Cuci Helm, Bisnis Alternatif Bisnis Inovatif

helmet

Bagi pengendara sepeda motor, helm merupakan salah satu faktor penunjang keselamatan dalam berkendara. Namun bayangkan jika dari dalam helm yang digunakan sebagai penunjang keselamatan itu, tercium bau yang tak sedap, pastinya akan mengurangi kenyamanan bagi pengguna dalam berkendara. Namun walaupun demikian mungkin banyak dari kita yang tidak tahu bagaimana mencuci helm dengan sebagaiman mestinya. Oleh karena itu nampaknya peluang usaha dari bisnis cuci helm ini dapat dijadikan salah satu alternatif peluang bisnis.

Nampaknya peluang bisnis cuci helm ini menjadi semakin besar manakala kita sadari bahwa hampir setiap pengendara motor harus menegakkan perlengkapan pelindung ini setiap kali bepergian dengan sepeda motor, apalagi kini lebih sering diadakan penertiban dalam menggunakan helm standart.Investasi awal yang dikeluarkan tidak terlalu besar dan tidak membutuhkan banyak tempat menjadikan peluang usaha ini menjadi semakin menarik.

Konsumen
Pengguna jasa cuci helm adalah para pengguna sepeda motor yang memakai helm sebagai pelindung kepala mereka, dari mulai anak muda hingga orang tua menggunakan helm namun tidak bisa mencucinya. Oleh karena itu adanya jasa cuci helm banyak dicari para pengguna helm.

Peralatan usaha
Untuk menjalankan bisnis cuci helm, diperlukan beberapa alat untuk mencuci helm tersebut. Berikut peralatan yang dibutuhkan untuk memulai bisnis cuci helm:
– pompa air
– vakum
– hair dryer
– selang air
– sikat lembut / kuas khusus
– obeng
– sabun helm
– bahan pelembut
– pewangi helm
– obat poles

Helm 2

Pemasaran
Karena jenis usaha ini masih relatif belum dikenal oleh masyarakat luas maka strategi marketing menjadi salah satu hal yang perlu menjadi perhatian. Promosi dapat dilakukan secara konvensional yakni dengan menggunakan spanduk, banner atau brosur bahkan diadakan promo dan demo langsung cara pencucian helm. Agar masyarakat dapat langsung mengetahui proses dan hasilnya.

Kelebihan usaha
Peluang pasar bisnis cuci helm masih sangat luas, karena belum banyak yang menjalankan usaha ini. Oleh karena itu peluang untuk memperoleh konsumen sebanyak – banyaknya, dapat diwujudkan dengan mudah. Selain itu bisnis ini juga tidak membutuhkan modal besar, karena peralatannya tidak terlalu mahal.

Kekurangan usaha
Karena usaha ini baru, jadi promosi untuk mengenalkan bisnis ini harus selalu digencarkan. Bila pemasarannya kurang bagus, bisa jadi bisnis ini tidak bisa bertahan lama.

Kunci Sukses
Dalam menjalankan bisnis cuci helm, harus ada inovasi baru yang dapat menarik minat para konsumen. Misalnya saja dengan memberikan layanan cuci helm kilat, dengan hanya menunggu 1 jam saja helm konsumen sudah kembali kinclong. Selain itu bisa juga dengan menambah varian pewangi yang dipakai, jadi para konsumen semakin tertarik untuk datang lagi ke outlet Anda karena wangi helm mereka beraneka macam.

Analisa Ekonomi

Harga cuci per helm adalah Rp 10.000,.

Modal awal
Mesin Oven                     Rp  2.500.000,.
Vakum                          Rp  1.500.000,.
Dryer                          Rp   100.000,.
1 paket alat pembersih         Rp   500.000,.
Sewa tempat /bulan             Rp   400.000,.+
Jumlah                         Rp 5.000.000,.

Biaya Operasional
Listrik                        Rp  200.000,.
Bahan pembersih                Rp  300.000,.
Sewa Tempat/bulan              Rp  400.000,.
Sparepart helm                 Rp  300.000,.+
Jumlah                         Rp1.200.000,.

Pemasukan
1 hari minimal pelanggan 10helm
Omset+laba bersih/ hari
10 x Rp  10.000,.       =      Rp   100.000,.
Laba kotor/ bulan
30 x Rp 100.00,.        =      Rp 3.000.000,.

Laba bersih/ bulan
Rp 3.000.000 - Rp 1.200.000,.     =   Rp 1.800.000,.

Semoga dengan adanya artikel peluang usaha cuci helm, bisnis alternatif  bisnis inovatif, dapat menjadi inspirasi bisnis bagi Anda. Salam sukses.

sumber gambar:http://www.google.co.id/imglanding?q=bisnis cuci helm&imgurl
 

77 Komentar

  1. hi,,, tolong beritahu dimana alat” ini dijual dan bagaimana cara pemakaian nya. karena saya sudah cari tapi belum juga mendapat barang yang sesuai budget saya. dan terimakasih atas artikel nya. thx

  2. brp harga alatnya, dmn bs mendapatkanya , n gmn cr krjanya serta prlu wkt brp dlm pengerjaanya?
    thanx b4

  3. mohon informasinya tentang tempat pembelian alat cuci helm dan informasi lainnya.. dwi susilo banten

  4. saya sangat tertarik dengan bisnis ini.tolong dong bagi2 infonya…beli peralatan cuci helmnya dmna?
    trus caranya juga bagaimana?
    please ya….
    saya tunggu…
    terimakasih sebelumnya

  5. mohon infonya gan,. kirim ke email saya,. merk sabun,. ukuran sikat dsbnya.. prosesnya juga yah… tlg.. terimakasih…

  6. Mohon penjelasan cara kerjanya & peralatannya beli dimana saya di Makassar Sulawesi Selatan, Tolong lewat email, Terimakasih.

  7. Beli alat2nya dmn?minta jelaskan cara kerja nya.secepatnya soalnya sy tertarik usaha cuci helm ini.mksh

  8. salam..
    saya tertarik untuk memulai usaha cuci helm..tolong beritahu ke saya,,Bagaimana cara kerjanya dan dimana sy bs membeli alat2 cuci helm? peluang yg sngt bagus, dikota sy belum ada. Mohon infonya
    Terima kasih.

  9. Mohon penjelasan cara kerjanya & peralatannya beli dimana saya di semarang Jawa Tengah, Tlong lewat email, Makasih

Comments are closed.