Ide Bisnis Paling Mudah Ga Pake Ribet, Brownies Singkong Kukus

ide-bisnis-paling-mudah-ga-pake-ribet-brownies-singkong-kukus

Cari ide bisnis paling mudah dan ga pake ribet? Cobain aja brownies singkong kukus. Siapa yang tak kenal brownies? Tentu sudah banyak yang mengenal makanan yang satu ini. Cake cokelat yang kenyal dan lembut, dengan rasa khasnya yang sangat manis dan legit.

Makanan ini sempat menjadi santapan terkenal karena ada beragam model pengolahannya. Mulai dari brownies oven sampai brownies kukus. Tak heran ya tentunya jika penikmat makanan ini sungguh banyak. Mulai dari anak-anak, orang tua hingga lansia. Teksturnya yang empuk dan lembut menjadikan siapa pun dapat menyantapnya. Cita rasa yang dihadirkan begitu manis, gurih dan legit yang takada yang mampu menolaknya. Makanan yang stu ini sangat cocok untuk disantap saat bersantai atupun untuk sarapan pagi.

Nah tahukah kamu kalo selama ini yang kita tahu brownies di buat dengan bahan dasar tepung terigu kan? Kali ini dengan kehadiran brownies  kukus hadir dengan inovasi yang cukup menarik. Bagaimana jika cake hitam manis ini kini hadir dengan menggunakan tepung singkong? Apakah rasa dan bentuknya akan tetap sama? Penasaran seperti apa penuturan masyarakat dan kelebihan apa brownies singkong kukus ini? Cus langsung simak aja!

Penasaran Ide Bisnis Brownis Singkong Kukus Seperti Apa?

Brownies kukus yang satu ini mengandalkan bahan dasar dari tepung singkong. Pemilihan bahan dasar ini bukan tanpa alasan. Karena ternayata lebih banyak kelebihan yang didapatkan dengan menggunakan bahan dasar tersebut.

Ternyata dari pengakuan beberapa masyarakat yang pernah merasakan brownies singkong ini, mereka mengaku justru rasanya lebih enak dari pada brownies yang menggunakan tepung terigu. Wah, pasti kira-kira apa saja kelebihan yang terdapat di tepung singkong ini, sehingga menjadi alternatif pengganti tepung terigu.

Nah brownies dari tepung singkong dinilai lebih nikmat karena rasanya yang lebih gurih, manis dan empuk. Jika dilihat dari teksturnya, tepung singkong memiliki tekstur yang lebih padat, ini yang membuat irit dalam penggunaannya tepung singkong.

Kelebihan Brownies Dengan Tepung Singkong

Pada dasarnya secara penggunaan tepung singkong lebih irit dibandingkan dengan tepung terigu. Misalnya, untuk membuat satu adonan kue dibutuhkan 200 gr tepung terigu. Bahkan brownies dengan bahan dasar tepung singkong ini memiliki daya simpan yang lebih lama dibandingkan dengan tepung terigu.

Sedangkan dengan tepung singkong hanya diperlukan 150 gr. Selain  itu, tepung singkong mempunyai kadar air lebih sedikit sehingga brownies cepat matang saat dikukus, ada lagi beberapa hal yang membuat tepung singkong ini menjadi pengganti tepung terigu. Kadar gula lebih tinggi sehingga irit penggunaan gula, rasanya netral sehingga gampang menyerap penambah rasa apa pun, dan yang paling menguntungkan harganya lebih murah, tepung terigu dijual dengan harga Rp 7 ribu – Rp 10 ribu per kilogram, sedangkan tepung singkong Rp 5 ribu/kg.

ide-bisnis-brownies-singkong-kukus

Daya Tahan Brownies Tepung Singkong

Ada lagi, jika dilihat dari daya tahannya, tepung singkong dapat disimpan hingga setahun sedangkan tepung terigu baru sebulan sudah kutuan. Setelah diolah menjadi brownies, brownies singkong mampu bertahan 12 hari di luar lemari es, sedangkan browines terigu hanya selama seminggu (di dalam kulkas, baik brownies singkong maupun brownies terigu mampu bertahan selama sebulan, red).

Namun, sayangnya dari segi ketersediaan, tepung singkong belum sebanyak tepung terigu. Maklum, pabrik pengolahannya baru ada tiga yaitu di Trenggalek (Jawa Timur), Lampung, dan Karawang (Jawa Barat). Selain itu, sebagian besar tepung singkong yang dihasilkan lebih banyak digunakan untuk memenuhi pasokan berbagai industri makanan di luar Pulau Jawa.

Apakah kamu tertarik membuat brownies dari tepung singkong dengan olahan lain? Yang mungkin bahan dasarnya dapat lebih mudah di dapat dan pastinya rasanya tidak kalah enak. Siapa tahu bisa menjadi peluang bisnis rumahan yang bisa membawamu dalam kesuksesan.

Ide Bisnis Brownies Singkong Kukus Mudah Banget Dicoba, Mau Tau Resepnya?

Mau ikutan cobain bisnis brownies kukus yang enak, anti ribet dan gampang banget cara buatnya? Jangan lewatkan resep pembuatan brownies singkong kukus ini. Beriktut adalah bahan dan cara membuatnya :

Bahan-bahan :

  • Tepung singkong 1 cup
  • Gula palem 1 cup
  • telur ayam 2 butir
  • Coklat bubuk 5 sdm
  • Minyak kelapa 1/4 cup
  • Fiber creme 2 sdm
  • Air mineral 1/4 cup
  • Keju secukupnya

Cara Membuatnya :

  1. Pertama larutkan fiber crime sebagai pengganti susu dalam 1/4 cup air mineral.
  2. Kemudian kocok telur ayam dengan menggunakan mixer sampai lembut. Lalu masukkan gula palem perlahan dalam wadah dan aduk lagi.
  3. Setelah itu masukkan tepung singkong dan bubuk coklat sedikit demi sedikit dalam wadah kemudian lanjutkan dalam mengaduk menggunakan mixer.
  4. Lalu kemudian masukkan larutan fiber creme dan minyak kelapa dalam adonan. Aduk – aduk sampai semua bahan merata tercampur.
  5. Tuangkan adonan brownies tersebut dalam loyang yang telah diolesi dengan minyak.
  6. Setelah itu kukus selama 30 menit. Dan untuk mengetahui brownies sudah matang atau belum kamu bisa mencoba dengan garpu atau tusuk gigi.
  7. Setelah dirasa pas dan matang keluarkan loyang dan tiriskan sebentar
  8. Setelah dirasa agak dingin maka potong-potong brownies.
  9. Sajikan dalam piring dan tambahkan parutan keju diatasnya.
  10. Brownies singkong kukus siap dinikmati.

Analisa SWOT Ide Bisnis Brownies Singkong Keju

Kekuatan (Strenght)

Melihat dari penjelasan diatas bahwa brownies singkong kukus memiliki berbagai kekuatan untuk dijadikan bisnis. Brownies dengan bahan tepung singkong rasanya lebih nikmat dan hasilnya lebih empuk. Bahan baku tepung yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan tepung terigu.

Harga bahan baku yang cenderung lebih murah menjadikan keuntunganya lebih besar. Dilihat dari segi ketahanan brownies dari tepung singkong ini lebih tahan lama. Bahkan masyarakat lebih menyukai brownies dengan bahan dasar tepung singkong dari pada lainnya.

Kelemahan (Weakness)

Kenikmatan yang dihadirkan brownies dari singkong ini tentunya tidak sebanding dengan ketersediaan bahan baku. Bahan dasar pembuatan brownies yakni tepung singkong tidak banyak ditemui dipasaran. Sehingga agak kesulitan masalah pencarian bahan asar tepung singkong ini. Mengingat industri yang memproduksi tepung singkong ini hanya ada 3 pabrik. Ketiga pabrik tersebut pun lebih prioritas untuk memasok bahan makan untuk daerah luar pulau jawa.

Peluang (Opportunity)

Peluang bisnis brownies singkong kukus ini cukup cerah. Jika dilihat sekarang ini fenomena wisata kuliner semakin menjamur dimana mana dan semakin banyak. Minat masyarakat akan kuliner menduduki level tertinggi dibandingkan dengan yang lainnya. Sekarang ini bisnis kuliner apapun pasti selalu ramai pembeli.

Melihat pengakuan beberapa masyarakat akan brownies kukus ini yang menyatakan enak, tentu makanan yang satu ini mampu mengambil hati masyarakat. Hal tersebut membuktikan bahwa bisnis yang satu ini memiliki prospek yang cerah untuk dijalankan. Ditambah lagi jika kamu berani terus berkreasi dalam memberikan inovasi pada makanan ini antusiasme masyarakat akan semakin tinggi.

Ancaman (Treath)

Ancaman yang mungkin dihadapi berbisnis brownies ini tentunya adalah persaingan pasar. Sebelum hadir brownies dengan bahan singkong ini dahulu sudah terkenal brownies dengan bahan tepung terigu. Pelaku usaha yang menjajakan makanan dengan jenis ini tentu sudah banyak.

Dengan kehadiran alternatif baru bahan dasar yang berbeda kini menjadi tantangan tersendiri untuk mengambil hati masyarakat untuk menyukai brownies singkong kukus ini. Untuk dapat memenangkan persaingan pasar tentunya kamu harus terus memberikan varian yang berbeda agar mayarakat tidak mudah bosan dan tetap menjadi pelanggan setia.

 

 

sumber gambar : https://bangka.tribunnews.com
                https://sajiansedap.grid.id

97 thoughts on “Ide Bisnis Paling Mudah Ga Pake Ribet, Brownies Singkong Kukus”

  1. saya udah nyobain bikin brownies kukus dr tepung singkong tp blm berhasil. mungkin takarannya krg pas. blh minta resepnya via email? trims

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba