Energi Alternatif, Peluangnya Semakin Kompetitif

energi alternatifSeiring dengan makin minimnya cadangan energi minyak yang ada di alam saat ini, mendorong seluruh elemen masyarakat mulai melakukan berbagai penelitian untuk mengembangkan sumber energi alternatif yang bisa diperbaharui.

Berbagai macam cara dan upaya terus dilakukan masyarakat untuk mengganti sumber energi utama (bahan bakar minyak) yang persediaannya semakin menipis, dengan sumber energi terbarukan yang berasal dari alam sekitar. Sebut saja bahan bakar alternatif berupa biogas, biodiesel, bioetanol, fuel cell, dan lain sebagainya.

Nah, untuk mengetahui berbagai macam sumber energi yang bisa dimanfaatkan dalam menciptakan energi alternatif. Berikut ini kami informasikan beberapa sumber energi alternatif yang ada di lingkungan sekitar kita.

1. Sumber Energi Air
Sumber energi yang banyak digunakan masyarakat yaitu air. Kekuatan air yang mengalir dimanfaatkan masyarakat sebagai sumber energi alternatif untuk menciptakan Pembangkit Listrik Tenaga Air atau yang lebih dikenal dengan sebutan PLTA. Pembuatan PLTA sendiri dimulai dengan menampung air sungai yang berarus deras ke dalam sebuah waduk. Kemudian air dialirkan melalui pintu pengambil air, pengaturannya dilakukan di pusat pengendalian waduk tersebut. Dan ketika pintu waduk terbuka, air akan mengalir sangat deras melalui terowongan air sehingga turbin berhasil diputar dan menggerakan generator yang kemudian menghasilkan energi listrik.

2. Sumber Energi Matahari
Belakangan ini matahari mulai dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif. Energi matahari diubah menjadi energi listrik dengan menggunakan sel surya atau dikenal dengan sebutan sel fotovoltaik. Contohnya saja seperti pemanfaatan energi matahari untuk menghidupkan kalkulator, pemanas  air, sebagai sumber energi mobil tenaga surya, maupun sebagai bahan bakar utama kompor bertenaga surya.

3. Sumber Energi Bioenergibahan bakar alternatif
Bioenergi diturunkan dari biomassa, yaitu material yang dihasilkan oleh mahluk hidup berupa tanaman, hewan, maupun mikroorganisme. Indonesia memiliki banyak sumber daya alam hayati yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku bioenergi. Misalnya saja seperti bioenergi tradisional yaitu kayu bakar, serta bioenergi yang lebih modern meliputi bioetanol, biogas, biodiesel, dan lain sebagainya.

 

4. Sumber Energi Angin
Siapa sangka bila perpindahan udara atau yang disebut dengan angin ini bisa menghasilkan sumber energi alternatif yang berasal dari energi kinetik. Sumber inilah yang kemudian dipergunakan masyarakat untuk menggerakan kincir dan turbin, hingga akhirnya menghasilkan sumber tegangan listrik.

5. Sumber Energi Gelombang Permukaan Laut
Sekarang ini tidak hanya air sungai saja yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif. Gelombang permukaan air laut juga bisa dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO). Prosesnya mengandalkan gerakan naik turun atau gulungan ombak untuk menggerakan turbin hingga akhirnya menghasilkan sumber energi listrik.

Melihat energi alternatif peluangnya semakin kompetitif, tidak ada salahnya bila Anda memanfaatkannya untuk mendapatkan untung besar setiap bulannya. Ciptakan inovasi baru untuk mengatasi krisis energi di seluruh negeri, dan dapatkan untung berlimpah dari peluang bisnis energi alternatif. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://greenflexenergy.com/yahoo_site_admin/assets/images/alternative_energy.19984914_std.jpg
2. http://doanhnhanonline.com.vn/wp-content/uploads/2012/11/XangE5.jpg

1 Komentar

  1. saya tertarik bisnis bio etanol untuk info dan alamatnya dmn ya kami bisa mencarinya? .Arif Muadilin

Komentar ditutup.