Manajemen UKM

Bisnis Waralaba Bakal Jadi Trend di 2018, Catat 5 Tips Ini!

Bisnis Waralaba Bakal Jadi Trend di 2018, Pemula Catat 5 Tips Ini!Trend bisnis waralaba disinyalir bakal semakin booming di tahun 2018. Kemudahan yang diperoleh para pemula untuk bisa menjadi pengusaha melalui bisnis waralaba, agaknya semakin banyak dilirik di tahun depan. Pasalnya, dengan modal yang relatif terjangkau, para pemula sudah bisa mulai menjalankan usaha tanpa harus susah-susah merintisnya dari nol.

Kendati sekarang ini di Indonesia sudah ada banyak peluang usaha waralaba yang bisa dipilih para pemula, seperti bisnis waralaba minuman, franchise makanan, dan masih banyak lagi lainnya, tapi agar tak salah pilih mitra sebaiknya pemula perlu mencatat 5 tips bisnis ini sebelum memulai bisnis waralaba di tahun depan.

1. Pastikan kamu melakukan perekrutan karyawan secara selektif untuk mendapatkan team terbaik

Meski semua perlengkapan dan sistem operasional prosedur bisnis waralaba yang kamu jalankan sudah didukung penuh oleh pemilik brand franchise, akan tetapi aset penting yang perlu kamu persiapkan agar usahamu berjalan lancar adalah team karyawan terbaik. Lakukan perekrutan secara selektif, karena karyawan tersebut yang akan menjadi ujung tombak maju tidaknya bisnis franchise yang kamu rintis. Kebanyakan outlet franchise tutup di tengah jalan karena kinerja karyawan yang ada di lapangan belum bisa optimal.

2. Berikan pelayanan istimewa pada setiap konsumen yang datang

Istilah pembeli adalah raja masih bakal berlaku di tahun depan, apalagi sekarang ini persaingan bisnis franchise di Indonesia semakin penuh sesak. Agar outlet yang kamu punya selalu ramai dikunjungi pembeli, pastikan berikan pelayanan istimewa agar mereka tak berpaling ke tempat lain. Biasakan jangan memandang konsumen dari penampilan ataupun dari jumlah pembelian yang mereka lakukan, karena tanpa pembeli bisa dipastikan usahamu tak bisa bertahan lamadi tengah ketatnya persaingan.

Baca Juga  Bisnis Franchise Minuman Kekinian Yang Bisa Kamu Coba!

3. Jalin hubungan baik dengan pemilik brand dan sesama mitra franchise

Salah satu kunci kesuksesan bisnis waralaba bisa dilihat dari hubungan baik yang terbina antara franchisor (pemilik brand) dengan para franchisee (mitra franchise). Agar bisa mendapatkan dukungan penuh dari franchisor, jalin komunikasi yang intensif agar segala permasalahan yang kamu hadapi di lapangan bisa segera diatasi oleh team manajemen franchise. Misalnya seperti mempersiapkan persediaan stok barang, menyampaikan usulan baru misal ada banyak permintaan konsumen yang menanyakan varian rasa baru, cara mengoptimalkan penjualan, dan lain sebagainya.

4. Sesekali kamu bisa melakukan inovasi agar penjualan produk bisa meningkat

Tak hanya terpaku dengan adanya support penuh dari team manajemen, sesekali kamu juga bisa melakukan inovasi agar bisa meningkatkan penjualan produk. Contohnya seperti aktif berinteraksi dengan konsumen di sosial media ataupun sering mengikuti event bazar yang ada di kotamu untuk bisa mendongkrak penjualan produk setiap bulan. Dengan cara jemput bola seperti ini, kamu bisa mendapatkan penjualan ekstra, syukur-syukur bisa dapat bonus tambahan dari pemilik brand jika prestasi penjualan yang kamu berikan selalu bagus.

5. Pantang menyerah meski menghadapi berbagai kendala usaha

Walaupun banyak yang bilang kalau bisnis franchise itu mudah dijalankan, tapi nyatanya tak sedikit mitra yang akhirnya bangkrut di tengah jalan karena tak sanggup menghadapi berbagai kendala di lapangan. Agar kemungkinan buruk seperti ini tak kamu alami, jangan cepat menyerah dan komunikasikan segala permasalahan yang dihadapi ke pihak manajemen franchisor. Dengan begitu, kamu bisa segera mendapatkan solusi dan kembali bangkit menjalankan bisnis waralaba di tahun 2018.

Nah setelah membaca kelima tips bisnis waralaba ini, apa kamu sudah siap jadi pengusaha waralaba di tahun depan? Persiapkan mental kalian dari sekarang dan pastikan jangan salah jalan! Salam sukses.

Baca Juga  Usaha Waralaba Minuman Kekinian, Untungnya Nggak Mengecewakan!