Ide Bisnis Rumahan Apa Yang Bisa Dijalankan Dengan Modal Kecil?

ide-bisnis-rumahan-apa-yang-bisa-dijalankan-dengan-modal-kecil

Kira-kira ide bisnis rumahan modal kecil apa yang bisa dijalankan dirumah? Ketika membicarakan persoalan bisnis pasti tidak jauh dari yang namanya modal usaha. Terkadang niat dan kemauan untuk berbisnis itu ada namun karena terkendala modal maka impian tersebut terkadang belum juga bisa terwujud.

Mungkin benar bila modal uang merupakan salah satu hal yang dibutuhkan dalam memulai usaha. Namun memiliki modal uang yang terbatas, bukan menjadi satu alasan bagi Anda untuk mengurungkan niat menjadi pengusaha. Banyak cara bisa Anda coba untuk membuka usaha, walaupun dengan modal terbatas.

Mencoba bisnis rumahan dengan modal kecil, merupakan sebuah solusi yang bisa Anda jalankan untuk mendapatkan penghasilan cukup besar. Meskipun memulainya dari rumah, namun pertumbuhan bisnis rumahan dengan modal kecil sekarang ini sudah tidak bisa dipandang sebelah mata. Banyak pengusaha yang kini bisa sukses membawa bisnis rumahan menjadi industri besar, baik skala lokal maupun nasional.
Apa Anda juga berminat? Untuk membantu Anda yang ingin mencoba bisnis rumahan dengan modal kecil, berikut kami informasikan salah satu ide bisnis yang bisa Anda jalankan.

Info Bisnis

Pada umumnya menjalankan bisnis sembako di rumah, terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan hal-hal berikut untuk menjalankan bisnis sembako.

  1. Karena menjalankannya di rumah, maka sebelum membuka usaha sebaiknya siapkan ruang kosong yang akan digunakan untuk usaha. Anda bisa membuka usaha di teras rumah, atau di garasi rumah Anda.
  2. Siapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuka warung sembako. Misalnya saja meja, etalase, rak, timbangan, kalkulator, gunting, plastik, dll.
  3. Menyediakan produk-produk yang banyak dibutuhkan masyarakat setiap harinya. Seperti beras, gula, minyak goreng, telur, susu, minyak tanah atau gas elpiji, tepung, garam, mie instan, sabun, dll.
  4. Mencari tempat kulakan atau grosir sembako yang menawarkan produk lengkap dengan harga murah. Dengan begitu Anda bisa menjual barang-barang tersebut dengan harga bersaing. Bila perlu Anda bekerjasama dengan distributornya langsung, jadi Anda bisa mendapatkan harga kulakan jauh lebih murah.
  5. Atur warung Anda semenarik mungkin, dengan demikian konsumen bisa merasa nyaman dan senang berbelanja di tempat Anda. Jaga kebersihan dan kerapian warung Anda, dan usahakan konsumen bisa melihat langsung produk yang akan dibelinya. Hal tersebut akan membuat konsumen lebih yakin dengan kualitas produk yang Anda tawarkan.
  6. Pastikan untuk selalu memperhatikan persediaan sembako apa saja yang hampir habis, sehingga Anda bisa menentukan produk-produk yang harus Anda belanjakan di hari tersebut.
  7. Karena harga sembako sering mengalami pasang surut, maka usahakan selalu mencari informasi perkembangan harga sembako di pasaran. Ini sangat penting, untuk menghindarkan Anda dari resiko kerugian.

ide-bisnis-rumahan-modal-kecil-sembako-telur

Analisa Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Sembako

Peluang Bisnis Warung Sembako

Kebutuhan masyarakat akan sembako (sembilan bahan pokok) menjadi lahan bisnis yang cukup menguntungkan bagi Anda. Tidak seperti peluang bisnis lainnya, bisnis sembako tidak mengenal kata musiman. Sebab produk sembako akan tetap dibutuhkan masyarakat setiap hari. Jadi tidak salah bila Anda mencoba membuka bisnis sembako dari rumah.

Konsumen

Sembako merupakan kebutuhan pokok masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Jadi bisa dibilang konsumen sembako mencakup semua kalangan, baik kalangan masyarakat menengah keatas maupun menengah ke bawah. Karena Anda membuka usaha dari rumah dan berada di tengah pemukiman warga, maka sasaran pasar Anda meliputi para ibu rumah tangga di sekitar Anda, anak kost, dan masyarakat umum yang melewati warung sembako Anda.

Kelebihan Bisnis

Bisnis sembako bisa dibilang sebagai salah satu peluang bisnis yang memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Setiap harinya masyarakat membutuhkan produk sembako untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari, tentu ini memberikan peluang bagi Anda untuk mendapatkan penghasilan cukup besar. Karena kebutuhan pasar akan produk sembako masih sangat tinggi.

Kekurangan Bisnis

Selain memberikan banyak keuntungan, dalam menjalankan bisnis sembako Anda juga dihadapkan pada beberapa hambatan. Apa saja hambatan tersebut? antara lain sebagai berikut :

  1. Pasang surut harga sembako yang ada di pasaran
  2. Pasokan barang-barang sembako yang terkadang sulit. Kenaikan harga membuat sebuah produk cukup langka dipasaran
  3. Tingginya persaingan bisnis. Bukan hanya bersaing dengan sesama warung sembako, namun para pelaku usaha juga harus bersaing dengan minimarket yang banyak di buka di pemukiman warga.

Pemasaran

Strategi pemasaran yang paling efisien untuk bisnis warung sembako adalah promosi dari mulut ke mulut. Untuk itu nformasikan bisnis Anda kepada para tetangga dan kerabat Anda. Dari promosi tersebut masyarakat sekitar akan mengetahui keberadaan warung sembako yang Anda buka. Selain itu Anda juga bisa memasang spanduk besar di depan warung sembako Anda, tuliskan nama warung dan produk apa saja yang ditawarkan. Cara tersebut akan menarik minat konsumen untuk mampir membeli di warung Anda.

Dalam memasarkan bisnis Anda, yang terpenting berikan harga bersaing dan tawarkan barang-barang sembako dengan beragam kualitas. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menjangkau semua kalangan. Dan untuk menjaga loyalitas konsumen, pastikan Anda selalu memberikan pelayanan terbaik kepada para konsumen. Layani dengan ramah dan pastikan Anda selalu jujur pada para konsumen, tunjukan mana produk yang berkualitas super dan mana produk yang berkualitas standar. Dengan begitu konsumen selalu mendapatkan kepuasan ketika berbelanja di warung sembako Anda.

Kunci Sukses

Karena persaingan bisnis warung sembako cukup tinggi, maka berikan nilai lebih pada warung Anda agar konsumen tidak berpindah ke warung lain. Usahakan selalu mencari informasi harga pasar untuk mendapatkan harga yang bersaing, agar konsumen tidak kabur. Lebih baik mengambil laba sedikit namun loyalitas konsumen tetap terjaga.

Anda juga bisa melengkapi warung sembako dengan produk-produk yang banyak dicari konsumen. Semakin lengkap produk yang ditawarkan, maka akan semakin tinggi peluang konsumen datang ke warung Anda. Bila perlu bukalah warung tersebut lebih pagi dari para pesaing Anda, ini memberikan peluang bagi Anda untuk mendapatkan lebih banyak konsumen.

ide-bisnis-rumahan-modal-kecil

Analisa Bisnis

Analisa Bisnis

Asumsi
Usaha dijalankan di rumah, jadi tidak ada biaya sewa tempat.

Modal awal
Etalase						Rp 1.000.000,00
Rak, timbangan, kalkulator, dll			Rp   500.000,00
Stok produk-produk sembako :
- 2 kwintal beras	Rp 1.300.000,00
- 20 kg gula pasir	Rp   190.000,00
- 20 kg minyak goreng	Rp   250.000,00
- 10 kg telur ayam	Rp   110.000,00
- 10 kg tepung terigu	Rp    95.000,00
- 10 susu kaleng	Rp    65.000,00
- Stok Teh dan kopi	Rp   100.000,00
- Aneka sabun cuci	Rp   100.000,00
- Aneka sabun mandi	Rp   100.000,00 +
Total						Rp 2.310.000,00 +
Total modal 					Rp 3.810.000,00

Peralatan mengalami penyusutan setelah 3 tahun (36 bulan) pemakaian,
Rincian : 1/36 x Rp 1.500.000,00	=	Rp 41.700,00

Biaya operasional per bulan
Belanja barang dagangan				Rp 3.000.000,00
Biaya listrik					Rp   100.000,00
Biaya transportasi belanja			Rp   150.000,00
Biaya penyusutan peralatan			Rp    41.700,00 +
Total						Rp 3.291.700,00

Omset per bulan
Penjualan per hari rata-rata Rp 150.000,00
Omset per bulan @ Rp 150.000,00 x 30 hari	Rp 4.500.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 4.500.000,00 - Rp 3.291.700,00	=	Rp 1.208.300,00

ROI (Return of Investment)
(modal awal : laba bersih per bulan)	=	± 3 bulan

Cukup mudah dan murah bukan? Bagi Anda yang mencari peluang usaha di rumah dengan modal kecil, tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuka warung sembako. Karena selain mudah dan murah, keuntungan yang diperoleh juga cukup menggiurkan. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

 

Sumber gambar : https://www.fimela.com 
                https://poskotanews.com
                https://bebekas.com

56 thoughts on “Ide Bisnis Rumahan Apa Yang Bisa Dijalankan Dengan Modal Kecil?”

  1. Asalamualaikum bisnis ukm.com
    Saya punya usaha kcil kecilan warung sembako d sebelah saya warung juga dgn modal lbih kuat,d dpn saya warung juga dgn tmpt yg nyaman,gmn cra”a supaya warung saya lbh rame dari yg laenya y gan??mohon info”a trimakasih
    Wasaalamualikum

    Reply
  2. assalamualaikum.
    pak saya punya modal 2jta tpi saya ingin buka usaha kecil2an takoyaki apakah itu mnrut bpak adl ide yg pas dgn modalnya ,saya cuman bingung tuk mrmulai dri mna pak.
    trimaksih.

    Reply
    • Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh..
      Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Modal Rp 2 juta bisa Anda alokasikan untuk merintis bisnis takoyaki di rumah atau dengan booth sederhana. Misalnya saja di rumah, bisa menggunakan meja sederhana dan peralatan yang ada di dapur, yang perlu Ibu Nur beli hanyalah cetakan takoyaki sebagai alat utamanya, bahan baku, dan botol saus. Sedangkan untuk kemasan produk, Ibu bisa menggunakan box styrofoam atau mika. Mengingat lokasi usaha di rumah, Ibu bisa memilih konsep usaha Take away (makanan takoyaki dibawa pulang). Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  3. asalamualaikum bisnisukm.com.
    saya seorang karyawan d jakarta. saya ingin sekali usaha jualan di kampung halaman sendiri biar dekat dgn keluarga. sya punya pola pikir kalu sy bikin sele pisan kuliner oleh oleh untuk di pasar kan di warung samping jalan. kira kira usaha seperti itu cocok gak. dan gimana solusi untuk memasarkan nya. terima kasih

    Reply
    • Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh..
      Selamat pagi Bapak Rahman. Sampai saat ini bisnis oleh-oleh memang sangat menjanjikan, apalagi lokasi usaha Bapak berada di pinggir jalan dan berdekatan dengan pusat keramaian seperti obyek wisata, terminal, stasiun, pasar, dan tempat umum lainnya. Namun yang perlu diperhatikan disini adalah pilih oleh-oleh yang sesuai dengan ciri khas daerah Bapak, misal sale pisang merupakan salah satu makanan khas daerah Bapak maka bisnis ini sangat cocok untuk dijalankan. Selanjutnya untuk strategi pemasaran, Bapak Rahman bisa menerapkan beberapa tips berikut, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  4. saya ingin usaha jualan baju/ pakaian tapi modal 200.000 ada gak ya saya mau cari

    grosir eceran termurah itu mana ya?

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Bila modal yang Bapak Rofiq miliki cukup terbatas, Bapak bisa menjadikan bisnis fashion online sebagai salah satu alternatif untuk merintis bisnis rumahan dengan modal kecil. Modal yang Bapak butuhkan hanya jaringan internet dan smartphone untuk membantu aktivitas promosi di dunia maya. Informasi suplier bisa didapatkan melalui survey di ranah digital. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  5. Ass, sya seorang IRT sdah lbih dari 15 taun mengelola tmpat pmbyaran rek listrik berhubung 5 taun trakhir ini pmbyaran reklis sdah online imbasnya pndapatan dri bulan ke tahun trus mnurun, 2 thn ini ada sya bka pmbyaran yg lbih kmplit dan mnerima ttipan brang tuk dijual, tpi ttap blum mampu mndongkrak pndapatan yg mmadai, mau bka usaha yg lain kpentok mdal. Seandainya ada saran yg lbih baik ditunggu informasinya, trima ksih……

    Reply
    • Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Melihat sekarang ini banyak masyarakat yang menggunakan sistem pembayaran dengan pulsa listrik, tak ada salahnya bila Ibu Wina mencoba menyediakan pulsa listrik untuk menambah income setiap bulannya. Selain itu, Ibu Wina juga bisa melayani pembayaran telepon, internet/ speedy, TV kabel, dan tagihan-tagihan lainnya. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  6. Saya nuraeni sebagai buruh biasa Saya pengen buka warung kcil”Lan kira”cukup gk dengan modal sitar 10juta mohon minta pengetshuan smua

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk memulai bisnis warung kecil-kecilan bisa dimulai dengan modal kurang dari 10 juta rupiah. Ibu Nouradni bisa memulainya dari garasi atau teras rumah Ibu. Yang terpenting lakukan survey pasar di sekitar lokasi usaha, agar produk yang Anda belanjakan bisa sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  7. sy ingin buka warung sembako tpi sy kurang enak ma sodara sy sendiri soalnya belio buka warung jga di samping

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Melihat situasi yang Bapak Rian hadapi, jika memang tak memungkinkan untuk bersaing maka tak ada salahnya bila Bapak Rian menjalin kerjasama dengan saudara Bapak. Misalnya saja dengan menjadi suplier yang memasok produk-produk sembako ke warung saudara Bapak Rian. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba