Rahasia Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Meningkatkan produktivitas kerja karyawan cukup penting sebab dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan dalam menjalankan bisnis. Semakin tinggi produktivitas kerja karyawan maka potensi menuju kesuksesan jauh lebih besar juga.

Baik buruknya kualitas kerja yang dihasilkan setiap karyawan, tentunya sedikit banyak mempengaruhi jalannya roda bisnis yang sedang kamu kendalikan. Ketika tim kerja yang kamu pimpin memiliki produktivitas yang cukup bagus. 

Tidak menutup kemungkinan bila roda bisnis yang kamu jalankan juga bisa berkembang dengan maksimal. Dan begitu juga sebaliknya, bila produktivitas kerja karyawanmu masih belum optimal, tidak heran bila roda bisnis yang dijalankan juga bakal berjalan stagnan

Ketika perusahaan yang kamu pimpin berada dalam kondisi seperti ini, sebaiknya jangan langsung panik. Sebab, ada beberapa cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan agar roda bisnismu bisa berjalan dengan lebih optimal.

Cara Tingkatkan Produktivitas Kerja

Perencanaan Kerja

Sebelum memulai pekerjaan maka lakukan perencanaan terlebih dahulu. Perencanaan yang sesuai maka akan memudahkan dalam menentukan langkah apa yang akan dicapai. Dalam sebuah perencanaan kerja ini ada perkiraan waktu pengerjaan, metode yang digunakan dan target yang akan dicapai.

Dengan adanya perencanaan yang telah disusun secara matang, maka hasil yang didapatkan. Sehingga langkah yang mau diambil sudah terarah dan jelas. Jika begitu maka hasil pekerjaan akan optimal sesuai yang diharapkan.

Perkiraan Waktu Pengerjaan

Setelah menyusun rencana kerja perkiraan waktu untuk menyelesaikan setiap pekerjaan juga harus diperhatikan. Ini akan memudahkan dalam mengestimasi lama waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan satu tugas. Kaitannya dalam pembagian pekerjaan yang memiliki deadline yang sama mana perlu diprioritaskan.

Misalnya saja pekerjaan A dan B memiliki deadline yang sama yakni hari ini harus diselesaikan. Jika jam kerjanya 8 jam kerja maka setidaknya satu pekerjaan harus selesai 3,5 jam. Bahkan kamu bisa membuat startegi untuk dapat menyelesaikan tugas dalam waktu 2,5 jam lebih cepat.

Dengan begitu kalian bisa memiliki waktu untuk mengecek kembali pekerjaanmu apakah masih ada yang kurang optimal. Bahkan kamu bisa emmiliki wkatu untuk istirahat sejenak untuk mengerjakan tugas selanjutnya.

Penilaian Karyawan Berkala

Untuk mengetahui seberapa tinggi produktivitas kerja setiap karyawan, kamu bisa mengadakan penilaian tim secara berkala. Melalui penilaian tersebut, bisa diketahui siapa saja yang memberikan kontribusi cukup besar terhadap perkembangan perusahaan.

Dan siapa saja yang produktivitas kerjanya masih di bawah rata-rata. Setelah hasil penilaian kamu dapatkan, maka tugas selanjutnya yang harus diperhatikan adalah memberikan tantangan baru bagi mereka yang berkompeten dan menambahkan beberapa program pelatihan bagi sebagian karyawan yang kinerjanya di bawah standar.

Fokus Pada Prioritas

Dalam sebuah perencanaan kerja ada yang namanya skala prioritas. Setiap orang tentu memiliki prioritas yang berbeda tergantung dengan kebutuhan masing-masing. Akan tetapi biasnaya prioritas ini ditentukan pada target yang paling penting.

Maka usahakan untuk menjadikan target yang masuk dalam kategori tersebut sebagai pekerjaan utama yang harus dilakukan. Mungkin ada pekerjaan yang bisa ditunda karena bisa dikerjakan dihari lain ketika tidak mendesak.

kamu bisa menempatkan pekerjaan ini pada list selanjutnya yang harus dikerjakan setelah pekerjaan prioritas telah selesai. Dengan begitu kamu harus cermat dalam menentukan pekerjaan mana yang menjadi prioritas pertama dan harus dikerjakan.

Mulai Dari Yang Kecil

Salah satu penyebab produktivitas kerja turun adalah keinginan untuk mencapai target besar dalam waktu yang singkat. Terutama bagi orang yang belum ahli dibidangnya. Tentu hal ini menjadi kesulitan dirinya dalam melakukan pekerjaan. Pada akhirnya pekerjaan tidak selesai dan tidak seusai harapan untuk mendapatkan pencapaian besar.

Untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut langkah yang dilakukan adalah menetapkan target dimulai dari yang kecil. Saat kamu berhasil menyelesaikan kamu bisa memberikan hadiah pada diri sendiri, misalnya waktu istirahat sejenak.

Kemudian selanjutnya selesaikan tiap target pada kurun waktu yang telah ditentukan. Cara ini ampuh untuk meningkatkan produktivitas kerja secara efektif dan efisien.

Perluas Ruang Gerak Berinovasi

Tak jarang produktivitas karyawan cenderung menurun apabila setiap harinya mendapatkan tekanan kerja di luar kemampuannya. Untuk menghindari resiko tersebut, ada baiknya bila kamu memberikan ruang gerak yang lebih luas agar mereka bisa bebas berkreativitas menciptakan sebuah inovasi baru.

Dalam hal ini kamu bisa memberikan kebebasan bagi setiap karyawan untuk meningkatkan ilmu kemampunnya baik melalui seminar, buku-buku, internet, ataupun mengikuti pelatihan tertentu, yang bertujuan menunjang produktivitas kerja karyawan agar mampu menciptakan ide-ide segar.

Sesuaikan Jabatan Dengan Passion

Meski setiap karyawan dituntut memiliki berbagai keahlian untuk mencukupi segala kebutuhan perusahaan. Namun sebagai seorang pemimpin, kamu harus jeli dalam menentukan posisi kerja yang sesuai dengan passion mereka.

Hal ini penting, sebab dengan memanfaatkan apa yang mereka suka, setidaknya kamu bisa mengasah bakat atau passion tersebut sehingga mampu memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan bisnismu.

Mengingat setiap karyawan memiliki peran cukup penting bagi perkembangan bisnis. Maka tak ada salahnya bila mulai hari ini Kamu mulai mendongkrak motivasi kerja karyawan untuk menghasilkan output kerja yang maksimal setiap harinya.

Hindari Gangguan

Untuk meminimalisir keteteran dalam mengerjakan pekerjaan sebaiknya hindari potensi gangguan. Tentu ketika kita bekerja ada banyak sekali gangguan yang mungkin terjadi. Baik faktor eksternal namun juga faktor internal.

Faktor eksternal sendiri adalah keadaan yang tidak mendukung untuk mengerjakan secara optimal. Sedangkan untuk faktor internal adalah keinginan dalam melakukan sesuatu yang bukan tanggung jawabmu. Kamu harus bisa mengidentifikasi kemumgkinan gangguan yang ada.

Kemudian dicari cara tepat untuk mengatasi. Jika gangguan dari luar maka hindari dengan berbagai alasan dan cara. Namun jika itu berasal dari dalam diri maka usahakan untuk tidak mengikuti kemauan diri. Lakukan tindakan agar beberapa ganguan tersebut tidak menurunkan produktivitas kerjamu.

Melakukan Evaluasi

Ketika sudah berhasil dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline yang sudah ditetapkan. Maka selanjutnya lakukan evaluasi setelah menyelesaikan pekerjaan tersebut. Fungsi dari evaluasi ini untuk mengetahui startegi mana yang efektif yang bisa dilakukan untuk mendongkrak produktivitas kerja.

Serta mengetahui lebih mendalam masalah yang mungkin terjadi dan rencana yang akan dicapai pada tujuan selanjutnya. Pada masa evaluasi ini kamu bisa mengubah startegi yang sekiranya kurang tepat dan tidak memberikan hasil optimal.

Tentunya evaluasi ini berdasarkan dari permasalahan pekerjaan yang dilakukan sebelumnya. Pembaruan strategi baru diharapkan bisa membuat produktivitas kerja semakin optimal dan lebih baik dari sebelumnya.

Gimana apakah kalian masih merasa bahwa waktu kerjamu masih kurang? Sedangkan masih ada banyak pekerjaan yang belum terselesaikan. Bisa jadi hal tersebut akibat dari tingkat produktivitas yang kurang optimal dan strategi yang tidak tepat.

Kamu bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan cepat sesuai dengan target dengan hasil pekerjaan yang optimal. Maka kalian bisa mencoba menerapkan beberapa cara diatas untuk membantu mendongkrak produktivitas kerjamu.

Leave a Comment