Fitur Link BRI UMKM Yang Wajib UMKM Tahu dan Pahami

Fitur Link BRI UMKM yang diluncurkan oleh pihak Bank Rakyar Indonesia telah membantu menyediakan berbagai informasi dan layanan yang dapat membantu UMKM untuk berkembang dan naik kelas. Platform ini hadir sebagai media untuk memberdayakan dan membantu mengembangkan UMKM. Harapannya setelah bergabung dengan platform ini pelaku usaha akan semakin bertambah wawasan bisnis dan

Manfaat dari platform Link UMKM ini untuk update informasi dimana pelaku usaha UMKM dapat asupan informasi mengenai pengembangan bisnis. Mendapatkan bahan pelatihan, konsultasi dan menajemen keuangan untuk mengembangkan bisnis. Mempromosikan produk di etalase digital dengan begitu produk dapat dipasarkan dengan jangkauan yang jauh lebih luas.

Selain manfaat diatas manfaat lain dari bergabung dengan platform Link UMKM adalah pelaku UMKM bisa bergabung dengan komunitas. Sehingga mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan mitra bisnis. Untuk dapat bergabung dengan Link UMKM hanya dengan mengisi form registrasi. Dengan begitu UMKM akan mendapatkan pelatihan pada menu yang tersedia di baranda.

Berikut ini ada 6 fitur utama dari platform Link UMKM yang berfungsi sebagai informasi dan layanan yang dapat digunakan pelaku UMKM agar bisa berkembang dan naik kelas. Yuk kita simak fitur utama Link UMKM berikut :

Dashboard

Pada fitur ini Link UMKM terdapat menu dashboard yang berisi laporan yang dibutuhkan oleh manajemen. Khusus untuk menu yang satu ini hanya bisa diakses oleh user saja atau UMKM yang sudah mendaftar. Untuk UMKM yang belum mendaftar dan ingin dapat mengakses halaman ini bisa mendaftar pad ahalaman platform linkumkm.id. Apabila sudah selesai menyelesaikan proses pendaftaram UMKM bisa langsung bergabung dengan komunitas yang diinginkan. UMKM pun dapat memajang atau memamerkan produk pada etalase digital.

Rumah BUMN

Fitur pertama yang menguntungkan bagi pelaku UMKM adalah UMKM bisa mendapatkan berbagai informasi lengkap terkait Rumah BUMN. Mulai dari titik lokasi Rumah BUMN terdekat, data Rumah BUMN beserta dengan produk unggulannya.

Tidak hanya itu saja namun lengkap dengan informasi jadwal pelatihan serta lokasi. Fitur Rumah BUMN ini memberikan pendampingan dan mendorong pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis. Mulai dari peningkatan kompetensi, akses, pasar dan kemudahan dalam permasalahan permodalan.

Berdasarkan linkumkm.id menyatakan bahwa Rumah BUMN ini sebagai upaya peberdayaan ekonomi rakyat, khususnya bagi para pelaku UMKM. Kementrian BUMN bersama perusahaan milik negara membangun Rumah BUMN sebagai rumah bersama untuk berkumpul, belajar dan membina UMKM menjadi UMKM Indonesia yang berkualitas.

Rumah BUMN ini akan mendampingi dan mendorong para pelaku UMKM dalam menjawab tantangan utama. Masalah pengembangan usaha UMKM dalam hal peningkatan kompetensi, peningkatan akses pemasaran dan kemudahan akses permodalan.

UMKM Smart

Dalam fitur UMKM Smart ini ada 4 menu diantaranya ada pelatihan, konsultasi, literasi keuangan dan KUR. Program pemberdayaan UMKM melalui digitalisasi ini ada layanan pelatihan yang dilengkapi dengan modul. Acuan utama dari modul pelatihan pengembangan UMKM ini ada parameter UMKM skala usaha, kepemimpinan, pola pikir, budaya, inovasi, pemasaran, operasional, keuangan, SDM, legalitas dan kepatuhan kepedulian sosial & lingkungan, pemahaman pasar & industri dan manajemen rantai pasokan.

Pada fitur ini UMKM dapat mengakses modul pelatihan atau disebut dengan Soft Competency untuk dpaat mengikuti pelatihan. Pelatihan tersebut meliputi modul bacaan, infografis, podcast dan video. Kemudian jika sudah selesaikan post test pelatihan kelas tradisional dan modern secara bertahap. Kemudian nantinya akan diberikan hadiah menarik yakni pendampingan UMKM untuk dapat pendampingan persiapan produk go Internasional.

Media

Pelaku UMKM mendapatkan informasi terkini terkait dengan kewirausahaan, inovasi dan pengembangan produk, kondisi ekonomi, program pemerintah serta success story UMKM yang dapat dijadikan inspirasi sampai pada kisah Local Heroes atau Figur Inspiratif Lokal.

Dari Fitur Figur Inspiratif Lokal ini UMKM akan mendapat kesempatan mengakses berita dan video inspiratif lokal yang sudah berhasil memajukan dan berhasil mempromosikan produk lokal ke pasar Internasional. Dapat diartikan sebagai Pahlawan Lokal yang merupakan anak daerah yang berperan memberikan perubahan di desanya. Misi utamanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desanya.

Komunitas

Fitur selanjutnya adalah penyediaan komunitas yang memberikan kesempatan UKM Indonesia bergabung dan memiliki kesempatan dalam mengembangkan bisnisnya. Komunitas yang disediakan beragam bisa disesuaikan dengan yang dibutuhkan. Komunitas tersebut memiliki kesamaan karakteristik, mulai dari wilayah, jenis usaha, program pembinaan dsb. Kemudian dapat saling berbagi informasi dan semangat, menambah wawasan dalam berbisnis dan berdiskusi antar komunitas.

Etalase Digital

Dalam fitur yang satu ini menarik sebab halaman ini adalah halaman etalase digital. Pelaku UMKM dapat menampilkan produk-produk mereka. Tersedia lengkap mulai dari kuliner, kerajinan atau kriya, fashion dan aksesoris, kesehatan dan kecantikan, perlengkapan anak dan mainan, jasa, rumah dan interior, perikanan dan peternakan, pertanian dan perkebunan, hobi dan olahraga, seni dan musik, handphone dan aksesoris, komputer dan elektronik, otomotif, dsb. Untuk bisa mengakses halaman ini UMKM perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu menjadi anggotanya.

Itu tadi adalah 6 fitur dari Link BRI UMKM yang wajib kalian tahu, banyak manfaat dengan bergabung platform ini. Bagi UMKM yang pengen naik kelas dan berkembang solusi terbaik dengan bergabung platform ini dan buktikan sendiri manfaatnya.

Leave a Comment