Pemasaran

Buat yang Baru Buka Bisnis Online, Coba Catat Dulu Deh 5 Hal Ini!

tips buka bisnis onlineSekedar ikut-ikutan trend buka bisnis online memang tidak ada salahnya, toh di era millennial seperti sekarang ini apa saja bisa dijual lewat online. Apalagi akses internet sudah semakin mudah, bermodalkan smartphone saja sudah bisa jualan online dengan omzet jutaan.

Tapi nyatanya, tidak semua pebisnis online mengalami nasib yang sama. Bahkan ada yang sudah lama buka bisnis online tapi masih saja sepi penjualannya, padahal berbagai macam cara promosi sudah dilakukan. Mulai dari promosi di sosial media maupun             marketplace gratisan sampai pasang iklan berbayar, masih juga sepi pengunjung.

Apa kamu juga mengalami nasib yang sama? Baru buka bisnis online tapi pelanggan tak kunjung datang.

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Peluang usaha minuman dengan 100% keuntungan milik mitra, Dapatkan Promo Paket Nyoklat Super.

Agar pengalaman buruk seperti itu tak harus kamu alami, sebelum buka bisnis online pastikan kamu mencatat dulu 5 poin penting yang dibutuhkan untuk jualan online. Poin apa saja itu? Simak informasi selengkapnya yang kami kutip dari Mebiso.com.

1. Cari tahu biaya pengiriman barang, sebaiknya kamu punya aplikasi online untuk periksa biaya pengiriman barang dengan ekspedisi yang paling sering kamu pakai.

Data menyebutkan bahwa sebanyak 28% akhirnya batal membeli setelah mengetahui biaya pengiriman yang mahal. Untuk mengatasi hal ini adalah dengan memberitahukan terlebih dahulu biaya pengiriman barang yang harus ditanggung oleh pelangganmu.

2. Jangan paksa konsumen untuk membuat account, yang ada mereka hanya akan kabur sebelum berbelanja

Faktanya, sebanyak 23% pelanggan tidak jadi membeli karena mereka diharuskan membuat akun di website tersebut. Sebaiknya sistem semacam membership ini diberikan setelah pelanggan tersebut check out di website.

3. Diskon akan membawa kembali pelanggan kembali ke toko online milikmu

Apa kamu tahu bahwa promosi yang sering kamu lakukan ternyata terbukti mampu membawa pelanggan kembali membeli? Sebanyak 54% toko online yang disurvei telah membuktikannya.

4. Buat target khusus agar konsumen lama bisa kembali repeat order

Dalam dunia ecommerce, retargeting adalah salah satu cara yang efektif dalam marketing. Sebanyak 72% dari milliaran pembeli online shop adalah retargeting yang potensial.

5. Penjual yang baik pasti menomorsatukan kepuasan pelanggan

Tahukah kamu tentang perilaku pelanggan online? Sebanyak 55% pelanggan online shop membeli setelah melihat review dari beberapa orang. Semakin banyak testimonial yang didapat maka menunjukkan semakin terpercayanya suatu online shop.

Nah, mudah bukan? Jadi meski awalnya hanya sekedar ikutan trend, tapi jangan asal-asalan buka bisnis online. Sebab, jika dijalankan dengan serius bisa mendatangkan omzet ratusan juta sebulan!