Cara Budidaya Jamur Tiram di Daerah Panas

Cara Budidaya Jamur Tiram di Daerah Panas

Menekuni bisnis budidaya jamur tiram memang sangat menguntungkan. Tingginya permintaan pasar dan mudahnya proses budidaya jamur tiram menjadi salah satu alasan mengapa jenis jamur ini lebih sering dibudidayakan masyarakat dibandingkan jenis jamur lainnya. Meskipun begitu, sampai hari ini ada sebuah kendala yang sering dihadapi para pemula dalam menjalankan bisnis budidaya jamur tiram. Yaitu faktor pemilihan lokasi budidaya yang sesuai dengan habitat hidup jamur tersebut.

Biasanya pertumbuhan jamur tiram akan optimal sepanjang tahun bila lokasi budidayanya sesuai dengan habitat aslinya, yakni di kawasan pegunungan atau di daerah dataran dengan ketinggian antara 400-800 meter di atas permukaan air laut (mdpl), serta memiliki suhu udara sekitar 20-28°C dengan tingkat kelembapan sekitar 70% sampai 80%. Lalu bisakah jamur tiram dibudidayakan di daerah panas?

Bagi Anda yang berada di daerah dataran rendah khususnya di lingkungan yang cukup panas, kini tidak perlu takut lagi untuk mencoba budidaya jamur tiram. Sebab ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati kondisi lingkungan di sekitar Anda. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari kita bahas bersama beberapa tips bisnis yang bisa Anda gunakan untuk membudidayakan jamur tiram di daerah panas.

Pertama, langkah mudah yang bisa Anda coba yaitu membuat bangunan kumbung jamur dengan sistem sirkulasi buka tutup. Yang dimaksud buka tutup disini adalah menutup sirkulasi kumbung jamur di siang hari agar kelembapan di dalamnya tetap terjaga, dan membukanya pada malam hari sehingga suhu ruangan di dalam kumbung jamur bisa lebih dingin.

Kedua, gunakan bahan atap yang tidak menyerap panas. Hal ini penting agar intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam kumbung jamur tidak berlebihan. Beberapa bahan yang bisa Anda gunakan sebagai atap kumbung jamur antara lain anyaman bambu, atau genteng.

Ketiga, faktor kelembapan merupakan syarat utama yang harus terpenuhi dalam budidaya jamur tiram, sebab kelembapan udara sangat berpengaruh pada pertumbuhan jamur. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa meletakkan beberapa tong/wadah air di dalam kumbung jamur untuk meningkatkan kelembapan ruangan.budidaya jamur tiram

Keempat, karena lokasi budidaya jamur berada di daerah panas, maka usahakan untuk membuat bangunan kumbung di tempat yang teduh atau dekat dengan pepohonan. Selain itu hindari pula pembuatan pintu kumbung yang berada di arah matahari terbit atau terbenam, hal ini dilakukan untuk mencegah sinar matahari langsung masuk ke ruangan kumbung.

Kelima, lindungi sekitar lokasi kumbung dari sinar matahari langsung yang terlalu menyengat. Anda bisa melakukannya dengan cara menanam banyak pohon rindang (perdu) disekeliling kumbung jamur.

Keenam, untuk memperlancar sirkulasi udara di dalam kumbung jamur tiram, usahakan tinggi bangunan kumbung dibuat lebih tinggi atau tidak kurang dari 4 meter.

Ketujuh, perhatikan rak penyimpanan baglog jamur yang dibuat. Bila di daerah dingin rak yang dibuat pada kumbung jamur bisa mencapai 5 tingkat, pastikan rak yang dibuat di daerah panas tidak lebih dari 3 tingkat.

Kedelapan, karena lokasi kumbung jamur berada di daerah panas, maka sebisa mungkin lakukan penyiraman lebih sering dibandingkan di daerah pegunungan. Penyiraman baglog jamur bisa Anda lakukan minimal 3 kali dalam sehari.

Nah, dengan demikian Anda tidak perlu khawatir jika ingin mmbudidayakan jamur tiram tetapi daerah Anda merupakan daerah yang panas. Silahkan mencoba peluang bisnis jamur dimanapun Anda tinggal. Mulai dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang! Salam sukses.

394 thoughts on “Cara Budidaya Jamur Tiram di Daerah Panas”

  1. mas, dalam pembuatan baglog apakah ada alternatif lain selain bahan kimia yg dicampurkan dengan serbuk kayu? Apakah ada bahan2 herbal yg mudah di dapat disekitar kita yg bisa menjadi media tanam untuk dimasukkan ke dalam baglog? terima kasih.

    Reply
  2. Halo mas, menarik sekali artikelnya
    Pas sekali dg saya , kbetuln sy juga di daerah panas, indramayu
    Oiya mas, sy mau tanya, bberapa waktu yg lalu baglog saya misilium sdh 100% bahkn sudh tumbuh jamur, tiba2 misilium balik lagi dan baglog jd coklat itu kira2 kenapa ya mas?
    Trimakasih

    Reply
    • Selamat Pagi Bapak Rokhmat, faktor penyebab misilium gagal tumbuh bisa disebabkan oleh faktorr fisik, kimia ataupun biologi. Diantaranya yaitu suhu, pH, kelembaban, kandungan air, O2, CO2, kualitas kultur jamur (F0), dan kontaminan. Untuk informasi selengkapnya terkait budidaya jamur tiram, Bapak bisa mengikuti pelatihan budidaya jamur tiram dengan menghubungi tim training BisnisUKM.com di mobile : 0852-9000-7054. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  3. budidaya jamur salah satu usaha saya.namun hasil panen nya kurang max. buglog 1000 hy dpt jamur5-7kg. yg sy tanyakan bagaimana caranya spy dpt hasil max. trimks.

    Reply
  4. saya tertarik dgn usaha budidaya jamur tiram. apakah bisa dengan kondisi kota merauke yg terlalu panas untuk budidaya jamur? tolong jawabannya.. mksh.

    Reply
  5. Lokasi training nya dmn ini pak…saya berminat untuk usaha ini jg…ad lahan tp mgk sdikit agak panas dg lt. 175m mgkin bs saya manfaatkan u bertani / budidaya jamur tiram…dan kl qt beli antara baglog dg bibit nya itu sdh 1 paket atau qt beli terpisah atau sudah siap qt pakai u pembudidayaan mohon bantuan dan penjelasan nya

    Reply
  6. nyimak banget,,pengen serius nekunin jd petani jamur,,syy punya lahan sekitar lebar 2 stengah meter dan panjang 6 meter kira2 idealnya berapa max baglog yg di butuhkan ya pak?

    Reply
  7. Saya anam, saya ikut program Student Company di SMA N 1 Waru.. Berencana mau berwirausaha jamur tiram. Syarat apa saja yg hrus sy pnuhi agar saya dapat membudidayakan jamur tiram d skolah.. Apakah jamur tiram dapat dijadikan sbagai media estetika kelas.. Mhon jwabannya

    Reply
    • Selamat sore Sdr. Anam. Pada dasarnya jamur tiram dengan konsep growbox bisa dijadikan sebagai hiasan kelas asalkan kondisi suhu dan kelembapan ruangan sesuai dengan habitat asli jamur. Sebelum mencobanya, Anda juga bisa membaca beberapa tips berikut ini, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk budidaya jamur tiram skala rumahan, Bapak Eko bisa memanfaatkan ruang kosong seperti kamar, atau bagian rumah yang berdekatan dengan kamar mandi atau sumur untuk membudidayakan jamur tiram. Informasi selengkapnya mengenai cara membuat kumbung jamur, Bapak bisa mengakses informasinya melalui link berikut ini KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  8. Asalamualaiku.. Saya mau tanya.. Kalau kita membuat kumbung jamur itu bener benar tertutup atau berpentilasi?? Mohon infonya..

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com, untuk kumbung jamur sebaiknya diberikan fentilasi untuk mengatur sirkulasi udara di ruang kumbung. Informasi selengkapnya mengenai cara membuat kumbung jamur, bapak Abdull bisa mengaksesnya melalui link berikut ini, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk tinggi kumbung jamur sekitar 2-3 meter tidak menjadi masalah, yang terpenting Ibu Nur memperhatikan sirkulasi udara yang masuk, serta tingkat kelembapan ruangan dengan baik. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba