Bisnis Kuliner Sehat Sushi Donat Dari Olahan Hasil Laut

Bisnis kuliner sehat saat ini mulai banyak bermuculan, karena kini makan sehat sudah banyak diolah menjadi makanan enak. Salah satu makanan sehat yang tak hanya menarik dilihat namun juga rasanya enak adalah sushi. Inovasi yang muncul kini semakin menarik perhatian. Dengan beragam bentuk membuat makanan ini semakin menarik perhatian. 

Seperti yang kita tahu budaya Jepang sudah menjadi bagian dari trend kalangan anak muda di negara kita. Tidak hanya fashion ala-ala film kartun Jepang saja yang digandrungi kalangan anak muda, melainkan juga aneka kulinernya yang kini mulai akrab di lidah masyarakat Indonesia.

Hal tersebut bisa dibuktikan dengan menjamurnya restoran Jepang di mall-mall besar dan “angkringan” yang menjual menu sushi. Bahkan restoran ala Jepang bisa kita temukan di beberapa pusat keramaian ataupun sudut kota. Makanan khas Jepang yang disediakan memang banyak macam dan jenisnya. Namun yang paling populer adalah sushi. 

Bisnis Kuliner Sehat Khas Jepang 

Sushi adalah makanan khas Jepang yang berbahan dasar beras dan olahan hasil laut seperti daging ikan, gurita, bahkan telur ikan. Daging ikan yang digunakan juga bervariasi seperti tuna dan salmon. Bahan-bahan tersebut digulung bersama nasi dalam lembaran nori (olahan rumput laut) lalu dipotong-potong seukuran kepalan tangan anak kecil. 

Makanan berbahan dasar nasi pulen dan olahan hasil laut ini sekarang sudah banyak penggemarnya. Umumnya di negara asalnya (Jepang), daging ikan yang digunakan pada menu sushi adalah daging mentah. Hal ini karena kebiasaan warga Jepang yang lebih senang mengkonsumsi ikan dalam keadaan mentah.

Saat ini, restoran-restoran Jepang yang ada di Indonesia biasanya membidik segmen pasar menengah ke atas. Modal untuk memulainya pun juga cukup besar. Bagi kamu yang tertarik untuk menggarap pasar penggemar sushi namun tidak punya modal yang terlalu besar, ada alternatif selain membuat restoran high class seperti yang ada di mall-mall besar.

Bisnis Kuliner Sehat Sushi 

Konsumen 

“Angkringan” kecil dengan nuansa Jepang bisa menjadi alternatif pilihan . Penggemar sushi tak hanya mereka yang kalangan berduit. Kalangan menengah ke bawah seperti mahasiswa dan anak muda yang budgetnya sebatas uang saku bisa menjadi segmen pasar empuk bagi pelaku bisnis kuliner Jepang.

Lokasi Bisnis 

Pemilihan lokasi dan kenyamanan tempat merupakan hal yang paling penting ketika merintis bisnis kuliner sushi. Pilih lokasi usaha yang dijadikan sebagai tempat berkumpulnya anak muda, seperti misalnya dekat dengan arena olahraga dan bimbingan belajar. Tempat-tempat tersebut cukup strategis karena banyak anak muda yang butuh tempat nongkrong sekaligus untuk mengisi perut mereka.

Model Jualan 

Jika modal bisnis yang kamu miliki masih belum cukup untuk merintis bisnis kuliner khas Jepang ini, kamu bisa membuat bisnis kuliner sushi dengan konsep delivery order. Peluang bisnis ini terbilang cukup mudah dan murah. Kamu bisa memulai bisnis ini bahkan hanya seorang diri. Promosi dan pemesanan bisa dilakukan melalui sosial media. Lalu proses delivery pesanan juga bisa dilakukan sendiri. Kamu bisa memperkenalkan sushi buatanmu ke lingkungan sekitar. Jika responnya positif, jangan ragu untuk mengambil kesempatan ini.

Pelayanan 

Yang perlu diingat dalam sistem delivery adalah jarak yang bisa kamu jangkau dan seberapa lama proses produksi hingga jadi. Jangan sampai mengecewakan pelanggan karena kiriman telat datang hanya karena sedang memproses masakannya. Harga yang dipatok pun bisa kamu sesuaikan dengan estimasi biaya transport yang dibutuhkan tiap bulannya atau bisa juga dengan membebankan biaya trasport tersebut pada pemesan. 

Strategi Pemasaran Online 

Kontes Digital 

Kontes digital adalah salah satu pemasaran yang paling banyak digunakan oleh pelaku bisnis. Give away merupakan salah satu kontes digital yang tren dan bisa menarik perhatian audiens dengan mudah. Hal yang harus kamu perhatikan ketika akan mengadakan kontes digital adalah apa yang kamu dapatkan.

Setidaknya harus setimpal dengan apa yang audiens dapatkan nanti. Misalnya kamu bisa mengadakan give away gratis produk dengan syarat, audiens harus mempromosikan kepada temannya dengan jumlah tertentu. Pemenang yang berhasil, akan mendapatkan produk kamu secara gratis dan mereka akan membagikan testimoni serta ulasasan tentang produk kamu.

Buat Konten Video

Trend pemasaran yang kini sedang banyak digunakan adalah dengan mengandalkan konten video. Video marketing ini adalah bagian dari pemasaran online yang disajikan dalam bentuk klip video yang dipasang di platform video maupun website.

Video marketing ini merupakan pemasaran yang paling banyak digunakan saat ini. Secara konsep mungkin masih sama dengan tampilan video lama. Namun cara penyajiannya yang lebih menarik.Kamu bisa menampilkan iklan dengan durasi yang lebih pendek, animasi, informatif, unik dan menarik.

Tentunya yang bisa ditampilkan di youtube, instagram dan tiktok. Maka kamu diharapkan bisa membuat konten yang relevan dan menggambarkan menuyang kamu jual. Dengan begitu akan dengan mudah makanan yang kamu jual viral. 

Kualitas dan Konsep Foto Produk

Untuk menciptakan kesan pertama yang baik tentu saja kamu harus menampilkan sesuatu yang baik juga. Tidak terbatas pada skala bisnis kuliner besar saja, tapi untuk bisnis makanan skala kecil juga harus memahami hal ini.

Buatlah foto produk makanan yang kamu tawarkan dengan konsep dan kualitas terbaik. Kamu bisa cari referensi foto produk makanan di Pinterest supaya hasil fotonya nanti lebih menarik.

Dengan tampilan foto produk yang menarik audiens akan lebih terdorong untuk mencari tahu lebih lanjut tentang produk yang kamu tawarkan hingga bisa terjadi pembelian. 

Sebisa mungkin foto yang kamu pasang adalah foto produk asli sehingga menambahkan kepercayaan para calon konsumen. Selain itu pula coba usahakan ukuran foto yang digunakan adalah foto dengan ukuran besar dan tidak pecah sehingga enak untuk dilihat. 

Resep Membuat Sushi Donat 

 

Bahan :

  • Ketan putih 100 g
  • Nori (rumput laut)
  • Wijen hitam dan putih secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Saus tiram 1 bks
  • Cuka secukupnya
  • Air 500 ml
  • Mayonaise
  • Wortel
  • Daging
  • Timun jepang

Cara Membuat :

  1. Pertama campurkan beras dengan ketan putih kemudian cuci bersih dan kemudian masak hingga matang.
  2. Masukkan 1 sendok makan saus tiram, cuka dan gula. Lalu aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  3. Lalu masukkan cuka dalam nasi, aduk sampai semua rata kemudian sambil diaduk agar dingin.
  4. Jika sudah dingin kemudian bentuk nasi menjadi donat. Olesi dengan mayonaise dan berikan topping diatasnya sesuai selera.
  5. Sushi donat siap dihidangkan.

Analisa Ekonomi

Estimasi setiap hari laku 15 porsi 
Isi 1 porsi 4 buah 
Harga perporsi 27.000

Modal Awal 
Etalase                            Rp 3.000.000
Alat masak                         Rp   200.000        
Kompor gas 1 tungku                Rp    70.000 
Total                              Rp 3.270.000
Biaya Operasional 
Beras atau ketan 2kg @Rp 11.000   Rp     22.000
Aneka sayur sushi                 Rp     30.000
Bumbu                             Rp     20.000
Daging                            Rp     50.000
Bahan lain                        Rp     30.000
Trasportasi                       Rp     10.000
Pengemas sushi isi 15             Rp     39.000 
Total perhari                     Rp    201.000
Total perbulan                    Rp  6.030.000 

Pendapatan 
Rp  27.000 x 15 porsi             Rp    405.000
Rp 405.000 x 30 hari              Rp 12.150.000

Laba Bersih 
Laba bersih - biaya operasional 
Rp 12.150.000 - Rp  6.030.000  = Rp 6.120.000

Demikian kita cukupkan pembahasan kita tentang bisnis makanan sehat kreasi dari sushi donat. Makanan sehat yang bergizi dan kaya akan manfaat. Semoga dapat memberikan inspirasi dan referensi bagi siapapun yang sedang mencari ide bisnis. Selamat mencoba dan semoga berhasil !

Simak terus artikel menarik tentang strategi pemasaran lainnya hanya di BisnisUKM.com

1 thought on “Bisnis Kuliner Sehat Sushi Donat Dari Olahan Hasil Laut”

Leave a Comment