Indra Noviansyah, Sukses Dengan Bisnis Daur Ulang Sampah

Bisnis daur ulang sampah mungkin terdengar kurang menarik dan populer di telinga masyarakat. Akan tetapi, pada kenyataannya bisnis daur ulang sampah saat ini menjadi menjadi salah satu peluang bisnis yang mendatangkan untung jutaan rupiah.

Manusia hanyalah sebagai pelaku bisnis yang bertugas mengubah benda yang sudah ada menjadi barang yang lebih baik, berguna dan memiliki nilai jual tinggi. Hal itu telah dibuktikan oleh Indra Noviansyah, pria lajang yang berusia 24 tahun dan lulusan dari Fakultas Ekonomi yang mampu mengekspor sampah ke beberapa Negara, salah satunya yaitu Cina.

Indra Noviansyah telah berhasil mengubah pandangan buruk masyarakat tentang sampah menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat menggiurkan dan bisa mendatangkan keuntungan besar. Ia telah lama menggeluti bisnis daur ulang sampah. Sampah yang dikelolanya selama ini adalah jenis sampah plastik seperti gelas plastik, botol plastik, tutup plastik dan lain sebagainya.

Sampah-sampah plastik tersebut merupakan salah satu permasalahan yang belum mendapatkan jalan keluar terbaik hingga saat ini. Oleh sebab itu, bisnis daur ulang sampah ini merupakan salah satu solusi baik untuk mengurangi penumpukan sampah yang ada dimana-mana. Bisnis daur ulang sampah tidak hanya sekedar memberikan keuntungan bagi para pelaku bisnisnya, akan tetapi juga berdampak baik bagi lingkungan hidup.

Awal mulanya Indra Noviansyah memulai bisnis daur ulang sampah tersebut di Jakarta bersama dengan sejumlah temannya. Ia dan rekannya memulai bisnis daur ulang sampah di Jakarta dengan alasan kemudahan akses dan memang merupakan tempat tinggal asalnya.

Setelah cukup berhasil di Jakarta, Indra Noviansyah kemudian membuka bisnis daur ulang sampah serupa di Pontianak tepatnya di Jalan Teuku Umar, dekat dengan Pontianak Mall. Pabrik kecilnya tersebut berdiri diantara tumpukan sampah yang sudah menggunung.

Di Pontianak, Indra Noviansyah memiliki alat pengolah sampah yang bernama plastik chusher, alat tersebut mampu menggiling sampah. Satu alat besar tersebut mampu menggiling sampah dalam jumlah yang banyak. Alat berat untuk menggiling sampah tersebut sengaja Ia datangkan langsung dari Jakarta karena untuk Pontianak sendiri belum ada yang memproduksinya.

Penggilingan sampah plastik merupakan tahapan penting dalam bisnis daur ulang sampah secara keseluruhan karena penggilingan adalah langkah yang hampir mencapai tahap akhir dari proses daur ulang. Proses penggilingan tersebut merupakan jembatan agar sampah plastik yang awalnya merupakan barang buangan menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Para pekerja atau penggiling sampah bertugas untuk memilah-milah sampah berdasarkan jenisnya. Setelah sampah dipilah kemudian dibersihkan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada sampah yang mungkin dapat mengganggu. Setelah sampah dibersihkan, lalu mesin plastik crusher akan mulai bekerja mengolah sampah plastik tersebut menjadi cacahan plastik yang kecil. Nantinya, sampah yang telah digiling tersebut akan dikirim ke Jakarta dengan menggunakan peti kemas.

Agar bisa tetap mendapatkan sampah untuk di olah, Indra Noviansyah mempunyai alternatif yaitu dengan menerapkan konsep bank sampah. Indra menempatkan sejumlah tong sampah di setiap gang-gang di kota Pontianak. Tong tersebut khusus disediakan untuk mengumpulkan sampah plastik. Setelah sampah plastik tersebut terkumpul, Indra akan membelinya dari para warga. Tidak hanya itu saja, Indra juga merangkul para siswa-siswa sekolah untuk mengumpulkan sampah plastik dengan menempatkan tong sampah disetiap sekolah. Setelah terkumpul, Indra juga akan membayarnya.

Usaha Indra Noviansyah ternyata tidak sia-sia, Ia mendapatkan perhatian khusus dari pemerintahan Brunai Darussalam pada saat mengikuti delegasi Asean – China Entrepreneur yang diselenggarakan di Brunei Darussalam. Semua delegasi mempresentasikan berbagai persoalan dan idra mempresentasikan usahanya yang berhubungan dengan sampah. Meskipun usaha yang dijalankannya hanya dari sampah, namun ternyata tanggapannya sangat positif. Bahkan pemerintah Brunai Darussalam pun sangat tertarik mengembangkan bisnisnya tersebut.

Sumber gambar : http://assets.kompasiana.com/statics/files/2014/03/13955865841514130159.jpg

44 Komentar

  1. Ass,,,Bang sy tinggal di subang,,,tertari sekali akan daur ulang sampah..apakah bisa beli alatnya,,yg dipakai selama ini,,,agar bermamfaat .

  2. Assalamualaikum dek indra sy seorang ibu mempunyai 2 orang tgl diliwa kab. Lampung barat sangat tertarik dgn usaha anda boleh minta no. Contacknya dek indra biar bisa berhubungan langsung gimana caranya. Dan kepingin mngajak anda untuk bekerjasama, wassalamm

  3. Assalamualaikum.p indra saya rustam dr banjarmasin, boleh kami minta contak person, bbm, atau email bapak utk menyakan msalah usaha bpak.kami pengen menjadi rekan kerja bpk.indra…wassalam

  4. sangat inspiratf untuk merubah pmikiran pemuda yg negatif, ayo mas indra bantu mengatasi dg berbagi usaha mas

  5. sy tertarik dgn pengolahan plastik kalau sy buka dijogja pemasarannya biji plastiknya kemana pak?

  6. Suatu kehormatan bagi saya jika mas Indra berkenan untuk bermitra dengan saya yang ada di Samarinda. Terima kasih

  7. tolong share tips dan caranya dong mas. saya sangat tertarik dgn bisnis ini. soalnya ditempat saya banyak sekali sampah plastik. thank’s

  8. mas indra.saya dr Medan,saya sangat tertarik usaha limbah sampah botol plastik..saya sangat berminat untuk bergabung join partner dgn mas indra.saya minta no telp yg bs saya hub.atau facebook..mas bisa minta daftar harga per kg nya..Atas perhatiannya,saya ucapkan terima kasih.

  9. Mas saya sangat berminat belajar berbisnis dibidang yang kaya mas indra rintis,saya pengen lebih tau banyak tentang pengolahannya kalo boleh tau alamat pabrik yang dijakartanya didaerah mana ya mas?? mohon di balas

  10. boleh donk gabung jadi partnernya mas indra, kebetulan di papua sampah nya masih menggunung. kalau bisa email balik ya mas,, mungkin ada no hp yg bisa dihubungi untuk bekerja sama.terima kasih

  11. kadang bingung banget sama jalan pikiran orang Indonesia.
    Jelas jelas ini artikel bukan tulisan pribadi mas indra. tapi masih aja pada minta nomor hape lah, alamat email lah, aneh.. yang kaya gini pada mau jalanin bisnis. bisa bisa bisnisnya tutup duluan wong pemiiknya ga suka mikir,

  12. apa yang anda lakukan sangat luar biasa. Saya tertarik untuk mengikuti jejak anda. boleh saya minta no hp atau personal contact. saya ingin tahu bagaimana lebih lanjut. terimakasih.

  13. saya mau mencoba usaha yang anda lakukan, saya dari riau, saya melihat anda di TV One. Boleh saya minta alamat yang bisa dihubungi.

  14. kami sangat tertarik dengan ide bisnisnya, apakah bisa kami minta nomor hp nya pak indra atau nomor kantr perusahaan?

  15. subhanallah ms indra kreatifnya ku tergiur banget ttng usahanya brapa modal awalnya.tlong ya emailnya ms indra!

  16. Saya tertarik dgn bisnis bpk .dimana bisa beli plastik crushernya dan kira2 berapa harganya ya. Trims.

  17. Mas Indra Salam Kenala dari Kamil Asal NTB, semoga dengan apa yang kita kerjakan untuk melestarikan lingkungan menjadi catatn kecil untuk masa depan lingkungan itu seendiri, terkait dengan masalah lingkungan sy mohon bantuan untuk bisa berbagi cerita terkait dengan usahnya mas indra, sekiranya apa yng bisa saya lakukan terhadap sampah yang ada di NTB khususnya sampah plastik dan sampai saat ini di NTB belum ada pengelolaan sekala besar terhadap plastik itu sendiri hanya saja plastik di NTB di Jadikan sebagai industri kecil saja, wasalam Kamil (08175781265), Mohon Bantuan kerjasamanya.

  18. AssWW Nak Indra, selamat usaha bisnisnya berhasil, semoga lancar dan sukses selalu.
    Nak Indra, Bpk tertarik dengan bisni daur ulang botol air minumnya, bagaimana ya bpk dpt belajar dengan nak Indra.
    Alamat Bpk di Palembang, Hp No 811711019 dan email spt tsb diatas.
    Atas bantuan dan kerjasamanya dalam melestarikan lingkungan, bpk ucapkan terimakasih.
    Wassalam,
    Sudirman Badri, PIN BB :26b96f08

  19. Pak indra saya membaca dan barusan melihat siaran anda di TV saya sangat tertarik dengan bisnis yang anda kelola dan saya berpikir di tempat saya belum ada pemasok sampah plastik yang besar jadi tolong d share bagaimana menjalankan bisnis ini dengan modal yang sedikit tolong jika anda membaca coment kami tolong d balas

  20. mas indra ..saya sangat berminat untuk bisnisnya tapi saya buta caranya boleh mintak kontak nya mas? ,saya berasal dari padang,mksh..

    • Mas Indra..
      Saya di Papua, mau minta arahannya utk join.
      Boleh dapat kontak person dan alamat emailnya.

  21. Saya sangat tertarik dengan usaha bapakā€¦. boleh minta contact person atau alamat emailnya ya pak?

  22. pak saya tertarik dg usaha bapak. boleh saya minta informasinya no yg bs dihub..saya pengen bljr dr bpk.trims

  23. Saya tertarik dengan bisnis sampah yg bapak jalani, mohon infonya untuk pengolahan dan pemasarannya. Semoga usaha bapak semakin maju dan sukses
    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

Komentar ditutup.