Berawal Dari Hobi Ternyata Bisa Menghasilkan Uang?

Berawal Dari Hobi Ternyata Bisa Menghasilkan Uang?

Apa benar melihat peluang usaha dari hobi ternyata bisa menghasilkan uang? Penasaran caranya? Yuk, kita simak penjelasan berikut bagaimana caranya menghasilkan uang dari hobi ini.

Banyak orang yang mengatakan bahwa peluang usaha di kampung lebih sempit dibandingkan diperkotaan. Sehingga masyarakat harus berbondong-bondong ke kota bahkan ke luar negeri untuk mendapatkan income besar.

Padahal, Tanah air kita ini sangat kaya, bahkan ada pepatah mengatakan tongkat kayu dan batu pun bisa jadi tanaman. Penduduknya yang padat sehingga potensi pasarnya masih sangat besar.

Saat ini peluang usaha bisa muncul dari mana saja dan tidak hanya menjadi monopoli warga perkotaan saja, akan tetapi bisa saja muncul di daerah terpencil sekalipun. Tinggal bagaimana kita mengamati, apa saja kebutuhan warga setempat yang bisa dipenuhi oleh kita atau bisa juga dimulai dari hobi dan kegemaran.

Ada berbagai macam hobi yang menghasilkan uang yang dijadikan sebagai modal memulai usaha. Contohnya hobi memasak, makeup, fotografi, mengambar, membaca, menulis, merawat tanaman dan lain-lain. Hobi bisa memberikan kita hiburan dan menghindari diri dari stress. Tapi, jangan sampai hobi yang ditekuni malah menghabiskan uang. Hobi yang menghasilkan uang tentunya bukan hanya bermanfaat untuk kita namun juga menguntungkan. Bukankah akan lebih enak kalau kita bisa mengubah hobi ini dari menghabiskan uang jadi mendatangkan uang?

Rahasia Menekuni Hobi Yang Menghasilkan Uang

Lalu apakah memang mungkin hobi yang kita jalani bisa mendatangkan uang? jelas bisa tentunya. Katanya sih usaha yang dimulai dari hobi akan bisa berkembang dengan baik. Ini bukan hanya pendapat semata-mata, tetapi didukung juga dengan riset dari pengamat wirausaha dari Amerika Serikat yaitu Thomas Stanley. “Dia menyatakan dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa 86% orang yang sukses dalam usaha dan karir karena mencintai dan meminati bidang usaha yang digelutinya.”

Hobi bukan hanya sekedar kesenangan semata tetapi bisa dikembangkan menjadi sebuah bisnis. Lalu bagaimana caranya? Ada beberapa cara yang perlu dilakukan, yaitu :

Pertama Hobi Yang Menghasilkan Uang

Tekuni hobi yang menjadi kegemaran kita sehingga kita bisa menjadi praktisi terbaik dalam bidang itu. Misalnya, apabila kita mempunyai hobi memasak maka bercita-citalah menjadi juru masak yang handal. Bagaimana caranya? Tentunya dengan menambah jam terbang dalam mengasah kemampuan dalam memasak.

Luangkan lebih banyak waktu untuk mengasah keterampilan dalam bidang memasak atau menambah pengetahuan dengan mengikuti kursus memasak. Kita juga bisa memperbanyak pengetahuan dengan mengikuti pelatihan atau seminar-seminar mengenai memasak. Perbanyaklah membaca buku seputar memasak dan lakukan praktek terus-menerus agar masakan yang kita hasilkan bisa layak jual dan disukai orang. Perbanyak teman atau partner yang sama-sama menekuni hobi yang sama. Sehingga menambah wawasan dengan sharing-sharing mempelajari menu baru, baik menu lokal maupun menu mancanegara.

Kedua Hobi Yang Menghasilkan Uang

Carilah peluang usaha dari hobi yang kita tekuni, mempertimbangkan apakah berpotensi bisnis atau tidak. Percuma saja apabila hobi yang kita tekuni namun ternyata tidak memiliki prospek bisnis. Jadi lakukan survey pasar kecil-kecilan apakah produk yang kita hasilkan cukup diminati pasar.

Pada dasarnya semua hobi itu bisa menghasilkan uang, asalkan kita tahu dimana celahnya untuk menjaring peluang dari hobi tersebut. Bahkan hobi belanja pun bisa jadi peluang usaha. Di luar negeri, ada pusat pembelanjaan, terutama bagian fashion, yang menyediakan “pembelanja pribadi”, yaitu konsultan yang mendampingi konsumen ketika belanja. Mereka yang memberi pertimbangan baik-buruk, pantas tidak pantas untuk konsumennya yang ragu dengan model fashion yang dipilihnya.

Ketiga Hobi Yang Menghasilkan Uang

Belajar dari mentor-mentor yang sudah sukses di bidangnya. Jangan binggung atau menganggap hal ini sulit, di manapun tempatnya pasti ada orang yang sudah sukses menjalankan usaha yang kita tekuni, maka tidak ada salahnya untuk menghubungi orang tersebut dan belajar bagaimana menghasilkan karya yang baik.

Selain kita bisa menjalin hubungan dengan mentor yang telah sukses, kita bisa lebih termotivasi untuk mengikuti jejaknya. Bahkan bisa saja dengan seiring berjalannya waktu, kita bisa memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan para mentor sukses untuk mengembangkan usaha kita lebih luas. Hal yang lebih penting lagi, produk yang kita hasilkan akan dinilai oleh orang yang cukup berkompeten sehingga kita bisa mengadakan evaluasi secara terus menerus.

Keempat Hobi Yang Menghasilkan Uang

Mulailah dengan mencari dan bergabung dengan komunitas hobi yang kita tekuni. Dari sana kita bisa belajar banyak hal dengan saling membagi ilmu secara bertahap dan terus menerus. Komunitas atau asosiasi bisnis yang mewadahi hobi yang ditekuni biasanya mampu membantumu untuk belajar lebih dalam dengan hobi yang ditekuni.

Misalnya hobi memasak bisa bergabung pada komunitas atau klub memasak yang biasanya diadakan oleh majalah tertentu. Namun sekarang ini sudah sangat banyak bertebaran komunitas berbagai hobi. Bahkan komunitas seperti itu sekarang ini sudah berkembang sampai ke daerah-daerah pedesaan. Banyak manfaat yang bisa di dapatkan apabila aktif dikomunitas bisnis hobi, diantaranya bisa dapat info terbaru untuk meningkatkan kualitas produk kita, bisa juga dari info pelanggan baru, rekanan baru ataupun pemodal.

Kelima Hobi Yang Menghasilkan Uang

Rajinlah melakukan promosi dan penawaran produk atau jasa yang kita miliki. Caranya, dengan melakukan penawaran yang intensif hasil karya kita ke lingkungan terdekat kita. Bisa teman, tetangga, anggota komunitas bisnis atau bisa juga melakukan penawaran ke toko-toko terdekat.

Ingat, pada dasarnya peluang usaha bertebaran di mana-mana baik di kota maupun di desa. Bila kita memulai usaha dari hobi yang didasari kecintaan kita, maka insya Allah kesuksesan ada di depan mata.

Demikian tadi adalah 5 rahasia untuk menemukan peluang usaha dengan mengembangkan hobi.

3 Konsep Sukses Menekuni Hobi Yang Menghasilkan Uang

Hobi yang menghasilkan uang tentunya sangat mengguntungkan bagi kita. Selain sebagai hiburan dengan mengerjakannnya kita juga memperoleh pundi-pundi rupiah. Menjadi seorang pengusaha sukses dari hobi merupakan dambaan semua orang. Namun untuk menjadi seorang pengusaha sukses yang menekuni dari hobi memang bukan hal yang mudah. Beberapa faktor menjadi penentu dalam mengantarkan kita menjadi pengusaha sukses dari hobi tersebut,diantaranya :

1. Mencintai Pekerjaan/Hobi

Hal yang paling penting dalam mengembangkan peluang usaha dari hobi haruslah mencintai apapun yang dikerjakan. Orang-orang sukses selalu menikmati pekerjaan yang mereka kerjakan dan mengerjakannya dengan senang hati.

2. Kemauan dan Tekad Keras

Tidak cukup sampai disitu saja, untuk menekuni usaha dari hobi ini memang tidak bisa dipaksakan. Semua bersumber dari dalam diri masing-masing maka haruslah ada kemuan dari dalam diri. Kemauan yang keras, tekad yang kuat akan memberikan kemudahan dalam meraih kesuksesan.

3. Tindakan

Sukses tanpa adanya suatu tindakan adalah hal mustahil.  Tidak akan pernah membawa perubahan jika tidak ada tindakan. Ketika kita sudah memiliki kemauan keras dan tekad yang kuat untuk menekuni suatu usaha dari hobi yang kita miliki maka segera lakukan action. Kemudian buatlah perencanaan-perencanaan anggaran, strategi dan melihat pangsa pasar.

 

17 thoughts on “Berawal Dari Hobi Ternyata Bisa Menghasilkan Uang?”

  1. saya punya hobi menggambar. tapi bingung mau jadi apa. mau jadi arsitek tapi saya lebih sering gambar komik. komikus di indonesia kurang laku. gmn ya?

    Reply
  2. salam..
    saya hobinya merancang,saya ingin tau bagaimana cara memulai usaha atau bisnis dengan hobi saya ini??
    dan bagaimana supaya bisa berjalan dgn baik.
    saya ingin mempelajarinya..trm ksh

    Reply
  3. mba saya punya hobby di bidang kerajinan tangan.cuma saya binggung jika ingin di jadiin bisnis apa yang akan saya buat. dan saya ragu apa barang yang akan saya buat bisa terjual.

    Reply
  4. saya punya hobi gambar, tapi bidang saya geluti tidak sesuai dengan hobi saya yaitu perawat..
    bagaimana saya bisa menyalurkan hobi saya, padahal di bangku kuliah gak ada mata kuliah menggambar, semakin lama saya tidak dapat mengasah hobi untuk menjadi peluang usaha donk…

    Reply
    • mba april perawat ya?
      mbak berminat membuka peluang usaha? wah hebat dong perawat sekaligus pengusaha jadinya. jangan putus asa dulu mbak…kalo mbak bilang gak bisa ya jadinya emang gak bisa. kalo mbak optimis bisa insyaAllah juga jadi bisa. dengan emikian apapun masalahnya bukanlah hambatan untuk memulai usaha. Misalnya mbak ketika merawat anak-anak mbak bisa mengajarkan anak-2 menggambar yang baik. sekaligus berpromosi bahwa mba punya lembaga khusus mengasah kreativitas menggambar anak. wah potensinya besar lho mbak. pasar anak2 itu cukup potensial. mbak ga capek2 promosi. anak2 yang dirawat jg seneng banget mengambar, apalg lucu-2.
      kao sdh bgt bisa menyebar mulut ke mulut. di RS ini prawatnya asyik lho mau berobat ke situ aja ah, ntar diajari menggambar yan lucu2. gmn?
      masih banyak lagi yang lain mbak….cari sendiri ya optimis lah

      Reply
  5. Gemana ya untuk bisa menguatkan mental pengusaha.sedang sy tdk punya modal sama sekali,bs tdk sih jd pengusaha tanpa modal?caranya gmn ya

    Reply
  6. Saya sangat setuju dengan tulisan diatas. karena saya juga menjalankan bisnis berangkat dari hobby. Bisnis yang sekarang ditekuni adalah Bisnis “Figure action” sejenis miniatur tokoh kartun, musik dll. Semuanya berangkat dari hobby koleksi yang kemudian daya kembangkan menjadi usaha. Patut di coba untuk semuanya. karena berangkat dari hobby pada kita akan semangat dalam menjalankannya.
    Salam Sukses.

    Reply
  7. saya hobi ngeGYM,yang saya tanyakan apakah cocok buka usaha GYM untuk pemula,soalnya Gym modal tidak sedikit dan putaran uangnya lambat trus untuk sasaran hanya kaum muda yang punya hobi ngeGym ja?

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba