Manajemen UKM, Peluang Bisnis, Peluang usaha

Cara Mudah Menjalankan Bisnis Sampingan

ilustrasi bisnis sampingan karyawanMenghadapi kebutuhan hidup yang semakin mahal, mendorong sebagian besar karyawan untuk berupaya mencari tambahan penghasilan guna mencukupi semua kebutuhan mereka. Tentu tambahan penghasilan yang dimaksud, bukan hanya menunggu adanya kenaikan gaji dari perusahaan. Mencari peluang bisnis yang bisa dikerjakan di sela-sela waktu luang, menjadi solusi tepat bagi permasalahan yang sering dihadapi para karyawan.

Berstatus sebagai karyawan, bukan menjadi suatu penghalang untuk sukses berbisnis. Bahkan kondisi tersebut cukup menguntungkan, sebab Anda tidak perlu bingung mencari dana untuk modal usaha. Gaji yang Anda dapatkan tiap bulannya, bisa Anda kumpulkan untuk memulai bisnis sampingan.

Menjalankan bisnis sampingan tidaklah sesulit yang dibayangkan banyak orang. Sebab sekarang ini banyak peluang usaha sampingan yang bisa dijalankan para karyawan, di sela-sela waktu luang mereka. Dengan memanfaatkan peluang yang ada di lingkungan sekitar, serta mengetahui batasan-batasan dalam menjalankan bisnis sampingan. Karyawanpun bisa sukses menjalankan usaha tanpa harus menggangu pekerjaan utama.

Untuk mengetahui cara mudah menjalankan bisnis sampingan, berikut kami informasikan batasan-batasan yang perlu diperhatikan karyawan ketika menjalankan bisnis diluar pekerjaan :

1. Yang terpenting Anda bisa membagi waktu, pikiran dan tenaga, untuk tetap bisa fokus pada pekerjaan kantor maupun bisnis yang Anda dirintis. Sehingga tidak ada salah satu pihak yang dirugikan. Jangan sampai gara-gara terlalu capek menjalankan bisnis sampingan, tugas kantor Anda jadi terbengkalai. Apalagi jika Anda harus bolos kerja, gara-gara urusan bisnis. Tentu ini akan membahayakan posisi Anda di kantor bukan?

2. Yang tidak kalah penting lagi adalah pilih peluang bisnis yang tidak mengganggu tugas dan tanggungjawab Anda sebagai seorang karyawan. Pilih peluang bisnis yang tidak terlalu rumit dijalankan, karena waktu luang Anda juga terbatas. Jika Anda harus bekerja selama 8 jam setiap harinya, maka sebaiknya pilih peluang usaha yang tidak membutuhkan konsentrasi cukup tinggi. Hal ini untuk mengantisipasi turunnya konsentrasi saat bekerja, karena bagaimanapun juga pekerjaan kantor menjadi tugas utama Anda.

3. Kerjakan dua peran Anda secara optimal. Ketika menjadi karyawan, selesaikan pekerjaan dengan baik. Sedangkan sebagai pelaku bisnis, Andapun harus bisa fokus memanfaatkan waktu selepas jam kerja untuk menjalankan bisnis sampingan. Sehingga kedua peran tersebut bisa berjalan beriringan.

4. Jangan pernah menggunakan fasilitas kantor untuk keperluan bisnis Anda. Hal ini perlu Anda perhatikan, sebab hal tersebut merupakan kecurangan besar yang bisa berakibat fatal. Jangan sampai tindakan tersebut membuat Anda kehilangan pekerjaan. Biasakan untuk memisahkan urusan pekerjaan, dengan urusan bisnis Anda.

ilustrasi memulai bisnis sampingan5. Sebelum menjalankan bisnis sampingan, sampaikan rencana tersebut pada atasan Anda. Yakinkan atasan Anda, bahwa usaha sampingan tersebut tidak akan mengganggu pekerjaan Anda, dan tidak akan merugikan perusahaan. Ini menjadi salah satu cara, agar Anda tetap bisa berkomitmen kepada tugas utama sebagai karyawan.

Cukup mudah bukan? Selain mudah dijalankan, ternyata bisnis sampingan juga memberikan banyak keuntungan bagi Anda yang berstatus sebagai karyawan. Apa saja keuntungan yang bisa Anda peroleh?

  • Memperoleh tambahan income, untuk mencukupi kebutuhan yang semakin meningkat
  • Menjalankan bisnis sampingan, tidak mengharuskan Anda meninggalkan pekerjaan yang sudah ada. Karena bisnis sampingan bisa Anda jalankan di sela-sela waktu luang Anda.
  • Biasanya peluang bisnis sampingan bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil. Sehingga bisa disesuaikan dengan modal yang dimiliki para karyawan.
  • Sebagai alternatif untuk mengantisipasi adanya PHK maupun masa pensiun. Jadi ketika Anda berhenti bekerja, sudah ada bisnis yang siap Anda jalankan.
  • Sebagai sarana untuk memperoleh kepuasan pribadi. Banyak karyawan yang menjalankan bisnis sampingan untuk menyalurkan hobi yang mereka miliki. Sehingga bisa mengurangi adanya stress kerja.

Demikian berita info bisnis untuk pekan ini, semoga dengan adanya informasi batasan-batasan serta keuntungan dalam menjalankan bisnis sampingan, bisa membantu para karyawan untuk mengetahui cara mudah menjalankan bisnis sampingan. Jangan pernah takut untuk mencoba, karena peluang tidak akan datang dengan sendirinya. Selamat berkarya dan salam sukses.
Sumber gambar : http://sumpek.files.wordpress.com/2008/11/busines-sendiri.jpg

SHARE YUK!