Cara Memulai Usaha Dengan Modal Kecil

cara memulai bisnis dengan modal kecilSampai saat ini banyak masyarakat yang takut memulai usaha karena alasan tak memiliki cukup uang. Padahal, sebenarnya memulai usaha bisa dilakukan dengan modal kecil. Ada beberapa cara yang bisa dijalankan para pemula untuk merintis usaha dengan modal kecil.

Nah, agar tak penasaran, berikut ini kami informasikan beberapa cara memulai usaha dengan modal kecil.

Pertama, Anda bisa mencari ide usaha tanpa modal. Sebagian dari kita mungkin belum percaya bila bisnis tanpa modal itu memang benar-benar ada. Contohnya saja seperti menjadi pemasar atau reseller sebuah produk hanya dengan bekal katalog atau foto produk. Bisnis reseller produk ini memang belakangan mulai berkembang pesat, terutama setelah angka penggunaan gadget dan internet di kalangan masyarakat mulai meningkat.

Kedua, mulailah dari modal yang Anda miliki. Dalam hal ini modal yang digunakan tentu tak selamanya berupa modal uang. Ketika modal usaha yang Anda miliki terbilang cukup minim, maka alternatif berikutnya yang bisa Anda manfaatkan yaitu dengan mengoptimalkan modal yang telah Anda miliki. Contohnya saja bila Anda memiliki kemampuan dalam hal memasak, maka Anda bisa merintis usaha yang berhubungan dengan bisnis makanan. Misalnya membuat snack jajanan pasar dan menitipkannya di warung-warung yang ada di sekitar rumah Anda.

Ketiga, manfaatkan peralatan seadanya. Ketika hendak merintis sebuah usaha, tak selamanya peralatan yang Anda gunakan harus baru dan serba canggih. Untuk menyiasati minimnya modal, Anda bisa memanfaatkan peralatan seadanya yang ada di rumah Anda. Contohnya saja seperti memanfaatkan garasi atau teras rumah sebagai lokasi usaha, atau bisa juga memanfaatkan perabot di dapur sebagai alat produksi.

Keempat, pilihlah alat pemasaran yang gratisan. Kendati modal Anda cukup minim, namun sebagai pelaku usaha Anda harus tetap memperhatikan strategi pemasaran usaha. Sebab, tanpa pemasaran dipastikan bisnis Anda tak bisa berjalan dengan seimbang. Karenanya untuk menyiasati minimnya modal, Anda bisa memanfaatkan social media yang menawarkan cara pemasaran secara gratis. Mulai dari Facebook, Twitter, Google Plus, sampai website gratisan seperti wordpress ataupun blogspot.

Kelima, belanjakan modal Anda dengan bijak. Mengingat modal usaha yang Anda miliki sangat terbatas, maka sebaiknya belanjakan modal Anda dengan bijak. Hindari pembelian barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Buatlah rencana belanja dengan bijak agar tak salah langkah dalam mengelola modala usaha.

Setelah memahami kelima tips bisnis di atas, kini tak ada alasan bagi Anda untuk menunda-nunda dalam memulai usaha. Modal kecil tak menjadi penghambat bagi kita untuk sukses merintis usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar : http://img.chefdentreprise.com/Img/BREVE/2013/10/230431/Caisse-epargne-alloue-8364-financement-PME-regionales-F.jpg

85 Komentar

  1. Selamat sore,sy pernah usaha bakso tapi gagal,sekarang sy kerja,tetapi ga nyaman pengen usaha lagi,tapi modal blm ada,kira2 usaha apa ya yang cocok,kalau jualan gorengan bagaimana ya,ada ga konsep untuk jualan gorengan supaya menarik, mungkin model gerobaknya atau yang lainnya,mohon sarannya,terimakasih.

    Reply
  2. assalamualaikum ibu/bapak
    nama saya ujang rismana umur saya 24 tahun, saya berencana membuka uasaha, tapi saya bingung harus memulai nya dari mna, rencananya sih usaha di bidang kain, cuman bukan kain biasa tapi kain bekas potongan poitongan pabrik,, jadi kain sisa sisa, rencananya mau saya buat kreasi seperti tas, sarung bantal, ikat rambut, karpet dan kreasi lain nya. cuman saya bingung cara memulai dan memasarkandan setrateginya harus gimana gimana
    Terima kasih.

    Reply
  3. nama saya azza saya punya penghasilan dari panen sawit dalam sebulan antara 200-700 ribu, saya mau usaha tapi usaha apa yang cocok ya, saya takut usaha gak berhasil malah uang saya habis

    Reply
  4. kak minta bntuan

    saya mhasiswa smester 5
    dalam fakultas saya, dimna smster 5 ini d.sruh terjun buat bisa menjlankan bisnis yg kita punya

    saya maw minta bntuan,
    bagaimana saya harus memulai sistem awal penjualan saya dalam bidang kuliner yg maw saya jalani ini

    mohon bntuannya

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk bisnis sampingan, Sdri. Fiti bisa menerapkan beberapa tips berikut ini, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  5. pak nama saya adit. saya terjun di bidang refleksi sudah4 tahun dana saya punya gasgasan buka sendiri cuma modal nya yg jadi hambatan klu admin minat bisa kerjasama dengan saya .terimakasih

    Reply
  6. saya punya usaha warkop dan saya ingin membuat cabang baru..tapi saya belum bisa mengelola pekerja di usaha saya..minta saran dan cara ngelola karyawan donk..terimakasih

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk bisa mengelola SDM dengan baik, tentu dibutuhkan pembagian kerja yang jelas. Berikut ini kami informasikan beberapa tips bisnis yang bisa Bapak Asef coba, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com, untuk mengatasi minimnya modal usaha Bapak Syahrul bisa menerapkan beberapa langkah berikut ini, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  7. selamat malam pak, nma sya aghnia sya umur 17thn. sya ingin berjualan kue tpi sya bnar2 tdak ada modal utk usha itu sdgkan sya tdak boleh mnta uang ke ortu sejak lma. jdi mnurit bpak gmana? tlong ksih saran ya pak,,,? terimakasih selamat malam

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk mensiasati minimnya modal usaha, Sdri. Aghnia bisa bekerjasama dengan produsen kue yang ada di sekitar rumah Anda. Contohnya saja seperti menjualkan produk kue dari tetangga Anda, biasanya sistem pembayaran dilakukan setelah kue laku dan sisa kue yang belum laku bisa dikembalikan ke produsen atau suplier kue yang Anda ajak kerjasama. Dari aktivitas berjualan kue, Sdri. Aghnia bisa mengumpulkan sedikit demi sedikit untuk modal usaha yang lebih besar. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
    • Mohon maaf mencoba membantu solusinya, Sebenarnya itu ide yang baik bagi aghnia fila , cobalah menyakinkan kepada ortua, walaupun sebatas sebuah gagasan adalah bagian dari modal . Karena usaha perlu dukungan bagi keluarga, sanak famliy dan teman dekat anda, Siapa tahu mereka bisa membantu modal dalam bentuk kerjasama saling menguntungkan, why not
      Namanya kerjasama tentu keutunganan berbagi/ sharing profit.Karena modal bisa didapat misalnya, uang tabungan, aset yang ada, joint sama teman, perbankan dsb. Tentu semua membutuh waktu dan proses panjang, asal ada kermauan pasti ada jalan. KiaT- KIAT sukses sangat bergantung masing- masing pelaku usaha. Selamat dan Semangat terus, Semoga berhasil.

      Reply

Leave a Comment