Cara Mudah Memasarkan Bisnis Rumahan

pemasaran bisnis rumahanBagi sebagian pemula yang merintis usahanya dengan modal pas-pasan, menjadikan rumah tempat tinggalnya sebagai lapak usaha merupakan salah satu alternatif yang paling sering mereka ambil. Dengan merintis usaha dari rumah, secara tidak langsung para pemula bisa meminimalisir biaya operasional karena mereka tak perlu mengeluarkan biaya sewa gedung setiap bulannya.

Meski memutuskan merintis bisnis dari rumah terbilang cukup tepat bagi pemula maupun ibu rumah tangga yang memiliki modal serta waktu terbatas, namun pada kenyataannya sampai saat ini para pelaku bisnis rumahan masih sering kesulitan untuk memasarkan bisnisnya di lingkup pasar yang lebih luas.

Tempat usahanya yang tidak se-strategis lokasi pertokoan yang disewakan di pusat keramaian kota, menjadikan para pelaku bisnis rumahan selama ini hanya memanfaatkan pasar lokal di sekitarnya. Melihat kondisi tersebut, tidak heran bila omzet penjualan yang mereka terima setiap bulannya pun masih belum bisa maksimal.

Karenanya, agar kedepannya usaha rumahan yang Anda jalankan bisa mendatangkan omzet penjualan yang lebih menggiurkan. Setidaknya ada tiga cara mudah memasarkan bisnis rumahan yang bisa Anda terapkan dari sekarang.

Pertama, memanfaatkan pasar di ranah maya

Kendati lokasi usaha Anda terpencil dan kurang strategis, dengan bantuan internet Anda bisa memanfaatkan pasar di ranah maya untuk mendatangkan penjualan setiap bulannya. Luasnya akses internet dan murahnya biaya promosi di pasar maya, bisa Anda manfaatkan dengan baik agar penjualan produk Anda bisa naik. Yang terpenting adalah, pasang foto terbaik Anda di dunia maya, lengkapi dengan deskripsi produk yang mudah dipahami konsumen dan pastikan kepercayaan mereka terus terjaga agar sampai kapanpun juga lapak online Anda masih tetap ramai diserbu calon pelanggan.

Kedua, jadikan brosur sebagai sales berjalan

promosi dengan brosurAlat promosi lainnya yang bisa Anda gunakan adalah brosur. Meski hanya berupa lembaran kertas, namun brosur merupakan salah satu alat jitu untuk yang bisa mendatangkan banyak pelanggan. Bahkan, sebagian pelaku usaha menjadikan brosur sebagai sales berjalan bagi perusahaannya. Sebab, dari informasi yang mereka tuangkan di sebuah brosur, banyak calon pelanggan yang mulai penasaran dan mendatangi alamat usaha yang Anda cantumkan. Anda bisa mencetak brosur dengan harga yang relative murah dan menyebarkannya di tempat-tempat ramai seperti misalnya pameran, mall-mall, kampus, dan tempat umum lainnya yang sesuai dengan target pasar yang Anda bidik.

Ketiga, aktif di acara bazar atau pameran

Mengingat lokasi bisnis rumahan Anda kurang strategis, maka Anda harus lebih aktif untuk melakukan strategi pemasaran jemput bola. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan kegiatan-kegiatan rutin seperti misalnya acara bazar ukm, pameran, pasar malam, atau pasar tiban yang ada di sekitar lokasi rumah Anda. Dengan begitu, Anda bisa memperkenalkan bisnis Anda di kalangan luas sekaligus melakukan survey pasar untuk melihat daya saing bisnis Anda di pasaran bebas.

Mudah bukan? Selamat berkarya dan salam sukses!

Sumber gambar : 
1. http://www.beetleblue.com/wp-content/uploads/2012/12/Business-Marketing.jpg
2. http://fc05.deviantart.net/fs70/i/2010/132/5/4/CHILI__S_BROCHURE_by_kungfuat.jpg

Leave a Comment