Catering Makanan Lebaran, Peluang Menggiurkan Menjelang Hari Raya!

Catering makanan lebaran jadi ide bisnis yang bisa segera kamu eksekusi nih. Selama lebaran, menyantap makanan khas idul fitri tentu sudah jadi kewajiban. Sayangnya tidak semua kelompok masyarakat bakalan bisa menikmati makanan lebaran. Pemerintah telah melarang masyarakat untuk pulang kampung, jadi bakalan banyak orang yang terpaksa lebaran di tanah perantuan.

Situasi ini bisa kamu manfaatkan dengan menghadirkan catering makanan lebaran. Tentu banyak orang yang merasa terbantu jika ada makanan khas lebaran yang bisa dipesan. Setidaknya hal ini bisa sedikit mengobati rasa rindu orang-orang akan kampung halaman.

Kalau kamu serius menggarap peluang ini, bukan tidak mungkin kamu bisa membuka bisnis Catering yang tidak hanya terbatas di lebaran. Anggap saja usaha ini jadi batu loncatan untuk memulai usaha di bidang kuliner.

Supaya semakin mantab, yuk pahami dulu peluang, risiko, hingga cara pemasaran Catering makanan lebaran yang tepat!

Langkah Memulai Bisnis Catering Makanan Lebaran

Siapkan Modal Bisnis

Tidak ada bisnis yang tidak perlu mengeluarkan modal di awal berdiri, termasuk juga catering makanan. Dana memulai catering memang tidak sedikit, jadi perlu dipersiapkan jauh-jauh hari. Modal yang kamu perlukan tidak hanya untuk membeli bahan, tetapi juga wadah pembungkus atau kemasan, sekaligus aksesori (jika memungkinkan).

Jangan lupa untuk membuat rencana laporan keuangan keluar dan masuk supaya modal dan juga keuntungan yang kamu dapatkan jelas. Jangan lupa untuk membuat evaluasi keuangan.

Tentukan target konsumen

Siapa target konsumen yang ingin kamu sasar? Kamu harus bisa memetakan kelompok masyarakat yang sekiranya cocok dengan produkmu. Contoh: kelompok masyarakat mana yang biasanya membeli makanan lebaran alih-alih membuat sendiri? Biasanya kelompok anak kosan, kelompok pekerja rantau, hingga masyarakat perkotaan yang lebih memilih pesan makanan.

Pemetaan tersebut berpengaruh pada penentuan harga hingga bentuk penyajian. Jadi pastikan kamu telah melakukan riset terlebih dahulu. Riset sederhana bisa dilakukan dengan memantau media sosial.

Catering Makanan Lebaran, Peluang Menggiurkan Menjelang Hari Raya!
halodoc.com

Penentuan Menu

Poin spesial dari lebaran adalah makanan yang disajikan berbeda dengan masakan sehari-hari. Catat menu makanan apa saja yang jadi ciri khas selama lebaran. Sebagai contoh, makanan paling umum yang disantap antara lain: sambal ati, rendang daging, opor ayam, ketupat, hingga kering tempe.

Karena harga daging yang mahal, kamu bisa membuat paketan menu. Misal menu 1 lengkap: kupat, opor, sambal ati, rendang daging, kering tempe. Menu 2: opor, kupat, dan sambal ati. Menu 3: rendang daging dan kupat. Dengan paketan menu seperti itu, kamu punya tingkatan pelanggan yang lebih luas.

Berikan Harga yang Wajar

Kalau sudah menentukan menu, saatnya memberikan label harga yang sesuai. Ingat, tidak semua pelangganmu mau membeli dalam porsi besar, jadi lebih baik kalau kamu punya range harga.

Buat menu dalam 3 porsi: porsi single, prosi dua orang, porsi keluarga. Untuk porsi single, berikan rentang harga yang tidak terlalu mahal. Porsi keluarga, kamu bisa mematok harga 150 hingga 300 ribu rupiah. Untuk menentukan harga yang pas, kamu perlu menghitung modal dengan tepat.

Buat Akun Media Sosial

Jika ketiga hal tersebut sudah kamu jalankan, saatnya masuk ke step terakhir. Agar catering makanan lebaranmu punya daya beli yang luas, mau tidak mau kamu harus memiliki akun media sosial. Platform digital yang dijadikan tempat mencari rekomendasi catering biasanya adalah instagram. Gunakan akun instagram bisnis supaya jualanmu lebih maksimal.

Trik Pemasaran Jitu Untuk Catering Makanan Lebaran!

Kalau sudah mempelajari langkah awal membangun bisnis satu ini, saatnya kamu masuk ke tahap krusial: memasarkan catering kepada pelanggan. Menjual jasa catering seperti ini gak bisa dong hanya pakai cara konvensional saja. Sekarang ini zamannya teknologi, siapa yang tidak bisa memanfaatkan teknologi bakalan tersingkir.

Tadi di atas sudah disinggung sedikit tentang membuat akun sosial media. Yuk kita mulai dari penggunaan platform digital!

Bergabung di Marketplace

Sekarang ini UMKM dituntut untuk memaksimalkan penggunaan platform digital. Cara ini dipandang bisa membuat usaha lebih stabil, meskipun sedang terjadi penurunan tingkat beli.

Ada banyak pilihan marketplace sebagai tempat jualan. Ada marketplace bukalapak, Shopee, hingga Tokopedia. Marketplace biasanya memang digunakan untuk pengiriman jauh, tapi untuk pengiriman wilayah kota juga bisa banget lho!

Untuk berbisnis via marketplace, kamu juga perlu tau trik-triknya. Ingat, kamu juga masih bersaing dengan toko online lainnya. Untuk itu  pastikan kata kunci yang kamu gunakan adalah yang sering dicari oleh konsumen. Lalu, gunakan deskripsi yang singkat, padat, dan jelas. Penggunaan video adalah poin plus.

Visualisasi Makanan

Kalau ada yang lihat catering makanan lebaranmu tapi fotonya berkualitas jelek, tentu akan mikir dua kali untuk order. Sejauh mana kualitas foto yang kamu gunakan memengaruhi tingkat profesionalitas brandmu di hadapan pelanggan.

Jadi tidak ada salahnya kalau kamu belajar tentang fotografi terlebih dahulu sebelum memasarkan makananmu. Atau kalau kamu punya anggaran lebih, bisa juga sewa fotografer makanan profesional.

Pokoknya pastikan menggunakan foto yang jelas serta angle yang pas. Berikan deskripsi singkat dan jelas tentang menumu. Jangan lupa juga buat daftar menu yang bagus dan mudah terbaca agar pelanggan gampang ketika ingin memilih.

Gunakan logo merek

Apakah kamu adalah satu-satunya catering makanan lebaran? Jelas, tidak. Banyak kompetitor di luar sana yang juga mengambil peluang bisnis ini. Oleh karena itu, pastikan kamu punya pembeda yang bisa menunjukan identitas merekmu. Cara paling mudah adalah dengan membuat logo sendiri.

Nah di atas adalah langkah membuat usaha catering makanan lebaran. Yuk segera eksekusi peluang bisnis satu ini!

Leave a Comment