Buka Usaha Sambal, Biar Awet, Dikemas Seperti Apa Ya?

buka-usaha-sambal-biar-awet-dikemas-seperti-apa-ya

Pengen buka usaha sambal, biar awet tahan lama, kemasannya kaya gimana ya?

(Penanya: Meithi)


Bisnis sambal rumahan memang menjadi peluang usaha yang menarik untuk rekan-rekan yang punya kreativitas dan suka memasak tentunya. Bahkan, masing-masing daerah di Indonesia ini boleh dibilang punya ciri khas sambal masing-masing. Bagi anda yang ingin berbisnis sambal kemasan, tentu proses pengemasan menjadi kunci selain proses mengolah sambal itu sendiri. Tidak lain, agar sambal yang anda buat ini dapat dikirim ke berbagai kota, dan disimpan lebih lama, guna menjangkau pasar yang lebih luas pastinya.

Bagaimana mengemas sambal yang baik, berikut ini panduannya untuk anda:

  1. Kemasan botol kaca tentu akan lebih baik. Jika tidak, anda dapat memilih kemasan botol plastik tebal, jenis PET foodgrade dengan ketebalan minimal 3,2 mm.
  2. Lakukan proses sterilisasi kemasan botol kaca dengan merebusnya dalam air panas selama kurang lebih 30 menit. Hal ini akan mencegah adanya bakteri dari botol kaca yang dapat mempercepat kerusakan sambal. Keringkan botol yang sudah direbut dengan cara meniriskannya.
  3. Sambal harus dimasak hingga benar-benar matang. Bahan-bahan dan bumbu yang benar-benar matang akan memperanjang umur simpan sambal.
  4. Untuk kemasan dalam botol kaca, kemaslah sambal dalam keadaan masih panas, dengan suhu minimal 82° C. Setelah diisi, tutup botol, dan rebus dalam air mendidih selama ± 10 menit untuk ‘menyegelnya’.
  5. Mengemas dalam botol plastik, sambal harus dalam keadaan dingin terlebih dahulu. Uap panas dan pedasnya sambal yang terperangkap dapat membuat botol menggelembung dan sambal meluap.
  6. Tutup botol serapat mungkin. Cara ini bisa dilakukan dengan pemberian segel alumunium pada penggunaan botol plastik atau tutup plastik pada botol kaca.
  7. Selain kemasan botol, sambal juga dapat dikemas dalam kemasan plastik. Gunakan plastik tebal dan kedap udara agar tidak ada udara yang membuat sambal lekas basi.
  8. Perbanyak jumlah minyak saat memasak sambal. Minyak dapat menjadi pengawet alami.
  9. Menambahkan tomat atau jeruk nipis dapat meningkatkan kadar asam sambal yang membuat umur simpannya lebih panjang.
  10. Jangan lupa mencantumkan pesan untuk menyimpan sambal kemasan dalam kulkas setelah dibuka.

Semoga bermanfaat

(Dijawab oleh: Tim BisnisUKM)

—–
Punya pertanyaan seputar bisnis/ usaha? Yuk #tanyabisnisukm
1) Follow akun IG @bisnis_ukm
2) Follow akun FB @sentrabisnisukm
3) Kirim pertanyaan via DM/ Inbox

#tanyajawab #tanyabisnisukm #konsultasiusaha #konsultasibisnis #diskusibisnis #kemasan #desainkemasan #kemasanplastik #kemasanmakanan #labelkemasan #bisnisukm

9 thoughts on “Buka Usaha Sambal, Biar Awet, Dikemas Seperti Apa Ya?”

    • selamat siang @ade terima kasih telah mengunjungi webiste bisnisukm.com. Dengan teknik pengolahan khusus sambal bisa bertahan lama hingga 6 bulan.

      Reply
    • Selamat siang @rinawati siregar terima kasih sudah berkunjung ke website bisnisukm.com, untuk proses sterilisasi kemasan botol memang harus direbus, jadi botol tidak akan pecah ketika rebus. Untuk rekomendasi kemasan botol sambal bisa dicek di webiste dikemas.com bunda.

      Reply
    • Selamat siang @eva terima kasih telah mengunjungi website bisnisukm.com. Lama atau tidaknya masa simpan sambal tergantung dari teknik pengolahannya. Jika benar dan dikemas dengan kemasan plastik tebal jenis PET foodgrade bisa tahan sampai 6 bulan lamanya.

      Reply

Leave a Comment