Cara Mudah Mengoptimalkan Pelayanan Pelanggan Supaya Repeat Order

Salah satu masalah yang dihadapi pelaku bisnis adalah kurangnya pelayanan pelanggan supaya mereka tetap repeat order. Tak sedikit perusahaan yang menggangap sepele masalah ini. Hingga lupa memberikan program loyalitas pelanggan.

Mulai dari potongan harga, promo, member hingga komunitas. Jika beberapa hal tersebut lebih diperhatikan oleh pelaku bisnis maka loyalitas pelanggan semakin kuat. Bahkan mereka bisa memberikan review dan rekomendasi kepada teman dan kerabat tentang produkmu.

Istilah pelanggan adalah raja, tentu sudah tidak asing lagi di telinga para pelaku usaha. Baik itu para produsen barang maupun penyedia jasa, semuanya saling berlomba memberikan pelayanan prima untuk memuaskan para pelanggannya.

Kondisi inilah yang secara tidak langsung mendorong para pelaku usaha untuk semakin kreatif dan inovatif dalam merebut hati pelanggan. Sebab, apabila mereka lengah dengan persaingan yang ada, tidak menutup kemungkinan bila pelanggan yang Anda dimiliki juga akan berpaling ke perusahaan lain yang menawarkan pelayanan lebih menarik.

Nah, untuk menghindari kemungkinan buruk seperti di atas. Pada kesempatan kali ini akan kami informasikan beberapa cara mudah mengoptimalkan pelayanan bagi pelanggan, yang bisa Anda terapkan dalam menjalankan usaha.

Cara Mengoptimalkan Pelayanan Pelanggan

Kesan Pertama Pelayanan Sangat Menentukan

Berikan kesan pertama yang menakjubkan pada konsumen. Penting sekali untuk menjaga pelayanan terutama pada pesanan pertama konsumen. Sebab ini menjadi penentu apakah mereka akan kembali atau tidak. Usahakan untuk tidak membuat kesalahan saat pertama melakukan pelayanan pada konsumen baru.

Langkah awal inilah yang nanti menentukan keputusan konsumen. Saat mereka diberikan pelayanan yang baik, diberi rasa aman dan kenyamanan. Bukan tidak mungkin konsumen akan terkesan dan berencana untuk kembali lagi untuk membeli produkmu.

Hal ini juga berlaku pada pelaku usaha yang menjual produk secara online. Saat konsumen menghubungi saat pertama kali respon dengan cepat dan sebaik-baiknya. Jika konsumen kesal atau tidak sabaran usahakan untuk tidak terbawa suasana. Tetap tenang dan layanani dengan sepenuh hati, jangan sampai terbawa emosi.

Memberi Kesan Menarik Pada Kemasan Produk

Kemasan produk ternyata sangat mempengaruhi penjualan. Sebab kesan pertama orang ketika melihat produk akan membangun prespektif yang positif. Kemasan yang menarik bisa mempengaruhi psikologi konsumen untuk selanjutnya menentukan keputusan untuk melakukan transaksi atau tidak.

Selain memperhatikan kualitas produk yang ditawarkan maka penting juga dalan memperhatikan kemasan yang digunakan. Hal ini penting sebab kaitannya dengan pendistribusian. Sehingga produk yang dikirim tetap aman sampai ke tangan konsumen. Mereka pun juga akan puas jika melihat packaging produk yang dipesan menarik.

Beri Produk Berkualitas

Berikan produk yang berkualitas dan jangan sampai memberikan produk rusak maupun cacat. Jika dalam perjalanan pengiriman mengalami kerusakan berikan garansi penukaran kepada pelanggan. Maka untuk itu penting untuk mengecek setiap produk yang akan dikirim dan memastikan sampai ketangan pelanggan dengan selamat tanpa ada kerusakan.

Berikan pula jaminan keamanan produk yang ditawarkan. Sehingga pelanggan merasa aman dan percaya dengan produk yang dibeli. Maka jika produk sudah terjamin kualitasnya mereka tidak lagi merasa was-was. Tentunya pelanggan akan puas dengan produk yang dibeli.

Tepat Waktu Dalam Pengiriman

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pelaku usaha adalah tidak tepat waktu dalam mengirimkan produk. Mungkin memang bisa dimaklumi jika pesanan banyak hingga penjual kualahan dalam packing produk. Namun akan lebih baik jika dalam keadaan sibuk tapi tetap harus mengirimkan barang di waktu yang telah dijanjikan.

Ini untuk menjaga kepercayaan konsumen agar mereka tidak merasa kecewa dengan pelayanan yang diberikan. Semua hal bisa pelaku usaha upayakan agar produk tetap bisa dikirimkan sesegera mungkin. Dari hal kecil tersbeut akan membangun kepercayaan yang nanti mereka akan tertarik melakukan pembelian sleanjutnya.

Ramah dan Murah Senyum

Senyuman menjadi sambutan hangat yang mudah dilakukan. Terkadang sebagian besar pelaku usaha melupakan arti sebuah senyuman bagi para konsumennya. Padahal konsumen yang datang tidak hanya membutuhkan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Namun mereka juga ingin mendapatkan pelayanan terbaik sebelum mereka melakukan transaksi pembelian.

Karena itu, jangan pernah kecewakan pelangganmu dengan membiasakan diri untuk selalu memberikan sambutan hangat kepada para pelanggan melalui sebuah senyuman. Ajarkan pula kebiasaan ini kepada para karyawanmu. Agar para konsumen merasa senang dan nyaman untuk membeli produkmu.

Berikan Kualitas Pelayanan Ramah

Berikan kualitas pelayanan yang ramah kepada pelanggan. dengan mengupayakan ketepatan waktu serta menggunakan sistem yang mudah dipahami pelanggan. Sehingga para pelanggan tidak merasa kesulitan dengan pelayanan yang diberikan. Baik pelayanan secara langsung maupun secara online.

Usahakan untuk fokus pada pemberian kepuasan pelanggan. Sehingga produk dan pelayanan yang diberikan dapat memenuhi harapan pelanggan. Dengan begitu pelanggan akan merasa dihargai membeli produk ditempatmu.

Pahami Kebiasaan Pelanggan

Setiap konsumen pasti akan senang apabila nama dan kebiasaannya dipahami para pelaku usaha. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bila kamu mencatat nama para konsumen dan mengingat kebiasaan yang mereka sukai. Misalnya saja Anda menjalankan bisnis rumah makan.

Maka kamu bisa mencatat nama konsumen di daftar pesanan yang mereka tulis dan ketika mengantarkan orderannya. Kamu bisa menyapa nama mereka sembari mengucapkan selamat menikmati hidangan tersebut. Dengan pelayanan seperti ini, konsumen merasa benar-benar dihargai dan tidak ragu lagi untuk kembali mengunjungi restoranmu di waktu yang akan datang.

Mempertimbangkan Harga Produk

Untuk membuat pelanggan repet order maka kamu juga harus mempertimbangan masalah harga. Jangan terlalu murah namun juga jangan terlalu tinggi. Pastikan jika harga porduk dan pelayanan sesuai dengan nilai produk yang ditawarkan.

Sebab pelanggan juga akan membandingkan biaya yang dikeluarkan dengan manfaat atau kualitas produk yang diterima. Jadi jika harga mahal namun kualitasnya premium bukan tidak mungkin pelanggan akan repeat order karena puas.

Jangan Abaikan Sopan Santun

Meskipun kamu menjadikan konsumen sebagai teman dekat, namun jangan pernah mengabaikan sopan santun dalam memberikan pelayanan. Gunakan kata-kata sopan seperti “Tolong”, “Terimakasih”, “Permisi, ada yang bisa saya bantu”, serta bersikaplah dengan baik agar tercipta sebuah keakraban antara pelaku usaha dan konsumennya.

Kepuasan yang didapatkan para konsumen, menjadi salah satu aset perusahaan yang cukup penting untuk membangun kepercayaan pelanggan. Tidak heran bila banyak orang mengatakan.

Ketika seorang pelanggan merasa puas dengan dengan pelayanan yang kamu berikan. Maka selanjutnya mereka tidak akan sungkan untuk menginformasikan pengalaman yang didapatkannya kepada handai taulan di sekitarnya (strategi pemasaran word of mouth).

Observasi Pelanggan Yang Tidak Repet Order

Metode ini mengharuskan untuk survey atau pengamatan secera detail kepada pelanggan. Ini bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi pasar. Apakah produk kurang inovasi, adakah pesaing, atau bahkan pelayanan yang kurang baik sehingga konsumen kurang merasa puas.

Ini sebabnya mendengarkan keluhan pelanggan sangatlah penting. Dengan adanya kritik dan saran maka akan membantu meningkatkan pelayanan agar semakin baik kedepannya. Cari tahu apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan kemudian evaluasi dan perbaiki apa yang masih kurang tepat.

Leave a Comment