Ide Bisnis Cireng Isi, Mudah dan Minim Modal!

Ide bisnis cireng isi bisa jadi alternatif bisnis mudah dengan modal terjangkau lho. Cireng atau aci digoreng adalah salah satu makanan yang berasal dari tanah Sunda. Dengan isian yang pedas dan disajikan dalam keadaan panas, hingga kini popularitasnya belum turun. Cireng biasanya ditemukan di sekolah, kampus, atau event kuliner mingguan.

Kamu juga bisa memulai bisnis cireng isi ini lho. Tapi alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu kelebihan hingga analisis modalnya. Dengan begitu usaha cireng isimu punya persiapan yang cukup. Yuk simak artikelnya!

Kelebihan Usaha Cireng Isi

1. Modal Untuk Memulai Kecil

Kamu tidak perlu menganggarkan biaya yang terlalu besar untuk memulain usaha cireng isi lho. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun bisa kamu temui secara mudah di warung-warung. Selain itu, alat masak yang dibutuhkan juga tidak khusus, seperti panci hingga wadah seperti baskom. Kalau kamu punya alat-alat ini sebelum memulai usaha, tentu kamu bisa menekan biaya untuk modal alat.

2. Cara Pembuatan Mudah

Apakah sulit membuat cireng isi? Jawabannya adalah tidak. Yang kamu perlukan adalah ketelatenan agar adonan tidak lengket. Di bawah akan dijabarkan cara pembuatan cireng isis, ditambah tips-tips yang berguna untuk kamu.

3. Jangkauan Pelanggan Luas

Ada beberapa pilihan jenis usaha, kamu bisa menjual cireng isi dalam keadaa matang, atau cireng isi mentah. Yang pertama bisa kamu jual secara di sekitar wilayahmu, sedangkan yang kedua memungkinkan untuk dibawa keluar kota.

Ide Bisnis Cireng Isi, Mudah dan Minim Modal!
beautynesia.id

Analisis Usaha Cireng Isi

Kira-kira untuk 20 buah
 Bahan                 Jumlah              Harga
 Tepung sagu tani      250 gr          Rp. 6.000       
 Tepung terigu         150 gr          Rp. 1.000
 Bawang putih          2 siung         Rp.   500
 Daun bawang           1 batang        Rp.   500
 Air kaldu             400 ml          Rp. 1.000
 Garam                 1 sdt           Rp.   500
 Merica                1/2 sdt         Rp.   500
 
Bahan Isian Ayam Suwir Pedas
 Bahan                 Jumlah              Harga
 Ayam fillet           100 gr           Rp.  9000
 Bawang putih          1 siung          Rp.   500
 Bawan bombay          1 sdm            Rp.   500
 Cabe rawit            2 buah           Rp.   500
 Daun salam            1 lembar         Rp.   500
 Lengkuas              1 (uk 1 cm)      Rp.   500
 Saus tiram            1 sdt            Rp.   500
 Saus tomat            1 sdt            Rp.   500
 Saus sambal           1 sdt            Rp.   500
 Kecap manis           1 sdt            Rp.   500
 Susu                  50 ml            Rp.  1000
 Merica bubuk          1/4 sdt          Rp.   500
 Margarin              3 bks kecil      Rp.  3000
 Total (20 biji)                        Rp.28.000
 Total (100 biji x 25 hari)             Rp.2.800.000
 
Modal tetap (Alat)
 Pengaduk Kayu         1           Rp. 15.000
 Baskom stainless      1           Rp. 25.000
 Wajan                 1           Rp.100.000
 Total biaya                          Rp.140.000 
 
Total Biaya Operasional
 Bahan Baku (25 hari) + Modal Awal
 Rp.2.800.000 +  Rp.140.000           = Rp2.940.000
 
Estimasi Pendapatan Awal
 Rp.1800(harga jual 1 biji)x 100 x 25 hari = Rp.4.500.000
 
Penghitungan Laba Satu Bulan
 Estimasi Pendapatan - Biaya Operasional
  Rp.4.500.000- Rp2.940.000           = Rp.1.560.000

Pembuatan Cireng Isi

Cara Membuat Ayam Suwir Pedas (Untuk Isian)

  1. Panaskan margarin. Cincang halus bawang putih dan bawang bombay, lalu tumis bersama daun salam, lengkuas, cabai rawit hingga berbau harum.
  2. Masukkan suas tiram, saus tomat, saus sambal, kecap, dan merica. Aduk hingga merata, cicipi hingga rasanya pas.
  3. Masukkan ayam suwir dan susu. Aduk hingga merata, lalu masak sampai kuah susut. Angkat an tiriskan.

Cara Membuat Kulit Cireng Isi

  1. Campur tepung sagu, tepung terigu, bawang putih yang sudah dihaluskan, daun bawang, garam, dan merica ke dalam satu wadah. Aduk hingga merata.
  2. Buat air kaldu dari tulang ayam, masak hingga mendidih lalu matikan api.
  3. Tuang air kaldu ke dalam wadah berisi campuran tepung, sedikit demi sedikit sembari diaduk menggunakan sendok kayu. Jika sudah kalis, cukupkan air kaldu.
  4. Ambil adonan, pipihkan menggunakan rolling pin atau alat lain yang sekiranya dapat menjadi penggiling.
  5. Isi adonan yang sudah dicetak dengan ayam suwir pedas. Pastikan seluruh isian tertutup dan merekat kuat.
  6. Panaskan banyak minyak. Goreng hingga adonan bewarna coklat. Angkat dan tiriskan.

Tips Cireng Isi:

  1. Ketika menggulung adonan maupun mencetak, lumuri alas dan tangan menggunakan tepung agar tidak lengket.
  2. Kamu bisa membuat varian isi lainnya. Silakan coba.
  3. Kalau kamu mau membuat cireng isi frozen, pastikan ketahanan cireng ya. Biasanya cireng hanya tahan 3-5 hari di suhu ruangan, sedangkan di dalam freezer bisa tahan sampai satu bulan.

Langkah Memulai Bisnis Cireng Isi

a. Menentukan Target Konsumen

Kalau kamu tahu siapa target konsumenmu, akan lebih mudah menjual produk cireng isimu. Misal, kamu bisa menargetkan anak pelajar dan mahasiswa, dengan begini kamu bisa melakukan kerja sama dengan kantin-kantin terkait. Jika ingin menggunakan market place, pastikan kamu punya opsi cireng isi frozen agar lebih mudah ketika melakukan pengiriman ke luar kota.  

b. Tentukan Model Bisnismu

Ada beberapa jenis bisnis yang bisa kamu ikuti lho:

1. Buat stand booth makananmu sendiri. Dengan begini kamu bisa langsung memasarkannya kepada konsumen secara langsung. Harga booth makanan berkisar Rp3.500.000, jika tidak ada anggaran lebih, kamu bisa manfaatkan teras rumah untuk berjualan.

2. Bikin frozen food cireng isi. Dengan begini kamu bisa memasarkannya secara maksimal lewat market place. Jangan lupa pilih kemasan yang baik, serta pastikan ketahanan cireng isi agar tidak basi ketika sampai di tangan konsumen.

3. Ada opsi konsinyasi juga lho. Kamu bisa menitipkannya di kantin-kanti sekolah maupun kampus. Akan lebih baik jika kamu menitipkan bentuk frozen, dan penjual kantin tinggal menggorengnya sesuai jumlah permintaan. Sesuiakan harga dengan kantong pelajar dan mahasiswa ya, bisa dengan mengurangi isian atau memperkecil ukuran.

4. Mendaftarkan produkmu ke pesan antar akan meningkatkan penjualan. Pastikan menggunakan visualisasi yang baik agar konsumen tergugah untuk memesan. Untuk permulaan kamu bisa gunakan promo dan diskon dalam jangka waktu tertentu.

c. Strategi Pemasaran Usaha Cireng Isi

  1. Gunakan akun bisnismu! Degan begitu kamu tahu pergerakaan usaha cireng isimu. Manfaatkan informasi-informasi yang dihimpun oleh sosial media. Instagram dan google punya analytics yang bisa mempelihatkan data interaksi dengan pengguna. Selain itu, penting untuk memikirkan visualisasi makanan, tidak ada salahnya belajar desain dan fotografi juga.
  2. Manfaatkan promosi dan diskon dalam jangka waktu tertentu. Jangan menguarangi kualitas isi dan rasa ya, anggap saja diskon adalah investasi agar propspek bisnismu ke depan lancar. Jika kamu sudah menggunakan trik ini, lihat apakah ada peningkatan permintaan. Jangan lupa untuk minta testimoni supaya jika ada kelemahan bisa segera kamu perbaiki.

d. Evaluasi Bisnis Cireng Isi

  1. Pertanyaan pertama yang harus kamu jawab: apakah ada peningkatan permintaan dari konsumen? Jika ada seberapa besar? Kalau seandainya penjualanmu stagnan dan cenderung menurun, mungkin saatnya mengubah strategi. Selain startegi yang salah, jangan-jangan permasalahannya ada pada kualitas rasa. Inilah pentingnya kamu melakukan uji coba rasa terlebih dahulu sebelum melempar produk cireng isi kepada publik.
  2. Sudahkan menyusun laporan keuangan? Pelaporan ini penting supaya kamu tahu penjualan dan pengeluaranmu sesuai. Dengan begitu kamu tahu pasti berapa laba yang kamu dapat. Keuangan yang tersusun denganbaik adalah ciri perusahaan yang sehat. Tips penting: jangan mencampur uang pribadi dengan uang perusahaan.
  3. Ingin produkmu berbeda dengan kompetitor? Saatnya melakukan inovasi, bisa kamu mulai dengan menambah varian rasa. Tapi inovasi dilakukan jika penjualanmu sudah stabil ya.

Nah begitulah langkah untuk memulai bisnis cireng isi yang bisa jadi panduan kamu. Semoga artikel ini melecutmu hingga tertarik untuk turun ke UMKM. Kalau tulisan ini kamu rasa bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya dengan teman-teman sekitar. Sekarang, apa kamu sudah mulai tertarik untuk mengisi peluang usaha cireng isi?

Ikuti terus informasi menarik seputar usaha kuliner lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment