Liputan UKM

Cintai Produk Dalam Negeri Melalui Texcraft 2010

Jogja Expo Center (tc1JEC) yang beralamat di Jl. Janti Bantul Yogyakarta, kembali menjadi tempat diadakannya salah satu event besar. Adalah texcraft 2010 yang kali ini diadakan di Hall B dan C JEC. Event tahunan yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) D.I. Yogyakarta ini adalah yang keenam kalinya. Pameran texcraft (The International Texstile & Handycraft Exhibition) 2010 dibuka oleh Kepala Badan Pengembangan Export Nasional (BPEN), mewakili Menteri Perdagangan RI pada Rabu (21/07), dan berlangsung selama lima hari hingga Ahad (25/07). Bekerjasama dengan PT. Medialink Internasional selaku event organizer dan Dinas Perindagkop DIY, Dekranas tercatat sudah mengadakan texcraft sebanyak enam kali.

Ada yang istimewa dalam texcraft 2010 kali, yakni dengan turut sertanya stand dari Trengganu Malaysia. Pada pameran berskala internasional ini, rencananya akan diikuti oleh 179 peserta yang tidak ketinggalan pula dari beberapa daerah di Indonesia, antara lain Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta, Jawa Titc2mur, Kalimantan Timur, dan Nusa Tenggara Barat. Berbagai macam kerajinan dan hasil tekstil para peserta yang beragam itu, dipamerkan di event tersebut, bahkan selain dipamerkan, juga dipasarkan. Tidak hanya menghadirkan stand pameran, texcraft 2010 juga mengadakan Penjualan Langsung, Demo Produk, dan Gelar Seni.

Dalam event yang bertajuk “Indonesia Textile and Craft Showcase 2010”, para pengunjung dijamin akan merasa puas berkunjung ke JEC. Dengan harga tiket masuk hanya Rp. 2.000,- per orang, dan buka selama lima hari (21-25/07) pukul 10.00-21.00 WIB, para pengunjung bisa melihat-lihat ragam hasil kerajinan dari berbagai daerah, bahkan luar negeri. Selain itu, dengan tersedianya foodcourt, para pengunjung tidak perlu khawatir jika perut terasa lapar.

Dengan adanya event ini, diharapkan bisa menjadi sarana bagi UKM, khususnya yang ada di wilayah DIY, untuk mengenalkan produk mereka dikancah internasional. Selain itu, harapan utama dari diadakannya event ini adalah untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat akan produk dalam negeri, yang tidak kalah saing dengan berbagai gempuran produk asing di era pasar global saat ini. Jadi jangan sampai Anda lewatkan event besar yang buka selama lima hari (21-25/07) ini.

SHARE YUK!