Peluang Bisnis

Bisnis Wanita Omzetnya Tak Lagi Dipandang Sebelah Mata

bisnis wanitaMerasa memiliki peluang kesuksesan yang sama besar dengan kaum pria, sekarang ini banyak wanita di Indonesia yang mulai tertarik untuk terjun di bidang wirausaha. Bila dulunya sederet nama pengusaha sukses di Indonesia masih didominasi oleh kaum pria, belakangan deretan pengusaha wanita mulai mewarnai ramainya persaingan bisnis di negara kita.

Kemampuan seorang wanita yang dianugerahi dengan segudang bakat, sifat disiplin, loyal dengan setiap tugasnya, pekerja keras, penyayang, mudah membangun networking, dan cukup terlatih untuk bisa multitasking, menjadikan kaum hawa memiliki modal cukup besar untuk terlahir menjadi seorang entrepreneur.

Modal inilah yang kemudian bisa dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh wanita di Indonesia untuk bisa sukses menekuni peran gandanya sebagai penanggungjawab rumah tangga dan pemilik sebuah usaha. Apa Anda juga tertarik menekuni dua peran tersebut?

Kali ini sengaja kami informasikan beberapa ide bisnis wanita, tips dan trik, serta kunci sukses bisnis wanita agar omzetnya tak lagi dipandang sebelah mata.

Peluang Pasar Bisnis Wanita

Lahirnya kartini-kartini muda di bidang wirausaha, menjadi salah satu bukti nyata bahwasannya peluang bisnis wanita omzetnya tak lagi dianggap sebelah mata. Banyaknya peluang usaha yang bisa dijalankan kaum hawa, menguatkan fakta bahwa pengusaha wanita tak kalah hebat dengan pengusaha pria. Bahkan, menurut Small Business Association, saat ini ada sekitar 10,1 juta wanita di Amerika Serikat yang memilih merintis usaha. Tidak hanya itu saja, disana usaha yang dimiliki seorang wanita merupakan segmen yang paling cepat berkembang dalam perekonomian di Amerika Serikat. Sebab 40% dari semua perusahaan milik pribadi yang tersebar di negara tersebut, 30%-nya merupakan bisnis kecil yang dikembangkan oleh kaum wanita.

Melihat kondisi tersebut, tidak menutup kemungkinan bila pertumbuhan bisnis wanita di Indonesia juga bakal mengalami hal yang sama. Buktinya, sejumlah pengusaha wanita sukses seperti misalnya Moeryati Soedibyo yang sukses dengan bisnis kosmetiknya, Reno Andam Suri yang sukses dengan bisnis rendang kemasan, Dian Pelangi yang sukses dengan bisnis hijabnya, serta sederet wanita sukses lainnya yang kini mulai mengukuhkan keberhasilannya di bidang wirausaha.

Ide Bisnis Bagi Kaum Hawa

Paradigma seorang wanita yang selalu identik dengan urusan rumah tangga, ternyata tidak serta merta menghalangi niatan mereka untuk meretas prestasi di bidang usaha. Di sela-sela kesibukan mereka mencukupi segala kebutuhan keluarganya, para wanita bisa mengisi waktu luangnya dengan menciptakan beragam jenis peluang usaha sampingan.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan beragam peluang bisnis yang bisa dijalankan oleh kaum hawa. Sedikitnya ada 7 bidang usaha yang bisa Anda geluti untuk menciptakan sebuah peluang usaha.

  • Bisnis di bidang fashion

Anda bisa membuka bisnis butik online maupun offline, bisnis jilbab, pakaian muslim, bisnis tas, bisnis sepatu, pakaian bayi dan anak, menjual baju ibu hamil, bisnis jasa jahit pakaian, bisnis baju kerja, bisnis bridal, bisnis aksesoris wanita, dan lain sebagainya.

  • bisnis untuk wanitaBisnis di bidang kuliner

Anda bisa memproduksi cake in jar, cupcake, coklat, cake and bakery, usaha kue kering, bisnis camilan, bisnis katering diet, memproduksi frozen food, membuka bisnis restoran, warung makan, atau bisa juga membeli salah satu paket kemitraan franchise makanan yang ditawarkan investor lokal maupun asing.

  • Bisnis di industri kreatif

Anda bisa memanfaatkan limbah menjadi produk kerajinan, membuat desain animasi, desain interior, memproduksi mainan edukasi, bisnis konsultan kemasan produk, bisnis percetakan, jasa periklanan, dan lain sebagainya.

  • Bisnis di bidang pendidikan

Anda bisa menggeluti bisnis bimbingan belajar, membuat sekolah PAUD atau taman bermain, membuka kursus bahasa, kursus memasak, kursus menjahit, kursus computer, dan seterusnya.

  • Bisnis di bidang kecantikan

Misalnya saja merintis usaha rumahan dengan menjual herbal wanita, membuka salon, klinik kecantikan, spa khusus wanita, membuka toko alat-alat make up, konter isi ulang parfum, dan masih banyak lagi peluang bisnis lainnya.

  • Bisnis di bidang perdagangan/ retail

Contohnya saja seperti membuka warung kelontong, bisnis minimarket, swalayan, konter pulsa, toko peralatan computer, agen elpiji, depot air isi ulang, toko elektronik, dan lain-lain.

  • Bisnis di bidang Jasa

Meliputi peluang bisnis laundry, bisnis kontrakan atau kost-kostan, public relation, bisnis jasa penerjemah, jasa penitipan anak, bisnis laundry helm, bisnis persewaan tenda, dan lain sebagainya.

Cara Merintis Bisnis Wanita

Kendati saat ini banyak peluang usaha yang bisa dijalankan oleh sebagian besar perempuan. Namun sebelum merintis usaha, sebaiknya perhatikan dengan baik beberapa poin penting berikut. Pertama, ikuti apa passion Anda. Mengingat seorang wanita lebih sering mendengar apa kata hati mereka, maka hal terpenting yang perlu Anda perhatikan dalam merintis sebuah usaha adalah mengikuti ketertarikan atau kecintaan tersebut. Dengan menggeluti usaha di bidang yang Anda cintai, maka kedepannya Anda tidak akan merasa terbebani ketika harus membagi waktu untuk urusan bisnis.

Kedua, mulailah membangun jaringan bisnis. Karakter wanita yang cenderung mudah bergaul menjadi salah satu modal yang bisa Anda gunakan untuk merintis sebuah usaha, setelah Anda mengetahui passion Anda, maka mulailah untuk keluar membangun jaringan. Mulai dari mencari pemasok bahan baku, menggaet tenaga pemasar, menjalin kerjasama dengan jasa pengiriman barang, sampai menjalin persahabatan dengan sesama pelaku usaha, perlu Anda pelihara untuk memperlancar jalannya bisnis Anda.

Ketiga, mulailah untuk mencari sumber pendanaan. Meski modal dana bukanlah segala-galanya dalam merintis sebuah usaha, namun sebagai entrepreneur wanita Anda juga harus bisa mencari sumber dana untuk membantu perkembangan bisnis Anda. Dalam hal ini Anda bisa menggandeng para investor di sekitar Anda, menjalin kerjasama dengan para produsen dan menerapkan sistem pembayaran jatuh tempo setelah semua dagangan laris, atau bisa juga mengajukan pinjaman dana ke lembaga keuangan yang terpercaya.

Keuntungan wanita dalam merintis usaha

Pada dasarnya naluri bisnis wanita telah terasah sejak Ia masih kecil. Kemampuannya untuk mengelola keuangan, bahkan telah mereka perlihatkan ketika membelanjakan uang belanja setiap bulan. Bermodalkan kemampuan tersebut, tidaklah sulit bagi seorang wanita untuk mengatur keuangan perusahaannya. Bakat alam lainnya yang cukup menguntungkan kaum hawa dalam berwirausaha adalah kebiasaannya yang getol dalam hal tawar-menawar harga. Dari bakat tersebut, mereka banyak belajar untuk bernegosiasi sehingga ketika terjun di dunia usaha mereka tidak kesulitan dalam hal membangun jaringan.

Disamping itu, sifat wanita yang senang berkumpul dan berbagi cerita dengan rekan-rekannya, cukup memudahkan para wanita dalam mempromosikan peluang bisnisnya. Dengan menekankan pendekatan personal, banyak kaum hawa yang sukses memasarkan produk-produknya baik secara langsung maupun melalui agen atau sales yang berhasil mereka rangkul. Sehingga tidak heran bila saat ini sebagian besar pengusaha yang sukses mengembangkan bisnisnya adalah kalangan wanita.

Kendala wanita dalam menjalankan bisnisnya

Peran ganda pengusaha wanita yang setiap harinya dituntut untuk bisa menjadi manajer rumah tangga yang baik bagi keluarganya serta direktur perusahaan yang handal bagi bisnisnya, menjadi salah satu tantangan yang sering dihadapi kalangan entrepreneur wanita. Naluri keibuaannya yang terkadang mengalahkan profesinya sebagai seorang pebisnis, tak jarang mengganggu fokus dan konsentrasi mereka dalam menjalankan roda usaha. Karena itu, sebelum terjun menjalankan dua peran tersebut, ada baiknya bila Anda mulai menyusun jadwal harian agar tetap mampu menyeimbangkan antara urusan keluarga dengan keperluaan usaha.

Kendala lainnya yang sering dihadapi para pengusaha wanita yaitu lebih mengedepankan hati daripada logika. Tak sedikit kaum hawa yang belum gagal mengembangkan usahanya karena mereka masih melibatkan masalah pribadi ke dalam perusahaannya.

Contohnya saja seperti sifat moody yang kebanyakan melanda para wanita, ketika moodnya sedang turun maka kualitas kerja mereka juga ikut turun. Padahal, sebagai pelaku usaha mereka dituntut untuk bisa tetap sigap dalam menghadapi berbagai keadaan. Karenanya, mulailah untuk memilih dan memilah mana urusan pribadi dan mana urusan pekerjaan, hal ini penting agar permasalahan pribadi yang sedang Anda hadapi tidak memberikan imbas buruk terhadap perkembangan bisnis Anda.

Strategi Pemasaran Bisnis Wanita

ide bisnis wanitaDianugerahi segudang kemampuan dalam hal berkomunikasi, mudah bagi para pengusaha wanita untuk memasarkan bisnisnya ke pasar bebas. Sebagai pemula, Anda bisa mengawalinya dari lingkup terdekat Anda, misalnya saja seperti mempromosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan ke keluarga besar, teman arisan, rekan kerja, sahabat dekat semasa sekolah maupun kuliah, atau tetangga rumah. Melalui strategi pemasaran dari mulut ke mulut, bahkan bisnis wanita bisa berkembang lebih cepat dibandingkan peluang bisnis lain yang dipimpin kalangan pria.

Mengedepankan pendekatan secara emosional dalam menjalankan strategi promosinya, jaringan pemasaran bisnis wanita biasanya lebih cepat terbangun. Tidak hanya itu saja, dengan membidik kalangan sesama wanita atau segmen pasar anak, pemasaran bisnis yang dirintis kaum hawa bisa mewabah lebih cepat hingga berbagai pelosok daerah, bila Anda menawarkan harga yang bersaing di pasaran. Sebab, kodrat wanita yang senang berbelanja dan berburu barang diskon bisa Anda manfaatkan untuk mendongkrak penjualan setiap bulan.

Kunci Sukses Bisnis Wanita

Agar tak kalah bersaing dengan potensi bisnis yang dijalankan para pria, yang terpenting tingkatkan kemampuan Anda baik dari segi pengetahuan maupun pengalaman. Sebab, persaingan bisnis di pasar bebas semakin ketat, jadi sebagai pelaku usaha Anda harus pintar-pintar mengatasi kendala usaha agar bisnis tersebut bisa berkembang dengan optimal. Selain itu, mulailah untuk membagi waktu dengan seimbang agar segala urusan rumah tangga maupun usaha Anda bisa berjalan dengan beriringan.

Analisa Ekonomi

Asumsi
Membuka bisnis toko online sepatu wanita

Modal awal
Kulakan sepatu dari Cibaduyut                          Rp 5.000.000,00
Laptop dan modem                                       Rp 3.000.000,00
Membuatan website                                      Rp   500.000,00+
Total modal                                            Rp 8.500.000,00

Laptop dan modem mengalami penyusutan setelah 3 tahun :
1/36 bulan x Rp 3.000.000,00 = Rp 83.300,00

Biaya operasional per bulan
Kulakan sepatu di Cibaduyut                             Rp 15.000.000,00
Biaya perawatan website                                 Rp  1.000.000,00
Iklan di internet (pulsa modem dan iklan)               Rp  1.000.000,00
Biaya transportasi  dan listrik                         Rp  1.500.000,00
Biaya penyusutan barang                                 Rp     83.300,00+
Total biaya                                             Rp 18.583.300,00

Omzet per bulan
Penjualan per bulan rata-rata 300 pasang
Harga jual produk rata-rata Rp 70.000,00
@ Rp 70.000,00 x 300 pasang                             Rp 21.000.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 21.000.000,00 - Rp 18.583.300,00             =       Rp 2.416.700,00

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : laba bersih per bulan)            =       ± 3,5 bulan

Sudah siap menjadi pengusaha wanita? Tentukan dari sekarang ide bisnis wanita yang sesuai dengan bakat dan minat Anda, dan kantongi tambahan penghasilan dari peluang bisnis yang Anda jalankan. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://cloud.chambermaster.com/userfiles/UserFiles/chambers/190/Image/WomenInBusiness.jpg
2. http://www.aztama.com/images/news/Masakan%20Indonesia.jpg
3. http://michilliinc.com/_michilliinc.com/dynamic/user_project_images-image-51.jpg?1369339054