Franchise Laundry Kian Menjamur

franchise laundryMunculnya beragam merek laundry belakangan ini, menjadi salah satu bukti nyata bahwa peluang bisnis jasa binatu semakin hari semakin diminati pasar. Bahkan tidak sedikit pelaku usaha yang mengembangkan bisnis laundrynya dengan sistem kemitraan (franchise). Sebab, peluang pasarnya masih sangat luas dan prospek bisnisnya pun masih sangat bagus. Sehingga diperkirakan untuk tahun-tahun ke depannya peluang bisnis ini akan mengalami peningkatan yang cukup tajam.

Pasar laundry yang semakin terbuka lebar sepertinya menjadi sasaran tepat bagi para pelaku usaha. Tak heran bila saat ini hampir di setiap pelosok daerah baik di kota maupun di daerah pinggiran, semakin banyak bisnis laundry yang bermunculan. Hal inilah yang mendorong beberapa pelaku bisnis laundry mulai tertarik untuk mengembangkan bisnisnya melalui franchise dengan investasi yang beragam.

Konsumen
Target pasar franchise laundry adalah para pemula atau pencari usaha yang berminat menjalankan bisnis jasa binatu tanpa perlu memulainya dari nol. Banyaknya konsumen yang membutuhkan jasa laundry seperti para mahasiswa, anak kost, para pegawai, serta masyarakat umum yang tidak memiliki cukup waktu untuk mencuci sendiri di rumah. Membuat pangsa pasar bisnis ini cukup luas, dan menjadi ladang bisnis yang sangat potensial untuk digarap.

Info produk

Seiring dengan perkembangan teknologi dan gaya hidup masyarakat modern yang cenderung tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci baju-baju kotornya, bisnis laundry tentu menjadi salah satu jenis usaha yang tidak pernah berhenti dicari konsumen. Inilah yang membuat jumlah franchise laundry kian menjamur.

Lalu, kira-kira apa saja yang perlu dipersiapkan para calon franchisee (calon mitra) sebelum mereka menjalankan bisnis franchise laundry? Mari kita simak info bisnis yang perlu disiapkan.

  1. Siapkan lokasi usaha yang strategis. Misalnya dengan memilih lokasi yang ada di sekitar kost mahasiswa, pemukiman warga, atau dekat dengan perkantoran maupun pusat kota. Sebab, konsumen potensial Anda adalah kalangan masyarakat yang memiliki tingkat kesibukan cukup tinggi (seperti masyarakat yang tinggal di perkotaan).
  2. Lakukan survey pasar sebelum akhirnya memilih brand dari franchise laundry yang akan Anda ikuti. Saat ini banyak franchisor (penyelenggara kemitraan) jasa laundry yang menawarkan berbagai macam investasi cukup menggiurkan, namun belum tentu semuanya memberikan untung besar. Karena itu sebaiknya cari informasi tentang profil perusahaan tersebut, mulai dari siapa pemiliknya, berapa lama mulai berjalan, bagaimana SOP yang ditawarkan, bagaimana laporan keuangannya, dan seberapa besar respon masyarakat terhadap brand tersebut. Sehingga Anda tidak salah memilih kemitraan.
  3. Ikutilah program training (pelatihan) karyawan yang diberikan franchisor. Hal ini sangat penting, mengingat pelatihan tersebut menjadi bekal Anda agar dapat menjalankan usaha sesuai dengan standar operasional yang ditetapkan franchisor.
  4. Siapkan modal usaha yang cukup. Meskipun dengan membayar dana investasi yang ditentukan investor hampir semua keperluan usaha sudah disiapkan mereka. Namun sebaiknya Anda juga memiliki dana cadangan sebagai tambahan modal selama menjalankan usaha. Sebab, persaingan bisnis franchise laundry sudah semakin besar sehingga pengembangan usaha juga sangat dibutuhkan ketika menjalankan sebuah kemitraan.

Kelebihan Bisnisbisnis laundry
Setiap harinya tingkat kebutuhan konsumen akan jasa laundry semakin menunjukan peningkatan yang cukup signifikan. Sehingga berinvestasi di bisnis franchise laundry menjanjikan keuntungan yang cukup besar, karena peluang pasar bisnis tersebut juga semakin terbuka lebar. Disamping prospek bisnisnya yang sangat bagus, franchise laundry juga membantu Anda khususnya para pemula untuk bisa memulai usaha dengan mudah. Dengan investasi yang Anda tanamkan pada kemitraan tertentu, maka secara tidak langsung semua peralatan dan bahan baku usaha sudah disiapkan oleh para franchisor. Jadi, sebagai mitra Anda hanya perlu mempersiapkan lokasi usaha serta calon tenaga kerjanya saja.

Kekurangan bisnis
Walaupun bisnis franchise memudahkan Anda untuk memulai usaha, namun saat ini persaingannya sudah sangat tinggi. Bahkan dalam satu lokasi yang strategis (seperti dekat dengan kampus dan perkotaan) dimungkinkan ada beberapa merek franchise laundry yang sudah berdiri. Karena itu sebagai calon franchisee Anda harus pintar-pintar dalam memilih brand yang akan diikuti dan cermat dalam memilih lokasi usaha. Pastikan Anda memilih brand laundry yang sudah dikenal masyarakat luas dan memilih lokasi usaha yang belum terlalu banyak saingannya. Sehingga peluang Anda untuk menguasai pasar masih terbuka lebar.

Strategi Pemasaran

Jika franchise makanan lebih menggunakan both (gerobak menarik) sebagai daya tarik tersendiri bagi bisnisnya, maka franchise laundry memilih strategi promosi dengan menggunakan warna-warna cerah pada logo bisnisnya, peralatan usahanya, sampai pengecatan tempat usaha dengan warna senada. Inilah yang membuat franchise laundry lebih terlihat menarik dibandingkan bisnis laundry non kemitraan. Sehingga konsumen lebih tertarik untuk mampir dan menggunakan jasa laundry dengan sistem franchise.

Selain penampilannya yang cukup menarik, pemasaran bisnis franchise laundry didukung dengan peralatan promosi yang cukup menarik. Misalnya saja neon box atau papan nama yang bertuliskan nama franchise dan logo dari brand tersebut. Strategi ini akan memudahkan para pelaku usaha untuk menginformasikan keberadaan bisnisnya kepada khalayak ramai, sehingga franchise laundrynya diketahui para konsumen yang melewati lokasi tersebut. Selanjutnya para franchisee juga dapat menggunakan brosur atau pamflet untuk mempromosikan bisnisnya ke masyarakat sekitar. Dengan demikian jumlah konsumen yang mengetahui keberadaan bisnis Anda semakin meningka setiap harinya.

Kunci Sukses
Dalam menjalankan franchise laundry yang terpenting adalah pelayanan prima kepada konsumen Anda. Pastikan bahwa tenaga kerja Anda benar-benar terlatih dan selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumennya. Hal ini sangatlah penting, karena loyalitas pelanggan menjadi aset utama Anda dalam menjalankan usaha.

Bagi Anda yang tertarik menekuni peluang bisnis franchise laundry. Berikut ini kami informasikan salah satu contoh analisa ekonomi yang ditawarkan franchisor jasa laundry di Indonesia.

Analisa Ekonomi
Asumsi
Berikut adalah analisa ekonomi dari penawaran franchise dengan brand “Simply Fresh Laundry”

Modal awal
Biaya investasi standar					Rp 109.000.000,00

Biaya Operasional Per Bulan
Royalti 8 % dari omset 					Rp   1.960.800,00
Detergen, pewangi, plastik 				Rp   1.225.500,00
Listrik 						Rp   1.000.000,00
Gaji pegawai (5 orang @ Rp 700.000,00) 			Rp   3.500.000,00
Lain-lain 						Rp     490.200,00
Sewa tempat & operasional 				Rp   1.960.800,00 +
Total							Rp  10.137.300,00

Omset per bulan
Pendapatan kiloan (98 kg/hari x Rp 6.500,00 x 30 hr)	Rp  19.110.000,00
Pencucian perpotong (20 potong x Rp 9.000,00 x 30 hr)	Rp   5.400.000,00 +
Total							Rp  24.510.000,00

ROI (Return of Investment)
(modal awal : laba bersih per bulan)		=	± 8 bulan

Tingginya tingkat kebutuhan konsumen akan jasa laundry, membukakan pintu peluang bagi Anda yang ingin terjun di bidang usaha. Semoga informasi peluang bisnis untuk pekan ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda. Selamat berkarya dan salam sukses.

Sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com/_np51OtYYyHk/TMWZAvsyGGI/AAAAAAAAAHM/bDZMsSxlaiQ/s1600/laundry.jpg

3 thoughts on “Franchise Laundry Kian Menjamur”

  1. saya berminat usaha sampingan laoundry, di samping rumah ssaya di samping kampus ternama di yogya, saya juga punya lahan yang cukup luas… gmn caranya saya bisa bisnis?

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di bisnisukm.com. Untuk mempelajari lebih detail mengenai bisnis sampingan jasa laundry, Bapak Anang bisa membuka link artikel berikut : PELUANG BISNIS LAUNDRY. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  2. Tips dan ulasan yang menarik bagi para calon pengusaha laundry. Apalagi disertai contoh analisa ekonominya.
    Peluang usaha laundry memang selalu menggiurkan.

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba