul Fitri atau perayaan hari besar lainnya tiba permintaan cukup tinggi. Dengan beberapa alasan tersebut bukankah bisa menjadi peluang untuk kamu menekuni bisnis kacang ini?

Permintaan Pasar

Nah Seperti pengusaha camilan kacang sembuyi ini yakni Bapak Ali Mundhofar. Kini bisnisnya kacang sembunyi tersebut mulai kebanjiran permintaan sejak awal Ramadhan pada tahun 2010 lalu. Sudah bisa dipastikan jika bulan Ramadhan tiba omsetnya bisa mencapai 10 x lipat. Hmm, tentunya ngak bisa dianggap remeh yaa meski berbisnis camilan kering yang sederhana ini. Gimana nih kamu tertarik untuk bisnis camilan kekinian yang satu ini? Tunggu apalagi, cobain yuk dan rasakan keberhasilan merintis usaha sama seperti yang dilakukan oleh Bapak Ali ini.

Awal Merintis Bisnis

Peluang bisnis camilan kacang ini mulai dirintis sejak tahun 2001. Bapak Ali ini  memulai bisnisnya dengan peralatan yang masih sangat sederhana dan manual yang dikerjakannya sendiri dan dibantu oleh istrinya. Hingga semakin tahun kini semakin berkembang menjadi seperti sekarang ini.

Strategi Pemasaran

Dalam memasarkan produknya, ayah dua putri ini menawarkannya sendiri dari toko ke toko. Dahulu pada awalnya hanya mampu dipasarkan di Jepara saja, namun kini dapat merambah hingga kota sekitar seperti Kudus dan Pati.

Ciri Khas

Ternyata yang membedakan kacang sembunyi buatan Bapak Ali ini dibandingkan  dengan kacang sembunyi yang lain adalah rasanya yang khas yakni memiliki rasa yang manis, renyah dan yang pasti enak. Produk yang diberi brand “Rani Kacang Sembunyi” ini, berasal dari nama istrinya. Ia dedikasikan karena istrinya yang membantu dan mendukung bisnisnya tersebut dari nol hingga saat ini.

Kemasan Menarik

Nah sebelum kita sampai pada analisa ekonomi untuk penjualan produk kacang sembunyi ini sebelum nya kita akan membahas mengenai kemasan. Kemasan merupakan hal terpenting selain pemasaran. Fungsi kemasan tidak hanya sebagai pembungkus saja namun juga sebagai branding untuk mengenalkan brand dan media untuk mempromosikan. Begitu kemasannya menarik dan unik maka pelanggan juga akan tertarik untuk membeli produk yang dijual. Jadi kehadiran kemasan menjadi sangat penting dan tidak boleh dilewatkan.

Salah satu contoh kemasan berikut ini bisa dijadikan inspirasi mengemas camilan seperti diatas. Namanya kemasan standpouch kombinasi. Bagian depan bahan transparant sedangkan bagaian belakang alumunium foil. Jenis kemasan ini biasanya digunakan oleh para penjual yang ingin memperlihatkan produk pada bagian depan serta dilengkapi dengan zipper sehingga memudahkan bagi para penjual agar tidak repot jika belum memiliki mesin pengemas otomatis. Ayo tunggu apa lagi, tak perlu ragu kamu bisa cek kemasan dan order di dikemas.com, disana ada banyak keunggulan yang bakala kamu dapetin salah satunya konsultasi gratis, desain gratis dan masih banyak lagi bonus lainnya.

Analisa Ekonomi

Analisis Ekonomi

Modal awal
Peralatan masak
 (3 penggorengan, sutil, tampah, peniris dll.)     Rp  2.000.000,.
Peralatan produksi3 Kompor gas                     Rp    450.000,.
Pengaduk tepung (rakitan sendiri)                  Rp  2.500.000,.
Mesin penipis adonan                               Rp  2.500.000,.
Sealer                                             Rp    350.000,.
Bahan baku awal                                    Rp    500.000,.
Sepeda motor roda 3                                Rp 11.000.000,.+
Jumlah                                             Rp 19.300.000,.

Biaya operasional / bulan
Pembelian bahan baku(Rp 400.000,. x 30 hari)       Rp 12.000.000,.
Gas elpiji 3kg (Rp 13.500,. x 15)                  Rp    202.500,.
Gaji karyawan 5 orang @ Rp 350.000                 Rp  1.750.000,.
Plastik kemasan                                    Rp    100.000,.
Transportasi                                       Rp    180.000,.
Lain-lain                                          Rp    100.000,.+
Jumlah                                             Rp 14.332.500,.

Pemasukan
Omset / bulan(30kg x @Rp 32.000,. x 30 hari )      Rp 28.800.000,.

Laba bersih / bulan
(Rp 28.800.000,. – Rp 14.332.500,.)                Rp 14.467.500,.

ROI (Return of Investment)(Rp 19.300.000,. : Rp 14.467.500,.)    = < 2 bulan

Demikian peluang bisnis camilan kekinian sekaligus inspirasi yang dibagikan oleh Bapak Ali Mundhofar seorang pengusaha sukses kacang sembunyi khas Jepara. Semoga dapat memberikan gambaran dan isnoirasi bagi pembaca sekalian. Dan semoga dengan membaca ulasan tersebut bisa memberikan manfaat dengan mendapatkan ide bisnis yang sesuai untuk ditekuni.

Temukan inspirasi bisnis dan ide lainnya hanya di bisnisukm.com, di bisnis ukm lengkap berbagai artikel jenis peluang bisnis, ide – ide bisnis, analisa bisnis, pemasaran, inspirasi bisnis, bisnis online, video bisnis dan masih banyak lagi. Salah satunya yakni artikel insprasi bisnis yang sangat menginspirasi bagi kaum pebisnis lainnya. Bila ingin sukses bisnis, harus ada dasar ilmu dan keseriusan.

Jangan terlewatkan juga video liputan bisnis hanya di bisniskuliner.id, kamu bisa menemukan berbagai inspirasi dan motivasi yang dibagikan oleh sedikitnya 50 lebih pengusaha sukses cafe, warung makan, restorant yang memulai bisnisnya dari nol. Ada sekitar 242 video liputan bisnis yang bisa kamu simak. dijadikan inspirasi dan pembelajaran dari kisah yang dibagikan para pengusaha sukses tersebut. Salah satunya yakni, bagaimana cara memulai bisnis, cara mendapatkan modal bisnis, cara memilih lokasi bisnis, menjaga resep, produksi, startegi pemasaran, mengelola keuangan, cara manajemen SDM dan pengembangan bisnis.

Sumber gambar: https://nyaribisnis.com/resep-kacang-sembunyi-kulit-lumpia/

16 thoughts on “Renyahnya Bisnis Camilan Kekinian Ini Serenyah Keuntunganya”

  1. bagaimana cara memasarkan produk usaha snack??nd bagaimana kiat memilih plastik agar terlihat cantik nd dimana di dapatkan plastik cantik tersebut??

    Reply
  2. saya juga mau ikut bisnis camilan dan memasarkannya.sya di daerah sulawesi selatan(parepare)?gmna caranya….

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba