Potensi Budidaya Krisan sebagai Komoditas Ekspor

bunga potong krisanKrisan, adalah salah satu jenis bunga potong yang cukup familiar bagi manusia. Tidak hanya di Indonesia tapi juga sudah dikenal di dunia. Hal itu karena prospek budidaya krisan sebagai bunga potong sangat cerah, didukung dengan pasar yang sangat potensial, karena tanaman hias krisan merupakan salah satu tanaman bunga potong yang penting di dunia. Diantara pasar potensial tersebut adalah Jerman, Inggris, Swiss, Italia, Austria, America Serikat, Swedia dsb.

Saat ini krisan termasuk bunga yang paling populer di Indonesia karena memiliki beberapa keunggulan antara lain warna bunganya cukup beragam seperti merah tua, kuning, hijau, putih, campuran merah putih dan lainnya, Bunga krisan juga tahan lama dalam pot selama 10 hari. Selain itu, bunga krisan juga memiliki jenis yang cukup banyak, sedikitnya ada 55 varietas.

Dari beberapa jenis varietas, krisan berwarna kuning dan hijau adalah yang paling banyak dicari. Persentasenya bisa mencapai 90%, sementara sisanya memilih warna-warna lain.

Peluang untuk mengembangkan budidaya tanaman krisan, guna memenuhi kebutuhan baik dalam maupun luar negeri tetap terbuka. Seiring dengan permintaan bunga potong krisan yang semakin meningkat maka peluang agribisnis perlu terus dikembangkan. Regional Agribusiness Competitiness Specialist Amarta (lembaga di bawah naungan USAID yang peduli dengan kondisi pertanian), Erik Meliala, mengungkapkan, seiring permintaan bunga potong krisan yang semakin meningkat, maka peluang agribisnis tanaman ini sangat menarik dikembangkan sebagai lahan investasi.

Di Indonesia, Tanah Karo merupakan daerah yang memproduksi bunga krisan tetapi produksinya belum bisa memenuhi permintaan pasar, bahkan untuk pasar Medan sekalipun. Karena tingginya permintaan bunga di Kota Medan seringkali harus mendatangkannya dari wilayah Jawa Barat.

“Ini kan suatu hal yang sangat disayangkan. Padahal kita punya lahan dan potensi yang cukup besar namun untuk pasar di Kota Medan saja, kita tak bisa memenuhinya,”ungkap Erik.

Menurut Erik, peluang pasar bunga krisan Tanah Karo sudah bisa mencapai Singapura yang secara geografis lebih dekat dengan Sumatera Utara dibandingkan dengan wilayah Jawa Barat.

“Sebagai bahan informasi bunga krisan dari Singapura itu didatangkan dari Jawa Barat lho. Nah, peluang ini justru tidak dapat dimanfaatkan oleh petani krisan di Tanah Karo,”ungkapnya.

Bunga asli China yang dikembangkan oleh Jerman dan Belanda ini, menurut Erik, sudah sejak lama dibudidayakan di Indonesia termasuk di Tanah Karo. Namun kenyataannya perkembangannya tidak menggembirakan. Kemajuan budidaya yang dilakukan para petani bunga di krisan di Tanah karo tidak semaju budidaya yang dikembangkan oleh petani di Jawa Barat. Ini terbukti dari kurang bisanya petani bunga krisan di Tanah Karo memenuhi permintaan pasar.

Budidaya Krissan

Peluang untuk mengembangkan budidaya tanaman krisan, guna memenuhi kebutuhan baik dalam maupun luar negri agaknya tetap terbuka. Seiring dengan permintaan bunga potong krisan yang semakin meningkat maka peluang agribisnis perlu terus dikembangkan.

Menurut Erik, dalam pengembangan budidaya krisan, AMARTA melakukan transfer teknologi dan praktik langsung budidaya green house dengan material lokal seperti bambu. Praktik ini bukan hal yang baru dalam pengembangan dan budidaya krisan.

Sistem yang dipakai selama ini, cukup dengan menggunakan tutup plastik tembus cahaya matahari, sehingga produktivitas bunga krisan pada saat panen tidak serentak. Padahal, kata Erik, untuk memenuhi permintaan pasar produk bunga krisan harus serentak panen (siap petik-red). Makanya sistem ini perlu dimodifikasi dengan cahaya lampu.

Salah satu kekurangan iklim Indonesia adalah penyinaran cahaya matahari yang tidak begitu panjang. Sehingga untuk mendapatkan hasil yang maksimal (serentak panen-red), maka tanaman bunga tersebut harus diperpanjang pencahayaannya dengan menambahkan pencahayaan selama tiga jam.

“Kelemahan pertanian di Indonesia adalah sangat tergantung pada iklim dan intensitas matahari sehingga hal ini sangat memengaruhi musim panen dan juga rentan penyakit. Oleh karena itu, perlu dilakukan modifikasi-modifikasi yang memungkinkan, salah satunya adalah pemberian cahaya lampu di green house tersebut,”ungkap terang Erik.

Perkiraan analisis budidaya tanaman krisan seluas 0,5 ha dengan jarak tanam 10 x 10 cm.
•    Biaya produksi
1.    Sewa lahan 1 tahun Rp. 1.500.000,-
2.    Bibit : 500.000 batang @ Rp. 50,- Rp. 25.000.000,-
3.    Pupuk dan kapur
– Pupuk kandang: 15.000 kg @ Rp. 150,- Rp. 2.250.000,-
– Urea: 4.150 kg @ Rp. 1.500,- Rp. 6.225.000,-
– ZA: 4.600 kg @ Rp. 1.250,- Rp. 5.750.000,-
– SP-36: 525 kg @ Rp. 2.000,- Rp. 1.050.000,-
– KCl: 125 kg @ Rp. 1.650,- Rp. 206.250,-
– KNO3: 2.375 kg @ Rp. 4.000,- Rp. 9.500.000,-
– Kapur pertanian: 2000 kg @ Rp.200,- Rp. 400.000,-
4.    Pestisida Rp. 1.500.000,-
5.    Biaya tenaga kerja
– Penyiapan lahan 50 HKP @ Rp. 10.000,- Rp. 500.000,-
– Pemupukan 10 HKP + 20 HKW Rp. 250.000,-
– Penanaman 5 HKP + 50 HKW Rp. 425.000,-
– Pemeliharaan 5 HKP + 100 HKW Rp. 800.000,-
6. Biaya lain-lain (pajak, iuran, alat) Rp. 500.000,-
7.    Jumlah biaya produksi Rp. 55.856.250,-
•    Pendapatan 400.000 tanaman @ Rp. 225,- Rp. 90.000.000,-
•    Keuntungan Rp. 34.143.750,-
•    Parameter kelayakan usaha : 1. Rasio Output/Input =1,611

Keterangan: HKP Hari Kerja Pria, HKW Hari Kerja Wanita

17 Komentar

  1. Harus dilakukan pemupukan ( Pupuk import import untuk krisan ( Untuk menghasilkan bunga dengan kualitas ekspor dan kualitas bunga dengan rata rata grade A ) , untuk lebih jelasnya email ke gizzalih@gmail.com

  2. 1.Informasi teknis Budi Daya krisan,bs di dpt dr buku2/literatur,dan langsung dari ahli,dan pembudi daya.
    2.Pembelajaran yang terbaik adalah ikut terjun langsung di pembudi daya.Disitulah theory dan praktek dilaksanakan.
    3.Hindari langsung atau cepat2 berinvestasi sebelum memastikan semuanya sudah dikuasai.
    4.Pada Pembudi daya yang benar2 paham,kita akan mendapatkan segala seluk beluk krisan,mulai dari Infra structure,sampai teknis penanaman,perawatan,produksi,dsb.
    5.Bila hasil bunganya baik tdk perlu khawatir pemasaran.Pembeli akan datang sendiri.Tks,

  3. bukankah dalam pembudidayaannya membutuhkan teknik perawatan agar hasil panen yg di hasilkan memuaskan dan laku di pasaran.. jika gagal kerugiannya pun pasti sangat besar.. dimana para pemula bs mendapatkan segala macam iformasi teknik serta penyuluhan yg lengkap.. agar dalam pelaksanaannya tidak bingung. dan jika produksi telah siap panen kemana kita harus memasarkannya

  4. tolong dong pasarnya, saya uah siap untuk produksi(tempat beserta naungan udah siap) contck person pedagangnya?

  5. Sebaiknya data tentang budi daya krisan di atas di koreksi. saya tanam krisan 25.000 perminggu dengan kapasitas green house 400 ribu. dengan kemitraan dengan Wahana Mlg. dan saran saya bagi pemula mohon di perhitungkan masak2 karena Green house anda akan habis penyusutanya dalam waktu 3 tahun. dan itu hanya 9 kali panen. kalau ada 3 kali panen yang gagal karena tidak terserap pasar, atau tanaman kena penyakit pasti modal anda gk kembali alias bangkrut. kalau anda siap gambling dengan resikonya ya silakan ke nongkojajar, lihat seberapa hebat krisan di sana. dan tanyakan pula bagaimana budi daya krisan setelah 5 kali tanam di dalam green house. karena saat itu udah butuh keahlian pertanian khusus untuk menanganinya. Ok selamat mencoba.

  6. Menurut saya yg punya modal dan ingin melakukan agrobisnis budidaya green house bunga potong krisan atau lainnya lebih baik diserahkan kepakar terpercaya yg sdh berpengalaman dan memiliki green house disamping sdh berpengalaman dalam bertani juga mengenal seluk beluk pemasarannya,hub sy kalau tertarik agrobisnis ini,sy akan sewakan tanah dan buatkan green house juga mengelolanya didaerah penghasil bunga potong terbesar bandung cihideung lembang,anda tinggal pantau dan pembagian hasil yg menguntungkan dua belah pihak…call..081314224266 sy tawarkan mari kita bersama membuat bisnis yg menyenangkan dan menguntungkan dibidang agrobisnis..

  7. salam kenal,

    saya tertarik dengan bisnis bunga potong krisan, namun yang menjadi pertanyaan saya adalah:
    1. apakah bunga krisan bisa di budidayakan di daerah surabaya, mengingat domisili saya di surabaya
    2. dimana sy bisa mendapatkan benih bibit bunga krisan di daerah surabaya
    3. untuk prospek bisnis, ada tidak yang menerima (pengepul) bunga krisan ketika panen di wilayah saya

    jawaban dari para pakar sangat kami harapkan. terima kasih

  8. pertanyaan saya buga krisan jenis fiji kalau partumbunhannya pendek, hal itu di sebabkan oleh kurangnya pencahayaan atau memang bibitnya yang kurang bagus. dan dimana saya bisa membeli bibit induk krisan? terima kasih .

  9. Dari pengalaman saya selama ini,penambahan penyinaran,memang diperlukan untuk mempertahankan phase Vegetative,namun untuk menghasilkan produk yang berkualitas,persoalan justru bukan di sektor itu. Menurut saya kebanyakan orang tidak konsisten memberikan suply pupuk yang diperlukan,baik pada phase vegetative,maupun Generative.Sebab yang lain,kebanyakan orang juga lebih suka menunggu serangan hama/penyakit,dan kmd mengobati, dari pada tindakan penjagaan(preventive),padahal effort dan beaya yang diperlukan,juga jauh lebih besar;apalagi hasilnya juga belum tentu baik(kebanyakan sulit untuk memperbaiki).Krisan memerlukan pengawasan yang ketat,perawatan yang konsisten,dan tentu saja memerlukan bibit yang baik dan sehat.tks

  10. saya butuh bibit bunga krisan dalam bentuk biji, dimana saya bisa membelinya n kisaran harganya.

  11. ibu dan suami saya saat ini sedang menjalani bisnis bunga krisan di daerah cipanas, tp kami msh agak bingung dg obat2 yg diberikan utk bunga krisan tersebut. mohon informasinya, dimanakah kita bisa mendapatkan obat utk bunga krisan. apakah ada importir obat bunga krisan? terima kasih..

  12. Krisan yang dibudidayakan tidak hanya krisan pot,ada juga krisan potong.Untuk krisan potong peluang untuk ekspor lumayan cukup besar dibandingkan krisan pot.. Bagi yg mau membudidayakan krisan potong dan mau order bibit krisan potong bisa menghubungi bagian marketing Bunga/bibit di PT.Saung Mirwan tlp.02518241269 mobile 085219489320 dengan Ina Marlina.Alamat jl.Cikopo Selatan No.134 Kp.Pasirmuncang Megamendung-Bogor JABAR.
    web : www.saungmirwan.com, email smmarlina@gmail.com
    order kontrak min 4000/minggu selama 16 minggu ( kontinyu )

    • Apakah di PT. Saung Mirwan dapat dilakukan training pelatihan budidaya krisan ? Karena kami ingin mendapatkan ilmu yang lengkap mengenai budidaya, mulai dari pembibitan sampai kepada panen dan juga pemasaran.
      Terimakasih atas atensinya

  13. tolong kirimkan teknis cara budidaya, jenis, foto, cara mendapatkan bibit, dan prospek pasar serta alamat pasarnya. terima kasih

  14. Saya tertarik untuk budidaya bunga krisan ini untuk daerah saya. Apa bisa diberi info perusahaan-perusahaan yang membutuhkan (penadah) bunga krisan ini? Terima kasih.

  15. Dear colleagues, …

    Saya tertarik untuk menjalankan usaha Agribisnis Chrysanthemum Flower di daerah Nongkojajar,Malang.

    Mohon informasi mengenai biaya2 yang harus saya siapkan untuk memulai usaha ini.

    Terima kasih atas perhatian dan bantuannya

    Regards,
    Marco
    0815 1048 4410

Comments are closed.