Informasi Kos dan Kontrakan

Kamar kos

Anda mahasiswa baru, atau karyawan baru yang kesulitan mencari tempat kos dan kontrakan? Inilah problem kebanyakan orang-orang pendatang, dimana mereka sangat membutuhkan tempat tinggal sementara yang nyaman tentunya. Kebanyakan mahasiswa yang tersebar diseluruh Indonesia adalah orang-orang yang berasal dari luar daerah, sehingga tempat tinggal sementara selama mereka mencari ilmu adalah sesuatu yang sangat urgen. Inilah peluang yang harus Anda tangkap. Walaupun Anda tidak punya tempat kos tetapi Anda bisa menjual jasa informasi tempat-tempat kost tersebut.

Konsumen

Target konsumen bisnis ini adalah para mahasiswa dan siswa SMU, serta para kayawan yang bekerja maupun menuntut ilmu di kota Anda. Biasanya banyak pendatang dari luar kota yang memilih mencari pekerjaan atau menuntut ilmu di kota. Hal ini menjadi target pasar bisnis informasi kos dan kontrakan.

Info bisnis

Usaha ini dapat dilakukan terutama ketika masa liburan semester akan berakhir. Sebab dimasa itu biasanya anak-anak kos lama atau mahasiswa baru akan mencari tempat tinggal sementara yang baru. Konsumen target Anda adalah mahasiswa dan juga siswa SMA pendatang. Para karyawan luar kota pun bisa menjadi konsumen Anda, baik telah atau belum berkeluarga.

Yang harus Anda lakukan adalah, menyediakan tempat informasi yang tidak perlu besar. Tapi jangan lupa untuk memilih lokasi disekitar perguruan tinggi, sekolah atau komplek pertokoan, perkantoran atau bahkan mal. Langkah-langkah selanjutnya adalah mengumpulkan data tentang tempat-tempat kos dan kontrakan disekitar atau di Koran harian. Jangan lupa untuk melengkapi data Anda dengan alamat, no telepon, fasilitas dan ukuran kamarnya.

Penetapan harga yang layak biasanya berkisar antara Rp 15.000,- sampai Rp 30.000,- per informasi. Dengan tarif itu konsumen dapat mencatat sebanyak mungkin alamat yang mereka perlukan selama tidak di foto kopi. Namun jika konsumen meminta Anda untuk mencarikan kos atu kontrakan sesuai dengan kualifikasi mereka, Anda sebaiknya mencarikannya sampai ketemu dengan tarif antara Rp 50.000,- sampai Rp 100.000,-.

Kelebihan bisnis

Bisnis informasi kos dan kontrakan, tidak membutuhkan peralatan mahal serta keahlian khusus lainnya. Yang dibutuhkan hanya media untuk membenatu promosi dan pendekatan terhadap calon konsumen. Agar konsumen percaya dan menggunakan jasa Anda.

Kekurangan bisnis

Bisnis ini memiliki pendapatan yang tidak tetap, karena tidak setiap hari ada orang mencari informasi kos dan kontrakan. Bisnis ini tidak akan terlalu ramai ketika awal tahun semester baru belum datang, sehingga pendapatan yang Anda peroleh akan menurun pada saat – saat tersebut.

Pemasaran

Untuk pemasaran bisnis, dapat dicoba dengan membagikan brosur maupun pamflet di sekitar kampus atau sekolah yang ada di kota Anda. Selanjutnya untuk memperluas informasi, Anda dapat mempromosikannya melalui iklan yang ada di media cetak, media elektronik maupun media online. Bila perlu Anda memasang iklan bisnis Anda melalui yellow pages, sehingga para pendatang dari luar kota mengetahui keberadaan usaha Anda.

Kunci sukses

Kesuksesan usaha ini terletah pada kelengkapan informasi yang dapat Anda berikan. Selain itu tambahan pendapatan dapat Anda peroleh ketika Anda menjalin kerjasama dengan pemilik kost dengan kesepakatan, Anda memperoleh fee ketika mahasiswa, siswa atau karyawan jadi untuk kos atau kontrak ditempat pemiliknya. Tapi jangan lupa untuk selalu memperbaharui data Anda dan mencari informasi tempat kos dan kontrakan lain yang belum laku jika tempat yang dulu telah penuh.

Analisa Ekonomi

Modal Awal
Sewa tempat                                   Rp 6.000.000
Promosi                                       Rp   200.000
Kertas dan buku untuk data                    Rp   150.000
Rak, meja dan kursi                           Rp   400.000+
Total                                         Rp 6.750.000

Biaya Operasional
Telepon                                       Rp   200.000
Gaji pegawai                                  Rp   700.000
listrik                                       Rp   100.000+
Total                                         Rp 1.000.000

Omzet per bulan                               Rp 2.000.000

Laba per bulan
Rp 2.000.000 - Rp 1.000.000             =     Rp 1.000.000

ROI (Return of Investment)
( modal awal : laba bersih per bulan )    = < 7 bulan

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar: http:www.pontianakpost.com

10 thoughts on “Informasi Kos dan Kontrakan”

  1. Bener2 bisnis Passive Income abisss!!!!!! klo ada modal lebih mainnya bisnis sewa apartement!!! mantaff!!!

  2. Tolong dong bagi-bagi pengalaman bagi usaha kosan yg dah jalan bagaimana suka dukanya terima kos-kosan wanita saja atau pria saja.
    Thank’s.

  3. KLU MAU USAHA SEWAAN BISA DIKONDISIKAN SESUAI DENGAN LOKASI TANAH KALAU DALAM GANG TAPI ADA DI PERUMAHAN WARGA BISA DIBUAT RUMAH KONTRAKAN , KALAU ADA TANAH DIPINGGIR JALAN BISA BUAT KIOS UNTUK DIKONTRAKAN PERTAHUN UNTUK USAHA, KALAU DEKAT KAMPUS BUAT KOST-KOSTAN , PUNYA 12 TEMPAT AJA TERUS JATUH TEMPONYA TIAP BULAN SEKALI UDAH DEH ANGGAP GAJIAN SAMA DENGAN ORANG KERJA TAP BEDANYA …. GAK PEGEL ATI DIMARAHIN BOSSSS …MANA TAHAN..

  4. Memang bisnis ini tidak ada matinya, bahkan semakin tingkat mobilitas antar daerah meningkat maka bisnis inipun akan makin meningkat peluangnya.

    klo masalah sewa, ini kan bisnis tentang informasi tempat-tempat kost dan bukan penyedia tempat kostnya. Jadi kita perlu tempat untuk kantornya.
    Untuk bisnis tempat kost silahkan baca di artikel kami yang lain (Penghasilan Terus Mengalir Dari Usaha Kost-Kostan)
    .-= admin´s last blog ..Kriiukk…Kriiukk…Keripik Singkong Rasa Gadung =-.

  5. ” Mantap skali infonya mas, pada dasarnya bisnis kos2 tidak ada matinya
    apalagi pertumbuhan penduduk dgn pertumbuhan populasi manusia,,,
    tidak seimbang….

  6. bisnis kos-kosan memang always menggiurkan, cuma perlu modal gede berupa tanah, kecuali memang dapet warisan dari ortu di lokasi yang pas. Hebatnya, bisa jadi bsinis turun-temurun kalo udah jalan. mantaaapp.
    .-= maulana´s last blog ..Tiru Bisnis Mereka =-.

Comments are closed.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba