Inspiratif, Usaha Minuman Teh Celup Ini Unik Broo!

Inspiratif, Usaha Minuman Teh Celup Ini Unik Broo!

Usaha minuman teh yang satu ini cukup unik, pasalnya teh ini merupakan teh celup dengan beberapa karakter yang ada di nusantara. Ide membuat teh celup ini cukup menarik karena baru pelaku usaha ini yang berani membuat terobosan baru. Teh celup ini baru ada didaerah Karanganyar dan merupakan salah satu teh celup dengan karakter nusantara Indonesia.

Munculnya ide teh celup ini berawal dari pengalaman perjalanannya di suatu daerah yang akhirnya membawanya menemukan pada ide kreatif tersebut. Penasaran bagaimana kelanjutannya? Simak penjelasannya dibawah ini.

Usaha Minuman Teh Celup Unik

Bangkit Dari Finansial Minus, Pria Ini Sukses Berbisnis Kreasi Teh Celup Unik

Sebuah rumah di Perumahan Bolon Baru, Dusun Gonggangan, Bolon, Colomadu, Karanganyar, setiap hari nampak ramai oleh aktivitas belasan wanita. Tangan para wanita ini selalu terlihat cekatan saat bermain dengan benang dan bungkusan teh celup. Meski terlihat sama seperti kegiatan di pabrik teh celup, ternyata ada yang unik dari yang mereka buat.

Para ibu itu bukan membuat teh celup biasa, melainkan teh celup unik dengan sentuhan kreasi bergambar pada pegangannya. Ada berbagai karakter yang disematkan pada gagang teh celup, seperti karakter suku di Indonesia hingga karakter paslon pilkada serentak 2018.

Omzet Bisnis Teh

Produk usaha tersebut merupakan ide Luh Sukmo Kuncoro dan sahabatnya yang tercetus sekitar enam tahun lalu. Tak tanggung-tanggung, dengan kreasi tersebut Kuncoro kini mampu menghasilkan omzet 200 – 250 juta per bulan. Lebih bangga lagi, Kuncoro mengaku memulai bisnis tersebut dari nol.

“Ide pertama teh ini sekitar 5-6 tahun yang lalu. Bersama Mas Krisna sama-sama dulu dari nol bahkan minus. Kita ingin bikin sesuatu yang beda. Akhirnya baru kemarin kesampaian kita bikin karakter sesuai ide kita yang dulu,” kenang Kuncoro.

 

Inspiratif, Usaha Minuman Teh Celup Ini Unik Broo!!
contoh produk teh celup tjemplung

Produk teh celup kreatif milik Kuncoro tersebut biasa dibandrol harga 4.500 – 8.000 rupiah per kotak isi delapan teh celup. Pemasarannya pun hingga berbagai daerah di Pulau Jawa, bahkan sampai Sulawesi dan Pulau Kalimantan.

Obat Kerinduan

Salah satu kreasi usaha minuman teh celup Kuncoro yakni karakter suku di Indonesia. Ada 12 karakter suku yang ia sematkan pada gagang teh celup produksinya. Selain memperkenalkan ragam suku di Indonesia, kreasi tersebut juga membawa pesan sebagai penawar rindu.

Ide awal Kuncoro melihat salah satu produk mie instan saat berkunjung di Arab Saudi. Sejurus itu terbesit rindu Kuncoro akan Indonesia. Ia pun mendapat ‘wangsit’ untuk membangun bisnis produk yang mampu menggugah rasa rindu akan kampung halaman.

“Pengembangan edisi kedua, saya teringat saat di Arab ada produk mie instan ada di setiap swalayan di sana. Makanya kita bikin Nusantara series untuk mengobati rasa rindu orang-orang. Harapan kita produk itu bisa terpajang di setiap supermarket di berbagai negara,” kata pria kelahiran Ngawi, 3 Desember 1976.

Selain Nusantara series, Kuncoro juga mencetak seri lainnya seperti Family series berisi karakter anggota keluarga. Setiap karakter didesain Kuncoro secara khusus. Ia menggaet tim desain sendiri untuk memvisualisasikan ide-ide di kepalanya. Sementara untuk membantu teknis merangkai teh celup, Kuncoro dibantu belasan ibu-ibu tetangga.

Usaha Minuman Teh Celup Ini Unik Broo!
proses produksi teh celup tjemplung

Ramai Pilkada

Tahun pemilihan umum tak luput dari perhatian Kuncoro. Dengan sigap ia memanfaatkan momen ini untuk mengembangkan bisnisnya. Menurut Kuncoro tujuannya bukan politik praktis atau memihak salah satu kandidat pemimpin daerah. Kuncoro hanya ingin menunjukkan cara berkampanye yang lebih kreatif.

Kampanye kreatif yang dimaksud Kuncoro yakni menyematkan pasangan calon pada gagang teh celup produksinya. Tak hanya foto, paslon juga dapat menyematkan visi misi dan janji kampanye pada kemasannya.

“Kalau untuk teh pilkada series, kita ingin mengajak orang berkampanye secara kreatif, bukan adu fitnah. Jadi kita buat karakter kandidatnya, dan disitu juga tercetak janji kampanye, profil, visi – misi, dan program, kalau perlu kandidat menandatangani kontrak politik,” ungkapnya.

Selain dapat menjadi media kampanye para kandidat, Kuncoro menegaskan masyarakat juga dapat mengingat janji dan kontrak politik. Dan bila paslon tersebut terpilih, masyarakat dapat menagihnya sewaktu-waktu.

Saat ini pemesan kebanyakan kandidat dari luar Pulau Jawa. Untuk meredam nuansa panas politik, Kuncoro memberi syarat untuk satu daerah ia hanya menerima pesanan dari satu pasangan calon. Bagi Kuncoro, siapa cepat ia yang dapat.

Demikian ulasan dari pelaku  bisnis teh celup yang dapat Anda jadikan inspirasi dan motivasi dalam mengembangkan bisnis. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Baca juga inspirasi lainnya, Bila ingin sukses bisnis harus ada dasar ilmu dan keseriusan.

Untuk mendapatkan inspirasi dari para pengusaha sukses lainnya dalam mengembangkan bisnisnya. Simak juga beberapa inspirasi bisnis untuk pemua dan inspirasi bisnis dari para pengusaha sukses berikut ini. Ada 50 lebih pegusaha cafe, restoran, rumah makan, strategi pemasaran, tips dan trik membangun bisnis dari nol. Untuk mengetahui lebih lengkapnya cara menghadapi kendala bisnis bisa mengunjungi video dari bisniskuliner.id atau bisa KLIK DISINI.

 

Rizky B. P
Kontributor BisnisUKM.com Solo Raya

2 thoughts on “Inspiratif, Usaha Minuman Teh Celup Ini Unik Broo!”

  1. kalo mau pesen teh nya gimana ya ? bisakah langsung cod soalnya lokasi saya juga agak deket ?

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba