Ide Usaha Sampingan Sederhana Menguntungkan

Usaha sampingan sederhana bisa dilakukan dengan menjual aneka jajanan dari olahan beras ketan. Jajanan tradisional yang cita rasanya akan selalu bikin jatuh cinta ini menjadi salah satu peluang usaha sampingan sederhana yang bisa mendatangkan keuntungan menjanjikan. Sebab mulai dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa masih menjadi pecinta kulier aneka jajanan tradisional.

Ide Usaha Sampingan Sederhana Menguntungkan
mahligai-indonesia.com

Beras Ketan

Jenis beras ketan itu sendiri merupakan salah satu jenis beras yang banyak dikonsumsi oleh orang-orang di Indonesia. Beras ketan terkenal dengan teksturnya yang lembut dan lebih lengket. Olahan makanan dari beras ketan biasanya tidak dimakan sendiri berupa ketan utuh. Tapi sering disajikan sebagai bagian dari hidangan gurih dengan daging dan sayuran atau dipermanis dan disajikan sebagai hidangan penutup atau makanan.

Cara menyajikan olahan beras ketan akan mempengaruhi keseluruhan nilai gizi makanannya. Beras ketanme miliki kadar amilosa yang sangat rendah, tetapi kadar amilopektinnya sangat tinggi sehingga memberi tekstur lengket pada beras.

Kandungan Beras Ketan

Beras ketan memang mengandung serat, tetapi tidak sebanyak yang ditemukan pada beras merah dan beras putih lainnya. Kandungan dalam beras ketan hampir tidak memiliki lemak atau kolesterol. Beras yang satu ini juga memiliki kadar protein, vitamin B, selenium, seng, magnesium, tembaga, dan fosfor. Beras ketan tidak mengandung gluten, protein yang ditemukan dalam gandum, dan aman untuk orang yang diet bebas gluten.

Maka dari itu tidak salah kalau beras ketan menjadi salah satu bahan olahan aneka jajanan yang lezat dan sehat. Apakah kamu tertarik untuk mengandalkan beras ketan sebagai ide usaha sampingan sederhana yang bisa datangkan banyak keuntungan?

Aneka Jajanan Dari Beras Ketan

Berikut ini aneka jajanan yang terbuat dari beras ketan. Mulai dari camilan gurih sampai hidangan penutup dengan rasa manis dan legit yang pas bisa dibuat dari bahan beras ketan. Kamu bisa jadikan beberapa aneka jajanan dari beras ketan berikut ini untuk kamu pilih sebagai ide usaha sampingan sederhana yang menguntungkan. Simak ulasan selengkapnya!

1. Lupis Ketan

Lupis Ketan
2.bp.blogspot.com

Lupis  termasuk jajanan pasar yang terbuat dari ketan dimasak dengan daun pisang seperti lontong. Cara penyajiannya adalah lupis diiris kecil-kecil kemudian disiram kuah gula aren kental dan parutan kelapa. Makanan ini tidak tahan lama sehingga setelah dihidangkan harus segera dimakan.

2. Wajik Ketan

Wajik Ketan
resepkoki.id

Wajik ketan terbuat dari ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, daun pkamun dan gula merah hingga berminyak dan terasa lembut. Setelah matang, wajik kemudian dicetak atau diiris sesuai selera. Di pasar tradisional, wajik yang dijual berbentuk belah ketupat atau jajaran genjang. Di wilayah Jawa, wajik juga sering digunakan sebagai salah satu seserahan yang dibawa seorang laki-laki ketika hendak melamar seorang perempuan.

3. Ketan Susu

Ketan Susu
resepkoki.id

Makanan ini terbuat dari ketan yang dikukus matang kemudian diberi susu kental manis dan parutan kelapa. Salah satu kedai ketan susu legendaris adalah Pos Ketan Legenda 1967 yang terletak di dekat Alun-Alun Kota Batu, Jawa Timur. Di sana terdapat berbagai topping untuk ketan susu. Mulai dari keju, meises, bubuk kedelai hingga durian.

4. Lemper

Lemper
langsungenak.com

Lemper biasa disebut sebagai jajanan pasar karena banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Makanan ini terbuat dari ketan yang dimasak dengan santan. Setelah matang, ketan dibungkus menggunakan daun pisang dan diberi isian berupa daging ayam cincang yang telah dibumbui atau abon sapi. Rasanya sangat gurih dan legit.

5. Rengginang

Rengginang
merahputih.com

Camilan rengginang merupakan sejenis camilan kerupuk yang gurih dan renyah. Makanan ini terbuat dari ketan yang dikukus kemudian dimasak bersama bumbu-bumbu. Setelah matang, rengginang dicetak kecil-kecil dan dijemur di bawah sinar matahari sampai kering.

Rengginang yang telah kering kemudian digoreng dengan minyak panas hingga mekar. Agar tidak melempem, sebaiknya simpan rengginang di dalam toples kedap udara. Tidak heran jika setiap lebaran kalian akan sering menemukan kaleng biskuit tetapi isinya rengginang.

6. Bubur Ketan

cpcdn.com

Ketan yang sering digunakan untuk membuat bubur ini adalah ketan hitam. Sebelum dimasak, ketan hitam harus dicuci hingga bersih dan direndam air selama lima jam. Kemudian ketan dimasak bersama air, daun pkamun, gula dan garam secukupnya sampai mendidih dan meletup-letup. Ketan yang sudah matang kemudian disajikan dengan kuah santan yang telah direbus dengan daun pkamun dan garam.

7. Klepon

Klepon
ream.co.id

Jajanan kecil berbentuk bulat seperti bakso dan ketika digigit ada gula merah lumer di dalamnya ini melegenda di kalangan masyarakat Indonesia. Teksturnya lembut dan kenyal sehingga disukai oleh siapa pun dari berbagai kalangan usia.

Klepon terbuat dari tepung ketan dan tepung beras yang diuleni sampai kalis. Adonan tersebut dibentuk bulat-bulat kecil dan diberi isi gula merah kemudian direbus ke dalam air mendidih hingga matang. Penyajiannya adalah dengan mencampur klepon yang telah matang dengan parutan kelapa.

8. Onde-Onde

Onde-Onde
yummy.co.id

Siapa yang tak kenal dengan onde-onde? Jajanan ini termasuk jajanan pasar yang paling populer di Indonesia. Onde-onde terbuat dari tepung ketan, gula, garam, air dan vanili yang dibentuk pipih kemudian diisi dengan kacang hijau yang telah dikukus hingga matang. Adonan kemudian dibulatkan, digulingkan dengan biji wijen dan digoreng.

9. Jadah Ketan

Jadah Ketan
resepimasakan.net

Jajanan jadah merupakan jajanan tradisional yang sering kita temui di berbagai acara, seperti lamaran, pernikahan dan khitanan. Para pedagang kaki lima juga banyak yang menjajakan jadah dengan cara dibakar atau biasa kita sebut jadah bakar.

10. Kue Mochi

Kue Mochi
tokowahab.com

Ini bukan jajanan mochi Jepang, tapi jajanan mochi yang terkenal di seantero Jawa Barat, khususnya di wilayah Bogor dan Sukabumi. Jajanan mochi terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan bahan-bahan lain kemudian diuleni dan dibentuk bulat kecil.

Pada bagian tengah diisi dengan kacang tanah. Beberapa jajanan mochi diberi pewarna makanan agar terlihat menarik. Biasanya jajanan ini dikemas menggunakan wadah dari bambu yang dianyam berbentuk kotak.

Meski merupakan jajanan tradisional kamu bisa melakukan inovasi dan kreasi yang kreatif untuk menjadikan usaha sampingan sederhana jajanan beras ketan kamu tetap bisa mengikuti perkembangan zaman. Misalnya saja kamu bisa menjual aneka jajanan beras ketan dengan kemasan yang modern dan menarik. Tampilan kemasan menjadi salah satu hal yang penting untuk membranding suatu produk dan menciptakan kesan yang baik ke konsumen.

Selain itu kamu juga bisa mengkreasikan aneka jajanan beras ketan dengan berbagai variasi rasa dan bentuk. Misalnya untuk kue mochi kamu bisa variasikan menjadi sajian es krim mochi atau bisa juga dengan menambahkan variasi isian mulai dari rasa cokelat, keju, strawberry, durian, dan lain-lain. Atau untuk kue klepon kamu bisa menjadikannya bukan hanya dalam tampilan warana hijau saja, tapi dengan warna-warni pelangi supaya makin menarik.

Itulah beberapa aneka jajanan dari olahan beras ketan yang bisa kamu jadikan ide untuk usaha sampingan sederhana. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu ya. Ikuti terus artikel tentang usaha sampingan lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terinspirasi!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba