Cara Mudah Menjalankan Bisnis Sampingan

ilustrasi bisnis sampingan karyawanMenghadapi kebutuhan hidup yang semakin mahal, mendorong sebagian besar karyawan untuk berupaya mencari tambahan penghasilan guna mencukupi semua kebutuhan mereka. Tentu tambahan penghasilan yang dimaksud, bukan hanya menunggu adanya kenaikan gaji dari perusahaan. Mencari peluang bisnis yang bisa dikerjakan di sela-sela waktu luang, menjadi solusi tepat bagi permasalahan yang sering dihadapi para karyawan.

Berstatus sebagai karyawan, bukan menjadi suatu penghalang untuk sukses berbisnis. Bahkan kondisi tersebut cukup menguntungkan, sebab Anda tidak perlu bingung mencari dana untuk modal usaha. Gaji yang Anda dapatkan tiap bulannya, bisa Anda kumpulkan untuk memulai bisnis sampingan.

Menjalankan bisnis sampingan tidaklah sesulit yang dibayangkan banyak orang. Sebab sekarang ini banyak peluang usaha sampingan yang bisa dijalankan para karyawan, di sela-sela waktu luang mereka. Dengan memanfaatkan peluang yang ada di lingkungan sekitar, serta mengetahui batasan-batasan dalam menjalankan bisnis sampingan. Karyawanpun bisa sukses menjalankan usaha tanpa harus menggangu pekerjaan utama.

Untuk mengetahui cara mudah menjalankan bisnis sampingan, berikut kami informasikan batasan-batasan yang perlu diperhatikan karyawan ketika menjalankan bisnis diluar pekerjaan :

1. Yang terpenting Anda bisa membagi waktu, pikiran dan tenaga, untuk tetap bisa fokus pada pekerjaan kantor maupun bisnis yang Anda dirintis. Sehingga tidak ada salah satu pihak yang dirugikan. Jangan sampai gara-gara terlalu capek menjalankan bisnis sampingan, tugas kantor Anda jadi terbengkalai. Apalagi jika Anda harus bolos kerja, gara-gara urusan bisnis. Tentu ini akan membahayakan posisi Anda di kantor bukan?

2. Yang tidak kalah penting lagi adalah pilih peluang bisnis yang tidak mengganggu tugas dan tanggungjawab Anda sebagai seorang karyawan. Pilih peluang bisnis yang tidak terlalu rumit dijalankan, karena waktu luang Anda juga terbatas. Jika Anda harus bekerja selama 8 jam setiap harinya, maka sebaiknya pilih peluang usaha yang tidak membutuhkan konsentrasi cukup tinggi. Hal ini untuk mengantisipasi turunnya konsentrasi saat bekerja, karena bagaimanapun juga pekerjaan kantor menjadi tugas utama Anda.

3. Kerjakan dua peran Anda secara optimal. Ketika menjadi karyawan, selesaikan pekerjaan dengan baik. Sedangkan sebagai pelaku bisnis, Andapun harus bisa fokus memanfaatkan waktu selepas jam kerja untuk menjalankan bisnis sampingan. Sehingga kedua peran tersebut bisa berjalan beriringan.

4. Jangan pernah menggunakan fasilitas kantor untuk keperluan bisnis Anda. Hal ini perlu Anda perhatikan, sebab hal tersebut merupakan kecurangan besar yang bisa berakibat fatal. Jangan sampai tindakan tersebut membuat Anda kehilangan pekerjaan. Biasakan untuk memisahkan urusan pekerjaan, dengan urusan bisnis Anda.

ilustrasi memulai bisnis sampingan5. Sebelum menjalankan bisnis sampingan, sampaikan rencana tersebut pada atasan Anda. Yakinkan atasan Anda, bahwa usaha sampingan tersebut tidak akan mengganggu pekerjaan Anda, dan tidak akan merugikan perusahaan. Ini menjadi salah satu cara, agar Anda tetap bisa berkomitmen kepada tugas utama sebagai karyawan.

Cukup mudah bukan? Selain mudah dijalankan, ternyata bisnis sampingan juga memberikan banyak keuntungan bagi Anda yang berstatus sebagai karyawan. Apa saja keuntungan yang bisa Anda peroleh?

  • Memperoleh tambahan income, untuk mencukupi kebutuhan yang semakin meningkat
  • Menjalankan bisnis sampingan, tidak mengharuskan Anda meninggalkan pekerjaan yang sudah ada. Karena bisnis sampingan bisa Anda jalankan di sela-sela waktu luang Anda.
  • Biasanya peluang bisnis sampingan bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil. Sehingga bisa disesuaikan dengan modal yang dimiliki para karyawan.
  • Sebagai alternatif untuk mengantisipasi adanya PHK maupun masa pensiun. Jadi ketika Anda berhenti bekerja, sudah ada bisnis yang siap Anda jalankan.
  • Sebagai sarana untuk memperoleh kepuasan pribadi. Banyak karyawan yang menjalankan bisnis sampingan untuk menyalurkan hobi yang mereka miliki. Sehingga bisa mengurangi adanya stress kerja.

Demikian berita info bisnis untuk pekan ini, semoga dengan adanya informasi batasan-batasan serta keuntungan dalam menjalankan bisnis sampingan, bisa membantu para karyawan untuk mengetahui cara mudah menjalankan bisnis sampingan. Jangan pernah takut untuk mencoba, karena peluang tidak akan datang dengan sendirinya. Selamat berkarya dan salam sukses.
Sumber gambar : http://sumpek.files.wordpress.com/2008/11/busines-sendiri.jpg

7 thoughts on “Cara Mudah Menjalankan Bisnis Sampingan”

  1. Saya ingin usaha budi daya ikan lele kolam terpal,tapi gimana cara supya tdk mengganggu sama kerjaan saya,yg saya tanyakan gmna cara u/ budi daya ikan lele.mlai dari ukuran kolam,makanannya,isi maksimal u/kolam,dan pupuk”nya terimah kasih

    Reply
  2. Wahai orang2 yg beriman!Maukah kamu Aku tunjukkan suatu perdagangan (bisnis/usaha) yg dapat MENYELAMATKAN kamu dari AZAB yg pedih?(yaitu)kamu beriman kepada Alloh dan RosulNya & berjihad dijalan Alloh dg HARTA & jiwamu. Itulah yg lebih baik jika kamu mengetahui.(QS As Shaff(61):10-11)
    Itulah 2 ayat yg menyemangati para sahabat (lbh khusus lagi 10 sahabat yg dijamin masuk surga).Beliau2 bgtu gigihnya untuk berbisnis utk kehidupan diri/keluarga serta dakwak Rosululloh.Mereka bersaing (fastabikhul khoirot) utk menginfakkan hartanya dlm rangka utk BERBISNIS dg Alloh Azza wa Jalla.Mereka faham benar bhw kehidupan dunia ini adlah temporer sifatnya dibanding kehidupan akhirat yg kekal abadi. Itulah cara berfikir yg cedas, makanya ketika Rosululloh ditanya, siapa sebenarnnya orang cerdas/pintar itu?Rosul saw menjawab bhw org yg cerdas itu adlh orang yg selalu berfikir akan kehidupan di akhirat (berpikirnya jangka panjang) kelak dan selalu bermuhasabah (menghisab dirinya sebelum kelak dihisab oleh Allah azza wa jalla.Kalau kita berpikir spt ini tdk saja kita berpikir dalam jangka waktu dimensi dunia spt apa yg dilakukan oleh Einstein,Newton,Alfa Edisson dll yg paling panjang berpikirnya paling2 seusia dunia ini (maksimal),tapi jauuuh lebih panjang lagi. Itulah kecerdasan hakiki menurut Rosululloh saw. Mulai sekarang definisi cerdas/pintar hrs kita UBAH!Dalam mendidik anak(keluarga) serta umat kita orietasikan spt definisi Rosululloh ini, insyaAlloh secara perlahan namun pasti kita akan bisa melihat generasi robbani/qur’ani mendekati generasi para sahabat, amin.
    Dari Inspirasi 2 ayat diatas,kami dan para ikhwah(teman) mendirikan Majelis Al Qudwah yg bergerak dalam dakwah2 yang bersifat bil lisan, bil qolam serta bil hal, antara lain konsultasi Keluarga Sakinah mawwadah wa rohma, konsultasi Pendidikan(sekolah) utk anak2&remaja secara Islami,menyantuni anak yatim(anak tidak mampu sekolah),memenuhi permintaan tenaga dai,ustadz/ustadzah untuk mengisi ta’lim di masjid2, pabrik2,kantor2,sekolah2,perumahan2 dll, konsultasi bisnis syariah,penerbitan&permintaan pembuatan buletin/artikel keislaman, manajemen masjid/ZIS,Pemondokan Buruh Pabrik yg ber-income dibawah UMR/K,gratis (Dalam Rencana),Pendirian Lembaga Pendidikan Islam (Rencana),Koperasi Syariah (Rencana),Desa/dusun binaan (Rencana) dll. Kami tdk terikat oleh ormas/parpol tertentu,tp kami HANYA diikat oleh ALLOH AZZA WA JALLA. Majelis Al Qudwah memberikan PELUANG BISNIS ini kpd para Bpk/ibu/sdr2 untuk mendapatkan keuntungan yg maha besar (di ayat selanjutnya (12)).InsyaAlloh Alloh akan melipatgandakan bila Bpk/Ibu/Sdr2 terlibat dalam BISNIS ini (menafkahkan HARTA).”Barang siapa berbuat kebaikan (al:bersedekah/berinfak) mendapat balasan 10kali lipat amalnya….(QS Al-An’am 160).Kita juga akan masuk dalam katagori orang2 bertaqwa :”Dan bersegeralah mencari ampunan dari Tuhanmu&mendapatkan Surga yg luasnya seluas langit dan bumi,yg disediakan bagi orang2 yang bertaqwa (yaitu) orang yg berinfaq, baik diwaktu LAPANG maupun SEMPIT….(QS Ali-‘Imron 133-134), ayo Bpk/Ibu/Sdr2 ,partisipasinya untuk MENGINVESTASIKAN sebagian HARTANYA kami tunggu dengan SANGAT. Hubungi kami Drs Bambang Setyo Haryono Islan 03437652843,081252326037,085815279165,085852586583,Jl Raya Pandaan-Bangil Km 3,5 Pandaan Pasuruan Jatim Indonesia, email ayongislan@yahoo.com No Rek.Bank Muamalat 9000274999 an Bambang Setyo Haryono (bisa ditransfer via ATM Bersama:BCA,Mandiri,BNI,BRI dll).InsyaAlloh HARTA sdr akan kami gunakan (amanah)di jalan Alloh(fii shabilillah)

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba