Bisnis Kue Pukis — Laris Manis

Kue pukis adalah kue tradisional yang sering kita jumpai di pasar-pasar tradisional maupun di toko-toko roti. Kue ini mempunyai rasa gurih yang khas, biasanya didalamnya diselipi dengan selai nanas atau rasa lainya sesuai selera. Kue yang biasanya mempunyai dua warna kuning dan coklat.

Menurut beberapa sumber para pengusaha kue jenis ini berasal dari gombong kebumen jawa tengah. Hampir sebagian besar pedagang kue pukis di pasar-pasar kota besar di jawa berasal dari daerah ini.

Salah satu pengusaha kue pukis yang berhasil kami temui adalah Kuat. Pria kelahiran Gombong 28 tahun lalu ini sudah berkecimpung dalam usaha ini lebih dari 10 tahun. Diawali tahun 1996 selepas bangku SMP langsung pergi ke jakarta untuk ikut salah seorang kerabatnya yang berjualan kue pukis.

Setelah beberapa tahun singgah di beberapa kota besar seperti banjarmasin dan surabaya akhirnya Kuat memutuskan untuk mendirikan usaha sendiri di jogja mulai tahun 2006. Bisnis kue pukis cukup menguntungkan, buktinya kini Kuat dapat menghidupi anak dan istrinya serta 4 orang karyawannya.

PENGOLAHAN

Bahan baku untuk membuat kue pukis ini adalah tepung, kelapa, telur ayam, gula pasir, essence,fermipan, soda kue. Alat –alat yang digunakan dalam usaha ini relatif sederhana yaitu : kompor, ember, teko, gayung, dan cetakan.

Pertama-tama kelapa diambil santannya kemudian dicampur dengan tepung terigu. Gula dan telur dikocok sampai gula larut. Masukkan campuran santan dan terigu ke dalam kocokan telur. Tambahkan fermipan dan soda kue . Kemudian adonan ditaruh di ember dan ditutup dengan kain basah. Adonan dibiarkan selama 6 jam sampai mengembang. Adonan sudah jadi siap untuk dipanggang dalam cetakan.

Menurut Kuat yang ditemui penulis di kediamannya mengatakan kendala yang sering ditemui adalah adonan tidak mengembang sempurna. Untuk mengatasi hal tersebut Kuat mempunyai trik yaitu dengan meneteskan air nanas kira-kira 10 tetes ke dalam adonan. Komposisi yang bagus untuk membuat adonan adalah kelapa 1 kg, gula 1 kg, telur 3 butir, tepung 2 kg.

Dalam setiap harinya Kuat mampu menghabiskan 24 kg Tepung terigu. Dari setiap 2 kg tepung terigu bisa menghasilkan sekitar 150 buah kue. Biasanya dijual 10 buah kue setiap bungkusnya. Kue dijual 4- 5 ribu rupiah per bungkusnya. Omset yang diperoleh setiap harinya berkisar antara 500 ribu – 600 ribu. “Bahkan ada salah seorang pengusaha kue pukis yang biasa jualan di depan toko progo mempunyai omset 1,2 – 1,5 juta” pungkasnya.

PEMASARAN

Dalam menjalankan usahanya Kuat dibantu oleh istri dan 4 orang tenaga pemasaran. Pemasarannya meliputi 4 pasar yang berada di wilayah Jogja utara. Sistem yang digunakan adalah setiap Paket biasanya isi 150 buah kue ,dan untuk setiap paketnya tenaga pemasaran menyetor 46 ribu kepada Kuat.

Para pelanggan adalah ibu-ibu rumah tangga yang sering berbelanja di pasar tradisional. Kendala yang sering dihadapi adalah pada waktu musim penghujan penjualan turun dikarenakan tidak banyaknya orang yang berbelanja di pasar.

Ketika ditanya kenapa tidak meluaskan usahanya sampai ke pasar-pasar dalam kota, Kuat menjawab bahwa hampir semua pengusaha dan pedagang yang berada di jogja saling mengenal dan berasal dari satu daerah. sehingga timbul rasa tidak enak untuk merebut lahan penghidupan teman sendiri.

Ketika penulis mengusulkan supaya tidak bertabrakan di lahan yang sama (pasar), bagaimana kalau pemasaran secara langsung ke konsumen melalui instansi, warung burjo atau kost-kostan dengan sistem titip jual seperti halnya kue donat yang sering memakai sistem ini. Kuat dengan antusias menjawab akan mencoba cara ini sebagai salah satu usaha memperluas jaringan pemasarannya.

ANALISIS USAHA

Asumsi yang digunakan setiap hari menghabiskan 24 kg tepung terigu.

Bahan baku :

Tepung terigu : 24 kg x Rp. 7.600,-    = Rp  182.400
Kelapa     : 12 butir x Rp.8.500,-     = Rp  102.000
Gula Pasir : 12 kg x Rp.13.000,-       = Rp  156.000
Telur ayam : 36 butir x Rp.1.600,-     = Rp   57.600
soda kue   : 3 bungkus x Rp. 6.500,-   = Rp   19.500
fermipan   : 3 bungkus x Rp. 5.000,-   = Rp   15.000 +

Total Jumlah Pengeluaran              =  Rp  532.500,-

Transportasi :                        = Rp.   20.000,-           

Total Pengeluaran : Rp.532.500,- + Rp. 20.000,- = Rp. 552.500,-

PENDAPATAN

Penjualan   : 1.800 buah kue atau 12 paket     = 12 x Rp. 46.000,- = Rp. 552.000,-

Laba usaha = Rp. 552.000 - Rp. 332.300          = Rp. 219.700,-/ hari

Nara Sumber

Nama : Kuat
Usia : 28 tahun
Pendidikan terakhir : SMP
Alamat : Jln Sumitro no. 8 RT 02 RW 11 Sinduharjo Ngaglik Sleman DIY.
sumber gambar: http://amr11smailsang.files.wordpress.com/2010/01/kue-pukis.jpg

48 Komentar

  1. Mas sy mau mnt tlog bgt soalnya sdh lma skli sy ingin berjualan kue pukis tpi stiap sy mncb sllu ggal tlog ksh tau resep yg sbnrnya?. Tlog ksh bocoran resepnya mas..

  2. Saya 16th karyawan pt, pgn risegn nyoba usaha pukis tp dah nyoba 7x bikin hasilny kurang lembut atasny bolong2, ngembang tp dpegangny msh berat g ky org jualan ringan ky spon.tlng bagi trik rahasiany biar saya bs bikin pukis ky pedagang

  3. Tolong mas, bgi resep kue pukisx, alx pengen jualan jga disulawesi, udh cba resep dri internet 2x tpi hsilx kurang memuaskan….

  4. Sya pedagang kue pukis dari kota sukabumi usaha turun temurun… Alhamdulilah dengan usaha jual kue pukis bisa nyambung hidup, bpk sya sudah naik haji berkat hasil dri usaha kue pukis…

    • Maaf, perkenalkan sya watik dri jember, sya ingn skali brjualan kue pukis utk mnghidupi kluarga sya, bisakah anda mmbntu sya cara mmbuatx, tolong..!! Trima ksih sblmx.

  5. Betul apa kmentar sebelum nya. Tp saya sulit nyari orang untuk belajar. Soal nya kalo resep tnpa praktek. Sulit. Sya sangat brminat dan ingin sekali bisa bikin pukis. Alat nya dh beli. Bgi saran dan imformsi nya

  6. kl mo buka jualan pukis n bikang..franchise pukis banyumas dimana ya? mohon infonya donk..
    terima kasih …

  7. hehehe..karna saya baru resign kerja,rencana kedepan mw dagang kue pukis ini,dg berbagai varian rasa dan toping.saat ini sedang dalam proses pembelajaran dan mencoba coba sendiri tp setelah beberapa kali trial (3x coba) hasil yang pertama gak ngembang sama sekali katanya adukan kurang rata dan kurang ngembang /kaku (pake fermipan ),hasil kedua dah cukup enak cuman matang kurang merata dan beberapa saat kemudian kue jadi mengecil alias kisuuut (pake fermipan dan emulsifier/sp),hasil yang ketiga masih kurang ngembang dan emfuuuk dan gampang pecah (pake emulsifier saja)…mohon bantuan di no 0857 7387 4058 apa yang mesti di lakukan utk hasil yang sempurna.terimakasih…

  8. Aslm…mas/mbak knp yh kue pukis bikinan sy stlh matang mlh lembek pdhl sblmny adonan mengembang lhoo?wslm

    • coba di beri sedikit tepung beras. klo saya dari 500 tepung terigu, saya beri 1 sdm penuh tepung beras

  9. mz, saya mau tanya. saya bikin pukis kok sulit mengembang ya..? bisa kasih tahu solusinya,
    ini kegiatan buat kewirausahaan di kampus.. thanks

Comments are closed.