Peluang Bisnis, Peluang Usaha

Boneka Horta, Berambut Rumput

boneka horta2 BONEKA berambut rumput atau lebih dikenal sebagai boneka horta menjadi sebuah media tanam yang dikemas dalam bentuk boneka. Boneka ini dibuat untuk mengenalkan anak-anak ke dunia pertanian secara instan. Selain itu anak-anak dapat belajar mengamati pertumbuhan tanaman sambil bermain. Boneka ini juga bertujuan untuk mengenalkan cara menanam hidroponik atau menanam menggunakan media lain selain dari tanah.

Konsumen
Target pasar yang sebelumnya hanyalah untuk mengajarkan cinta lingkungan terhadap anak – anak, ternyata kini minat pasarnnya telah meluas bukan hanya di kalangan anak – anak saja. Namun para remaja baik pelajar maupun para mahasiswa juga tertarik dengan produk tanaman horta, bentuknya yang lucu – lucu menjadikan tanaman horta bukan hanya sebagai tanaman biasa namun bisa juga dijadikan sebagai penghias ruangan kamar mereka.

Info Produk
Boneka horta ini dibuat melalui riset selama enam bulan pada 2004. Cara untuk menumbuhkan rambutnya dan agar benih rumput itu tumbuh maka harus direndam dalam air selama satu jam atau lebih dengan posisi terbalik, lalu harus disiram secara rutin minimal dua kali sehari. Pada hari ketiga atau paling lama seminggu, akan mulai tumbuh kecambah di atas kepala boneka. Seterusnya jadilah sebuah boneka dengan rambut kepala yang bisa tumbuh panjang.

Boneka horta, berambut rumput ini memiliki beberapa manfaat, antara lain mengajarkan kedisiplinan yaitu melalui kedisiplinan dalam menyiram dan melalui cara menanam tanaman ini anak dapat belajar mengenai cahaya. Sebab tanaman ini harus disimpan ditempat yang teduh pada minggu pertama karena cahaya dapat menghambat perkecambahan. Selain kedua hal tersebut, keberadaan boneka ini juga dapat mengajarkan tentang kewirausahawan, karena banyak konsumen boneka horta ini yang memilih untuk menjualnya kembali.

Ada sembilan jenis boneka horta antara lain, boneka horta berbentuk kura-kura, panda, panda kecil, horta cup (kepala), platipus (kura-kura kecil), sapi, kodok, kucing, dan boneka horta jenis babi. Setelah para mahasiswa mengenalkan boneka horta tersebut di lingkungan kampus, ternyata mereka mendapatkan respon yang sangat bagus karena boneka ini tidak hanya digandrungi oleh anak-anak, tetapi juga disukai oleh mahasiswa.

Kelebihan usaha
Bisnis tanaman, termasuk boneka horta saat ini banyak dicari para konsumen. Tingginya sosialisasi masyarakat untuk mencintai lingkungan, guna mengurangi global warming menjadi keuntungan tersendiri bagi usaha ini untuk memasarkan produknya. Banyak instansi sekolah yang menggunakan boneka horta untuk mengajarkan anak – anak untuk mencintai tanaman, dengan media berbagai bentuk boneka yang lucu dapat menarik minat anak- anak untuk bertanam dan mencintai lingkungannya. Hal ini menjadi peluang pasar yang cukup besar bagi pelaku bisnis boneka horta.

Kekurangan usaha
Banyak masyarakat yang belum mengerti proses perawatan boneka horta, untuk itu sebaiknya Anda berikan panduannya secara lengkap. Karena konsumen yang produknya gagal tumbuh, biasanya akan menyampaikan complain pada perusahaan Anda. Selain itu meningkatnya minat konsumen akan boneka horta, menciptakan persaingan pasar yang cukup ketat. Sehingga peluang untuk berebut pasar, semakin sempit.

Pemasaran
Untuk pemasaran produk boneka horta, dapat dilakukan dengan mengikuti berbagai pameran utuk mengenalkan produk horta. Selain itu untuk memperluas promosi, dapat diiklankan melalui media cetak maupun media elektronik. Banyak juga pelaku bisnis boneka horta yang mengiklankan produknya melalui media online untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Kunci Sukses

Semakin unik bentuk boneka horta yang diciptakan, meningkatkan minat masyarakat akan produk horta. Selain itu berikan prosedur perawatan yang detail, sehingga para konsumen tidak tidak kesulitan dalam merawat produk yang sudah dibeli dan kemungkinan adanya complain produk pun juga berkurang.

Analisa Ekonomi

Ivestasi awal:
Modal awal                                        Rp 10.000.000
Sewa tempat 1 thun                                Rp 15.000.000+
Total                                             Rp 25.000.000

Pengeluaran per bulan:
Belanja bahan baku                                Rp  8.000.000
Upah pembuat boneka                               Rp  3.000.000
Gaji penjaga toko                                 Rp  1.000.000
Sewa tempat                                       Rp  1.250.000
Listrik dan telepon                               Rp    500.000
Biaya lain-lain                                   Rp    500.000+
Total                                             Rp 14.250.000

Omzet per bulan
(penjualan 1.500 boneka x  @ Rp 12.000)           Rp 18.000.000

Laba per bulan 
( Rp 18.000.000 - Rp 14.250.000 )                 Rp   3.750.000

ROI (Return of Investment)
( Rp 25.000.000 : Rp   3.750.000 )  = < 7 bulan

Diolah dari berbagai sumber.

Sumber gambar : http://picasaweb.google.com/nisarahmania/BonekaHorta