Ide Usaha Dendeng Kemasan ala Rumahan, Sudah Tahu?

Usaha dendeng kemasan belum mendapat banyak atensi nih, padahal peminat daging jenis ini sangat banyak. Prinsip dari dendeng kemasan adalah daging kering (dried meat, biasanya menggunakan sapi), yaitu proses pengawetan tanpa perlu menggunakan mesin pendingin. Dendeng biasanya digunakan untuk olahan daging yang akan disimpan dalam waktu lama dan tidak untuk dikonsumsi dalam waktu dekat. Beberapa negara yang memiliki musim dingin biasanya menggunakan cara pengolahan ini, dengan begitu daging tidak akan segera busuk.

Lalu apa menariknya usaha dendeng kemasan ini? Di era sekarang, kepraktisan menjadi incaran banyak kelompok masyarakat. Kita mungkin familiar dengan makanan siap saji yang saat ini banyak ditawarkan. Dendeng kemasan punya prinsip yang sama, mengingat pengolahan daging biasanya membutuhkan waktu yang lama. Kata kuncinya adalah praktis. Selain itu dendeng mudah untuk dibuat apa saja, mulai dari balado hingga campuran nasi goreng.

Nah, dengan penjelasan tersebut apakah kamu tertarik untuk memulai bisnis ini? Jika iya, yuk telusuri kelebihan hingga langkah untuk membangun bisnis ini. 

Kelebihan Bisnis Dendeng Kemasan

1. Jangkauan Pelanggan Luas

Karena dendeng kemasan memang bertujuan agar tahan untuk disimpan beberapa waktu, kelebihan bisnis ini adalah kamu bisa mengirimkannya ke wilayah manapun. Dengan begitu jangkauan pelanggan bisa lebih luas.

2. Pembuatan Dendeng Kemasan Tidak Sulit

Betul, pembuatannya tidak terlalu sulit. Yang perlu kamu perhatikan adalah air dan minyak daging sudah benar-bener keluar. Jangan lupa ketika dijemur, kamu harus memastikan bahwa daging sudah kering seutuhnya.

3. Peminat Dendeng Kemasan Tinggi

Kita tahu pengolahan daging, bagi beberapa kalangan, terasa merepotkan. Tidak banyak orang yang punya waktu lebih untuk membutnya. Oleh karena itu, kelebihan dari dendeng kemasan adalah konsumen tinggal mengolahnya. Hingga kini, permintaan terhadap produk instan masih tinggi.

Kekurangan  Bisnis Daging Kering

Bahan baku utama, yaitu daging sapi, stabil di harga mahal. Membuat dendeng kemasan membutuhkan modal yang tidak sedikit. Kamu bisa menyiasatinya dengan membuat batasan pembuatan dalam satu bulan. Atau buat kemasan dalam beberapa ragam: 100 gram, 200 gram, 250 gram, atau 500 gram. Keuntungan tiap berat berbeda, ini mungkin bisa menutupi modal awal lebih cepat. Calon pelanggan juga bisa menyesuaikan dengan pembelian yang sesuai dengan budget.

Ide Usaha Dendeng Kemasan ala Rumahan, Sudah Tahu?
pikiran-rakyat.com

Analisis Modal Usaha Dendeng Kemasan

Analisis Modal ini hanya untuk satu packing daging isi 500 gram. Silakan sesuaikan dengan jumlah isi nanti ya. Beberapa harga bahan juga mungkin berbeda untuk tiap wilayah.

Bahan           Jumlah             Harga
 Daging sapi     500 gr             Rp.    62.500
 Serai           2 batang           Rp.     2.000
 Salam           4 lembar           Rp.     3.000
 Lengkuas        100 gr             Rp.     3.000          
 Bawang putih    4 siung            Rp.     2.000
 Bawang merah    6 siung            Rp.     2.000
 Cabe merah      3 buah             Rp.     2.000
 Kemiri          3 butir            Rp.     2.000 
 Ketumbar        1 sdm (1 bks)      Rp.     1.000
 Lada            1 sdt (1 bks)      Rp.     1.000
 Gula merah      3 sdm              Rp.     3.000
 Kecap manis     5 sdm (2 bks)      Rp.     2.000
 Kaldu bubuk     2 bks              Rp.     2.000
 Garam           1 bks (k)          Rp.     3.000 
 Air                                Rp.     3.000
 Total biaya untuk 1 bungkus        Rp.    93.500
 Total biaya untuk 10 bungkus       Rp.   935.000
 Total biaya 10 bungkus (25 hari)   Rp.23.375.000

Biaya Modal Awal (Alat)
 Alat            Jumlah             Harga
 Pisau           3                  Rp.    50.000
 Ulekan          1                  Rp.    70.000
 Baskom          1                  Rp.    50.000
 Wajan           2                  Rp.   150.000
 Telenan         1                  Rp.    50.000
 Spatula         2                  Rp.   100.000
 Total                              Rp.   470.000
 
Total Biaya Operasional
 Bahan Baku (25 hari) + Modal Awal
 Rp.23.375.000 + Rp.470.000                 = Rp.23.845.000  
 
Estimasi Pendapatan Awal
 Rp.130.000(hrg jual) x 10 bungkus x 25 hari= Rp.32.500.000
 
Penghitungan Laba Satu Bulan
 Estimasi Pendapatan - Biaya Operasional
 Rp.32.500.000 - Rp.23.845.000              = Rp. 8.655.000 

Langkah Membuat Dendeng Sapi

Pembuatan bumbu halus

Masukkan bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri, ketumbar, dan lada. Ulek atau blender hingga halus.

Cara Membuat Dendeng

1. Iris daging sapi tipis-tipis. Sesuaikan potongan dengan arah serat agar daging tidah mudah hancur.

2. Siapkan wajan. Masukkan irisan daging, serta bumbu halus, serai, daun salam, lengkuas, gula merah, kecap manis, kaldu bubuk, garam. Campurkan hingga merata

3. Tutup wajan, diamkan daging yang sudah dibumbui selama kurang lebih 30 menit untuk proses marinasi.

4. Setelah cukup, letakkan wajan di atas kompor dengan nyala api kecil.

5. Aduk daging perlahan-lahan hingga berubah warna. Tunggu hingga semua air dan minyak dari daging keluar.

6. Jika air dan minyak dari daging sudah keluar, tuangkan air secukupnya hingga seluruh daging terendam. Tutup wajan dan tunggu air menyusut.

7. Jika dirasa sudah matang, angkat dan tiriskan daging.

8. Pipihkan daging, pastikan kamu tidka menghancurkan dagingnya.

9. Jemur daging yang sudah pipih di bawah matahari.

10. Jika sudah kering, daging sudah bisa digunakan.

11. Dendeng siap dikemas dna dikirim.

Memulai Usaha Dendeng Kemasan

1. Siapa Target Pasar Bisnis Dendeng Kemasanmu?

Terjun ke dalam bisnis dendeng kemasan tentu wajib melakukan pemetaan calon konsumen. Dengan begitu, kamu punya pegangan pasar yang ingin dibidik. Di bawah adalah beberapa contoh yang kelompok yang bisa kamu targetkan:

a. Kelompok Karyawan

Kelompok karyawan punya mobilitas yang tinggi, kemungkinan untuk mengolah daging sendiri sangat kecil, kecuali di hari-hari tertentu.

b. Ibu Pekerja

Dendeng bisa jadi variasi masakan juga. Untuk ibu pekerja, kemasan yang ditawarkan sangat membantu. Kamu bisa mengincar kelompok ini sebagai calon pelanggan potenisal

2. Modal Memulai Bisnis Dendeng Kemasan

Seperti sudah dibahas di atas, bahan baku utamanya stabil di harga mahal. Karena kamu perlu untuk menyesuaikan dengan budget. Untungnya, produk dendeng bisa disimpan dalam waktu yang lama, sehingga kamu bisa melakukan penyesuaian.

3. Buat Rancangan Model Bisnis

a. Konsinyasi

Menitipkan produkmu di swalayan dan ritel modern, kenapa tidak? Kamu tinggal menyiapakan beberapa dokumen, seperti KTP, NWP, buku tabungan, dan juga surat keterangan tentang usahamu. Kemungkinan ada seleksi yang dilakukan oleh pihak terkait. Pastikan produkmu punya identitas yang jelas agar mudah diingat masyarakat. Buat kemasan menarik dan cantumkan kontak media sosial.

b. E-Commerce

Lakukan juga penjualan melalui layanan e-commerce agar produkmu bisa tersebar ke banyak wilayah. Pastikan kulitas rasa tidak berubah ketika dalam perjalanan pengiriman.

c. Bisnis Online via Media Sosial

Perkuat akun bisnismu, mulai dari Instagram, Facebook, hingga Twitter. Kamu bisa meminta beberapa konsumen untuk membuat testimoni. Kesan-kesan ini yang kamu taruh di akun agar tingkat kepercayaan calon pembeli meningkat. Selain itu, kamu juga harus memikirkan visualisasi produk, mulai dari bentuk kemasan, hingga pengambilan angle foto. Tidak ada salahnya belajar tentang desain dan fotografi, karena kedua hal itu akan membantumu

4. Evaluasi Usaha Dendeng Kemasan

Susun pertanyaan agar evaluasimu terarah. Jangan lupa untuk kritis dan objektif agar kamu bisa segera memperbaiki kelemahan-kelemahanmu. Beberapa contoh pertanyaan yang bisa kamu buat:

a. Berapa produk yang sudah kamu jual? Adakah respon dari pelanggan entah berupa kritik-saran-atau pujian?

b. Apakah kamu sudah melakukan pencatatan keuangan dengan baik? Setiap pembelian baik bahan maupun alat wajib untuk dicatat. Bagaimana dengan arus antara pemasukan dan pengeluaranmu, sudah sesuai atau belum? Jangan lupa untuk memisahkan uang perusahaan dengan uang pribadi.

c. Jika keadaan produkmu stabil, dalam artian banyak permintaan masuk, adakah inovasi produk yang perlu kamu buat? Inovasi menu akan membedakanmu dengan produk kompetitor lain.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa kamu kembangkan sesuai dengan kebutuhan ya. Jika kamu tertarik dengan bisnis dendeng kemasan, pahami lagi apa yang kamu perlukan sebelum terjun memulai usaha. Semoga artikel ini membantu memberikan gambaran dasar untuk kamu ya. Bagikan tulisan ini kepada teman-teman yang lain agar semakin banyak UMKM yang bermunculan.   

Ikuti terus kisah menarik dari perjalanan para pelaku bisnis lainnya hanya di BisnisUKM.com.  

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba