Peluang Usaha

Bisnis Keripik Buah, Peluang Usaha Rumahan Yang Harus Dicoba

bisnis-keripik-buah-peluang-usaha-rumahan-yang-harus-dicoba

Bisnis keripik buah sepertinya terlihat cukup menggiurkan ya? Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai jenis buah-buahan. Bahkan kini masuk dalam 20 besar negara pemasok buah terbesar di dunia. Di beberapa daerah nusantara ini merupakan penghasil berbagai jenis buah yang bermacam-macam. Saking banyaknya pasokan buah, kebanyakan petani buah kewalahan untuk mengolah bahan baku ini untuk dijadikan apa. Daya tahan simpan buah tidak lama, maka mengolahnya menjadi berbagai jenis camilan merupakan ide yang sangat cemerlang. Beberapa daerah penghasil buah-buahan tersebut mengolahnya menjadi makanan ringan, keripik buah.

Peluang usaha ini dinilai cukup menjanjikan karena buah sendiri merupakan makanan yang sehat dan bergizi, kaya akan berbagai macam vitamin yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Itulah kenapa keripik buah sangat bagus untuk kamu jadikan salah satu usaha rumahan. Bahan baku mudah didapat banyak masyarakat yang menyukai makanan jenis ini. Di Jawa Tengah, berbagai kemasan makanan ringan keripik dengan berbagai macam buah berjejer di rak-rak toko oleh-oleh. Beberapa jenis keripik buah ini bisa kamu jadikan ide untuk membuka usaha untuk kamu tekuni.

15 Jenis Keripik Buah Yang Bisa Buat Bisnis Keripik

  1. Apel

Merupakan salah satu buah yang cukup berkelas di mana buah yang berwarna-warni seperti hijau, merah, kuning ini kebanyakan diimpor keluar negeri. Di Indonesia sendiri belum banyak yang mengolahnya menjadi berbagai macam makanan. Sejauh ini, olahan yang berbahan dasar buah sebatas dodol, sirup dan manisan atau asianan. Hal tersebut karena melimpahnya hasil panen akan buah ini namun harga jual menurun . Maka dengan mengolahnya menjadi keripik merupakan salah satu pilihan yang bagus.

  1. Belimbing

Keripik buah belimbing menjadi primadona masayarakat luar negeri bahkan dalam negeri. Jika di negara kita star fruit yang satu ini belum banyak dimanfaatkan secara maksimal dipasar lokal. Namun di manca negara buah ini sudah berkembang pesat dan pangsa pasarnya cukup bagus. Kini kamu bisa menginovasikan buah menjadi produk yang bisa menjadi nilai jualnya tinggi.

  1. Buah Naga

Buah naga sudah cukup banyak dimanfaatkan menjadi pewarna berbagai makanan seperti mie ayam atau stik. Mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang cukup banyak. Meski rasanya tak seperti tampilannya yang terlihat manis, buah ini lumayan manis dan agak asam. Bagi sebagian orang mungkin tidak menyukai buah ini. Namun dengan diolahnya menjadi keripik kemungkinan peminatnya akan banyak. Bisnis keripik naga sepertinya wajib kamu pertimbangkan nih!

  1. Bengkoang

Bengkoang banyak ditemui untuk campuran bahan kosmetik. Namun siapa sangka buah ini juga bisa diolah menjadi salah satu keripik? Rasanya yang gurih dan manis menjadi cara baru yang unik agar tidak bosan untuk menyantap makanan yang menyehatkan ini. Harganya yang murah serta bahan baku yang mudah dicari dimanapun tanpa mengenal musim menjadikan keripik ini pantas dijadikan salah satu peluang usaha. Daerah sentra penghasil bengkoang terbanyak adalah Kebumen, Purwokerto, dan Purworejo.

  1. Melon

Melon merupakan salah satu buah dengan harga yang premium dibandingkan dengan buah lainya. Namun peluang keuntungannya cukup besar jika kamu mau mencoba menekuninya. Mungikin agak sedikit terdengar aneh untuk dijadikan salah satu keripik buah, mungkin karena belum banyak yang menggunakan bahan baku ini untuk diolah menjadi makanan kering. Rasa buah ini yang manis dan juicy menjadikan sensasi rasa keripik menjadi unik dan nikmat.

  1. Nangka

Siapa yang tidak menyukai buah nangka ini? Buah nangka merupakan salah satu buah yang banyak peminatnya karena rasanya yang amat manis. Saking manisnya dijadikan campuran dalam berbagai kuliner es buah. Meski harganya termasuk premium namun penikmatnya tidak pernah surut. Nah maka dari itulah tidak ada salahnya kamu bisa jadikan bahan baku pembuatan keripik. Dengan inovasi baru keripik tersebut menjadikan harga jual keripik ini menjadi semakin tinggi. Sungguh menjanjikan untuk dijadikan pilihan usaha rumahan.

  1. Nanas

Daerah Malang,Pemalang,Majalengka merupakan salah satu penghasil buah nanas terbesar dipulau jawa. Meski rasanya manis dan agak masam namun bagi beberapa masyarakat sedikit kurang menyukai karena rasa asam menjadikan muncul rasa kurang nyaman pada gigi dan terkadang gatal karena getahnya. Namun dengan inovasi baru dijadikan keripik nanas jadi salah satu makanan yang menjadi idola. Sudah bisa dibayangkan betapa manisnya dan segarnya buah ini dinikmati dalam bentuk yang berbeda dari biasanya.

  1. Mangga

Salah satu cara untuk memperpanjang usia atau manfaat buah mangga ini adalah dengan menjadikannya keripik mangga. Rasanya yang manis dan aromanya yang menyengat menjadikan daya tarik tersendiri apabila buah ini diolah menjadi dalam bentuk yang berbeda. Nilai jualnya pun menjadi sangat tinggi, bahkan pangsa pasarnya terbuka luas seperti, Thailand dimana tempat tersebut sedang serius mengembangkan makanan berbahan dasar buah ini. Di Indonesia sendiri seperti daerah Indramayu, Majalengka, Temanggung yang merupakan daerah penghasil buah tersebut bisa menjadikan peluang usaha keripik buah mangga untuk menaikkan nilai jual.

  1. Pepaya

Buah yang satu ini merupakan buah yang kaya akan manfaat dan mengandung serat yang tinggi. Tentu rasanya yang sangat manis dan warnanya oren menjadi sangat menarik. Biasanya buah yang digunakan untuk membuat keripik ini papaya yang belum begitu matang. Buah ini tergolong murah dan mudah dicari sehingga tidak sulit untuk menemukan bahan bakunya. Dengan inovasi baru ini dari yang harganya rendah menjadi nilai jualnya terangkat naik.

  1. Pisang

Usaha keripik yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi karena sudah banyak sekali yang memanfaatkan olahan pisang menjadi keripik. Namun tidak menutup kemungkinan bagi kamu untuk mencoba usaha yang satu ini. Selain harganya yang mudah dijangkau, untuk mendapatkan bahan baku ini tidaklah sulit. Bahkan berbagai macam jenis buah ini semua bisa dijadaikan keripik ini. Semua rasanya sama-sama enak dan tetap manis. Pada biasanya keripik ini tersaji dalam 2 jenis yaitu manis dan gurih.

  1. Semangka

Keripik semangka merupakan salah satu makanan yang sedang naik daun di luar negeri. Bahkan kini dipasar lokal di Indonesia pun kini mulai dikembangkan karena permintaan pasar yang lumayan besar. Rasanya yang manis tetap tidak berubah ketika dioleha menjadi keripik.

  1. Strawberry

Di beberapa daerah seperti Malang, Wonosobo, dan Bandung merupakan sentra penghasil buah strawberry terbesar. Tempat tersebut sudah banyak yang memproduksi buah ini menjadi makanan camilan. Warnanya yang merah begitu menarik untuk dijadikan keripik. Bisnis keripik stroberi bisa kamu coba juga nih!

  1. Salak

Salak cukup menarik untuk di produksi menjadi keripik. Daerah-daerah yang dingin dikaki gunung merupakan sentra terbesar penghasil buah salak ini. Sudah banyak yang mengembangkan usaha keripik salak ini karena banyak yang menyukai. Bahkan makanan ini menjadi salah satu camilan favorit di took oleh-oleh. Meski daya tahan buah satu ini lumayan lama dan awet. Namun olahan menjadi keripik ini dinilai salah satu solusi yang tepat untuk menambah umur simpan buah ini.

  1. Kiwi

Kiwi biasanya hanya digunakan untuk membuat dodol ataupun di jus namun inovasi baru ini bisa kamu coba dengan menjadikan buahini sebagai keripik yang menarik. Rasanya yang agak masam dan manis sangat cocok sekali untuk dijadikan camilan.

  1. Rambutan

Rambutan mungkin belum banyak yang memproduksi menjadi keripik. Merupakan inovasi baru untuk dijadikan makanan ringan kering. Bahan baku untuk mendapatkan ini pun cukup mudah karena buah ini banyak tumbuh disekitar kita.

Beberapa contoh keripik buah diatas bisa kamu jadikan referensi untuk menjajal bisnis keripik apa yang cocok dengan kamu. Berbagai inovasi camilan ringan berbahan dasar buah tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mencari peluang usaha yang menjanjikan yang mampu membawa kamu pada kesuksesan. Mulai dari yang menggunakan modal usaha kecil hingga besar. Tinggal kamu pilih mana yang lebih cocok untuk kamu tekuni. Tentunya semua menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit dan sudah pasti menjanjikan jika dilihat pangsa pasarnya yang merambah hingga manca negara.

sumber gambar: https://dikemas.com/kemasan-snack/