Bisnis Makelar, Peluang Usaha Potensial

motor

Makelar adalah orang yang bertindak sebagai penghubung antara 2 belah pihak yang berkepentingan. Pada praktiknya lebih banyak pada pihak-pihak yang akan melakukan jual beli. Makelar bertugas menjembatani kepentingan antara pihak penjual dan pembeli. Dalam praktik kerja di lapangan banyak berbagai bentuk cara kerja dari seorang makelar. Dari yang ingin untung sendiri dengan mengorbankan kepentingan salah satu pihak dan tidak bertanggung jawab atas risiko yang mungkin terjadi, sampai yang profesional dengan benar-benar menjembatani kepentingan pihak-pihak yang dihubungkan dan dapat dipertanggungjawabkan.

Konsumen
Konsumen yang menjadi target Anda adalah orang-orang yang ingin menjualkan barang atau jasa yang mereka miliki seperti rumah, tanah, terjemahan, pengurusan SIM/ STNK, mobil dan sebagainya.

Info bisnis
Jika Anda tidak mempunyai modal sama sekali, menjalankan usaha sebagai seorang makelar dapat dijadikan alternative yang baik untuk memperoleh penghasilan. Bisnis yang sifatnya membantu orang lain ini memberikan keuntungan sesuai dengan yang sudah disepakati bersama.

Untuk memulai usaha ini, Anda sebaiknya mencari terlebih dahulu orang-orang yang akan menjual barang atau jasanya serta calon pembelinya, dan hal tersebut biasanya akan banyak Anda dapatkan di berbagai iklan di surat kabar atau majalah.

Beberapa bisnis yang biasa menjadi target makelar antara lain:

Bisnis Catering
Anda bisa menawarkan ke sebuah event yang membutuhkan catering, seperti pertemuan besar atau perkawinan, ulang tahun, dan event-event yang lainnya. Anda bisa menawarkan proposal dengan berbekal harga dari sebuah perusahaan catering yang sudah ada kerjasama dengan Anda, kemudian Anda tinggal mengatur perbandingan harganya sehingga Anda juga mendapatkan untung.

Bisnis Motor dan Mobil
Dengan menjadi makelar orang juga bisa sampai memiliki motor atau mobilnya. Jika mengikuti sebuah dealer kita diwajibkan untuk menjual beberapa motor/ mobil dalam setiap bulannya. Kenapa tidak menargetkannya untuk diri sendiri? kita tidak harus menjual produk baru, karena yang bekas juga banyak yang mencarinya.

Bisnis Properti
Rumah walaupun mahal harganya namun banyak juga yang mencari. Tetapi kita tidak hanya itu saja yang bisa kita jual, seperti ruko atau kios kecil bisa ikut kita pasarkan. Bisa menjual rumah atau hanya tanah yang belum ada bangunannya. Besaran komisi untuk jenis ini cukup tinggi.

Jadi, sudah ada bukti nyata, bahwa untuk berbisnis, modal bukan yang utama, tetapi kemauan dan keuletan. Dari jenis bisnis diatas memang besar untungnya, tetapi jangan diremehkan dengan yang untung kecil-kecil, karena dengan keuntungan kecil jika dikalikan banyak juga akan menghasilkan banyak juga. Seperti menjadi makelar komputer, handphone, ataupun hewan peliharaan.

Kelebihan bisnis
Jika Anda menginginkan bisnis tanpa modal, bisnis makelar, peluang usaha potensial bagi Anda. Dengan modal yang sangat kecil, Anda dapat memperoleh keuntungan cukup besar. Selain itu bisnis makelar juga sangat mudah untuk dijalankan, yang terpenting hanya kemampuan untuk berkomunikasi, dan melobi untuk meyakinkan klien. Semakin banyak Anda berhasil menjembatani transaksi jual beli,  maka semakin besar pula keuntungan yang Anda peroleh.

Kekurangan bisnis
Kekurangan dari bisnis ini adalah omset yang tidak pasti, karena tidak setiap hari jasa makelar mendapatkan klien. Sehingga pendapatannya juga tidak pasti, kadang 1 bulan bisa mendapatkan keuntungan jutaan dan bulan berikutnya tidak mendapatkan omset sama sekali. Kondisi ini yang menjadi kendala para makelar.

Pemasaran
Strategi pemasaran bisnis makelar yaitu dengan memasang iklan jasa tersebut di media cetak maupun media elektronik. Selain itu promosi juga bisa dilakukan dengan membagikan kartu nama yang dilengkapi dengan tulisan makelar, ke beberapa rekan maupun kerabat dekat Anda. Ini untuk membantu pemasaran jasa tersebut melalui promosi dari mulut ke mulut, pemasaran ini lebih efektif karena informasi bisnis Anda dapat tersebar luas di kalangan masyarakat.

Bila perlu, pasang spanduk atau banner yang bertuliskan jasa makelar di depan rumah Anda, sehingga orang yang tidak sengaja melewati rumah Anda mengetahui keberadaan bisnis jasa makelar tersebut.

Kunci sukses
Semakin luas jaringan network yang Anda miliki, maka peluang sukses bisnis makelar yang dijalankan juga semakin lebar. Disamping itu berikan pelayanan yang terbaik bagi klien Anda, jangan sampai salah satu pihak ada yang merasa dirugikan. Agar klien yang Anda bantu, tidak merasa kecewa dan tidak akan ragu untuk menggunakan jasa Anda lagi.

Analisa ekonomi

Modal Awal
Kartu nama                                            Rp 50.000

Biaya operasional
Telepon                                               Rp 250.000
Transportasi dan promosi                              Rp 250.000+
Total                                                 Rp 500.000

Pendapatan (tergantung pada produk yang dijual)
Masa kembali modal (Modal awal:Laba per bulan)

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar: http://noem3d.files.wordpress.com/2009/05/motor-bekas.jpg

19 Komentar

  1. Saya tertarik untuk menjalankan makelar properti dan mobil, mohon penjelasan lebih lanjut terkait dengan :
    – Dari mana saya harus memulai nya? (@ properti : apakah harus menjadi MA dulu dr agen properti?, @ mobil : apakah saya mencoba menawarkan jasa ke showroom2 ?)
    – Apakah ada tip utk menjadi makelar yg efektif (teknis) ?
    – Bagaimana pendekatan yang terbaik kepada calon penjual dan pembeli?

    Wassalam
    Rizal

  2. saya umar 19 tahun,,bgaimana berkomunikasi yng baik agar punya integtras ddpan konsumen. ??
    085756491042

  3. Saya dan rekan bisnis saya menawarkan damar mata kucing serta kopi dengan jenis arabika dan robusta. Bagi rekan-rekan yang berminat,kami dapat segera mengirimkan sampel damar dan kopi tersebut kepada anda.Sekarang ini saya dan rekan bisnis saya berdomisili di Medan..Hubungi saya di : 081361113977.
    Terima kasih

  4. Saya ingin menjual rumah tipe 54, LT 118 m2, di Ubung Kaja Denpasar Bali. Rumah BTN pembelian tahun 1995, dalam keadaan asli dengan sedikit renovasi. Yang ingin saya tanyakan berapa % komisi yang harus saya berikan pada teman pembawa kunci dan teman yang bisa mencarikan pembeli ?.Saya sekarang berdomisili di Yogyakarta. Terimakasih. HP 08126708382.

  5. bisnis makelar, mengarah ke profesional dengan tidak mengorbankan ke 2 belah pihak yaitu menjembatani transaksi ke 2 belah pihak dengan pemberian komisi dari penjual 2,5 %. bisa memulai bergabung dengan agen property di kota anda atau bergerak sendiri pun bisa, tetapi bila sendiri mesti dijaga profesionalitas supaya eksis dalam menjalankan usaha ini dimasa depan jadi bukan sekali untung kemudian orang kapok memakai jasanya.
    bisa dimulai dengan menawarkan jasa dari yang termudah yaitu mencarikan orang yang butuh kontrakan tempat usaha/rumah, sewa bulanan atau tahunan, kemudian bila ini sukses bisa mencari objek jual beli. alhamdulillah segiyu aja sharringnya mudah-mudahan jadi pada semangant hidup gak mikirin modal… sukses !!!!!, hub. 081280702777

  6. bagaimana cara mencari pembeli yang potensial & mempunyai daya beli.
    bagaimana cara mengenali pembeli yang serius.

  7. saya mau tanya, untuk makelar ada ga jaminan bahwa komisi akan dibayar ?
    klo boleh saya minta contoh surat fakta integritas…. trims

    nb: buat nurcahyo saya tertarik tuh hub saya andre 02192377977

  8. buat para makelar ada info,di jual tanah seluas kira2 5000m2 alamat di pondok labu kira2 500m dari pintu 2 ragunan tanahnya sekarang jadi tempat pemancingan.harga rp2jt/m2 hub 085781154328

  9. jadi makelar susah susah gampang.hari gini jadi tukang ojek ajaharus bayar pendaftaran sampe 1,5jt.081213161515

  10. buat teman 2 makelar gw ada orderan hotel melati -+400m2,lokasi pelabuhan merak akan dijual Rp1,3m,jika ada peminat / jika ada orderan hub haryono,085283111443,bagi2 rezeki

  11. siapa saja bisa menjadi makelar..namnya juga makelar rejeki macan.
    ada gede mantabs ada kecil lumayan ngga ada dicari..0711-7390121

  12. makelar memang menjajikan dlm menmbh ekonomi keluarga.tp skarang bnyak para pelaku makelar saling jegal sesama tman.shngga hrga mnjadi hancur.(03216216004)

  13. Saya tertarik dengan bisnis makelar (properti dan tanah), adakah ketentuan besaran komisi untuk makelar yang saya maksud atau hanya berdasarkan kesepakatan. Berapa persen kira-kira/ umumnya komisi yang diperoleh?
    Terima kasih,
    B. Boediyanto
    HP: 0818971032

  14. Saya tertarik dengan Bisnis Makelar dan saya ingin menjalankannya terutama makelar properti (tanah dan bangunan), mohon penjelasan lebih lanjut terkait dengan :
    – Dari mana saya harus memulai?
    – Bagaimana pendekatan yang terbaik kepada calon penjual dan pembeli?
    – Bagaimana menentukan keuntungan agar menarik baik bagi penjualanmaupun pembeli?
    – Dari pihak mana saya harus menarik keuntungan (penjual atau pembeli?
    Terima kasih,
    slamet arifin – 0811196340

  15. komentar aja : bagi mereka yang ingin berbisnis kemudian tidak mempunyai modal sangat bagus sekali bisnis. saya setuju..!
    pertanyaannya :
    1. apakah makelar ini sama dengan seorang marketer/pemasar?
    2. bagaimana jika orang yang ingin terjun dalam dunia makelar tersebut pemalu
    Sekian, sebelumnya trmksaih jawabanny…moga alloh membalas kebaikan
    tlpn : 022-91472840

Comments are closed.