Peluang Bisnis, Peluang Usaha

Gantungan Kunci Boneka Unik

gantungan kunciPernak pernik yang satu ini sangatlah unik. Bisa untuk gaya agar kelihatan lebih menarik, bisa juga di pakai agar kunci mudah di cari atau sebagai pembeda bahwa ini adalah kunci kita. Desain menarik dan unik akan banyak menarik perhatian para konsumen untuk beramai-ramai membelinya. Keaneka ragaman model juga akan mempengaruhi suksesnya bisnis ini.

Konsumen
Jika hanya punya modal sedikit, Anda tidak perlu menyewa kios sebagai tokonya, cukup dengan membuat tempat dari kayu sebagai media/etalasenya. Konsumen paling banyak adalah anak-anak dan remaja. Dengan begitu kita bisa menentukan target pasar kita dan dimana kita bisa mencari tempat berjualan. Didekat sekolahan dari SD sampai SMA dan juga didekat kampus-kampus adalah lahan yang sangat potensial untuk menjajakan gantungan kunci ini.

Info Produk
Model-model yang bisa Anda jual antara lain gantungan kunci biasa, gantungan yang ada hewan didalannya, gantungan model kartun dari karet dan masih banyak lagi. Jangan sampai ketinggalan membawa model yang satu ini yaitu gantungan kunci dengan model boneka sebagai media yang digantung. Model ini sangatlah unik sekaligus imut. Bisa dipakai sebagai gantungan kunci motor atau juga bisa digantung pada tas sekolah. Model boneka juga harus banyak ragamnya agar konsumen tidak bosan dan jenuh.

Harga yang ditawarkan pun beragam, dari mulai gantungan kunci biasa yang sering dijual dengan harga Rp 1.000,- sampai Rp 5.000,-, serta gantungan kunci boneka dan hewan yang dijual dengan harga lebih mahal dibandrol dengan harga Rp 5.000,- hingga puluhan ribu rupiah, semakin langka dan unik semakin mahal pula harga yang ditawarkan.

Pemasaran
Jika Anda punya modal lumayan besar, bisa buka toko khusus pernak-pernik ini. Alternatife lain jika Anda hanya punya modal sedang, yang harus Anda akukan adalah mencari beberapa orang sebagai karyawan lepas Anda untuk menitipkan dagangan Anda di toko  yang ada di kota Anda atau bisa juga menjajakan dagangan ini di dekat kampus dan sekolahan atau saat ada acara pesta rakyat atau sejenisnya. Pesta rakyat seperti sekaten yang ada di jogja atau hiburan-hiburan sejenisnya bisa Anda manfaatkan sebagai tempat berjualan, karena disinilah tempat para anak muda berkumpul.

Kelebihan usaha
Usaha ini dapat dijalankan dengan fleksibel, sesuai dengan besar modal yang Anda miliki. Jika memiliki modal besar, dapat menjalankan bisnis ini dengan membuka toko atau pusat grosir. Sedangkan jika modal Anda sedikit, bisa disesuaikan dengan memproduksi gantungan kunci dengam skala rumahan.

Kekurangan usaha
Kreasi membuat gantungan kunci boneka membutuhkan kreatifitas, dan ketelitian yang cukup tinggi. Oleh karena itu, proses produksi gantungan kunci boneka membutuhkan waktu. Selain itu banyaknya pesaing yang menjalankan bisnis ini. menuntut Anda untuk selalu menciptakan inovasi baru, namun hal ini sering terhalang dengan kehabisan ide bentuk yang unik. Butuh waktu pula untuk memperoleh ide baru dalam memproduksi gantungan kunci boneka.

Kunci Sukses
kunci kesuksesan bisnis gantungan kunci boneka unik ini adalah ketrampilan dan kreativitias. Kembangkan ketrampilan Anda untuk menciptakan bentuk boneka yang lebih unik, Anda dapat menambah kemampuan Anda dengan mengikuti kursus. Selain itu Anda juga dapat memberikan ciri khusus untuk produk Anda, agar konsumen dapat membedakan kualitas produk Anda dengan  produk milik orang lain.

Analisa Ekonomi
Per bulan, untuk 1 tempat usaha dengan menggaji pegawai.

Modal Awal
Pembuatan etalase sedarhana                Rp    500.000,00
Stok barang (awal)                         Rp  2.500.000,00
Lain-lain                                  Rp    200.000,00+
Jumlah Total                               Rp 3.200.000,00

Biaya Operasional
Transportasi, dll                          Rp   150.000,00
Stok barang                                Rp 2.700.000,00
Gaji pegawai                               Rp   700.000,00+
Jumlah Total                               Rp 3.550.000,00

Omset 
(I hari laku 15 buah, harga 5rb-15rb)= 150rbx30 Rp  4.500.000,00

Laba bersih
(Rp 4.500.000,00 – Rp 3.550.000,00)=            Rp    950.000,00

ROI (Return of Investment)
( modal : laba bersih ) = < 4 bulan

(Team Bisnis Ukm)