Intip Yuk Strategi Bisnis Sate Sapi & Sop Pak Bayu

Bisnis Sate Sapi & Sop Pak Bayu ini pertengahan 2020 sedang naik daun. Dengan konsep warung yang unik (menyerupai kandang sapi). Kok bisa? Selengkapnya bisa Kamu akses dengan menonton video diatas secara keseluruhan. Hanya di channel youtube TVBisnis. Buat yang penasaran bisa tonton videonya diatas, lets check !

Nah siapa di sini yang berminat menjadi pengusaha kuliner bisnis sate sapi atau sop? Mungkin saat ini adalah waktu yang tepat untuk mencoba peruntunganmu. Kamu lebih tertarik bisnis sop atau sate sapi nih? Nah kalo kamu kepengen BisnisUKM bakalan bagiin cerita menarik dan juga inspiratif dari seorang pengusaha yang terjun dalam bisnis sate sapi dan sop. Biar kamu makin yakin dan tahu apa saja sih strategi yang digunakan ketika terjun dalam bisnis yang satu ini.

Bisnis Sate Sapi & Sop Pak Bayu

Sempat Menjadi Karyawan

Pertama langsung saja kita kenalan dulu sama ownernya yakni dengan Bapak Bayu. Warung beliau ini bernama Sate Sapi dan Sop Pak Bayu, yang berada di Jalan Yudistira Gentan (Jalan Kaliurang KM 10) Sinduharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta.

Beliau menceritakan sebelum membuka bisnis ini sempat menjadi karyawan selama 16 tahun. Pada saat masih menjadi karyawan beliau memang sudah mempunyai cita – cita dan angan untuk membuka bisnis. Hingga pada saat itu mulai mengumpulkan gajinya untuk ditabung dan memulai sebuah bisnis.

Awal Merintis Bisnis

Pada akhirnya di tahun 2019 beliau beranikan diri untuk membuka bisnis ini. Sebelum akhirnya beliau menjatuhkan pilihan pada bisnis yang satu ini. Beliau pernah menjalankan sebuah bisnis yang mana sistemnya mengandalkan orang lain untuk mengelolanya. Namun untuk bisnis yang satu ini beliau upayakan untuk bisa terjun langsung dan mengelolanya sendiri.

Beliau melihat potensi di Jogja untuk para penggemar sate sapi lumayan cukup banyak. Dengan melihat budaya orang Jogja yang menyukai makan sate, namun kebanyakan adalah sate kambing. Dari sanalah beliau mendapatkan inspirasi bahwasanya sate sapu juga merupakan salah satu kuliner yang menjadi legenda khususnya budaya Jawa.

Inspirasi Ide Bisnis

Beliau mengingatkan pada zaman dulu saat masih kecil pasti banyak yang berjualan sate gajih, dan ketika dibakar aroma sangat menggoda. Dari sana beliau teringat dna ingin mengulang dan nostalgia masa – masa itu. Dari situ tercetuslah sebuah ide untuk berbisnis sate sapi.

Tidak hanya sate sapi saja yang ditawarkan oleh beliau, namun juga ada beberapa pelengkap lainnya seperti sop sapi dan lain sebagainya. Menu – menu tambahan ini bisa untuk sarapan ataupun makan siang. Menurut pengamatan beliau pangsa pasarnya untuk saat ini makanan yang satu ini masih bagus.

Motivasi Memulai Bisnis

Motivasi utamanya dalam membuka bisnis yang pertama tentu ingin memiliki manfaat bagi orang banyak, khususnya warga disekitar. Dengan membuka bisnis tersebut tujuannya agar bisa menyediakan makanan yang sehat untuk warga masyarakat dengan harga yang terjangkau.

Kendala yang dihadapi oleh beliau dari awal adalah menu dan resepnya. Kemudian untuk konsep dan juga lokasi pada awalnya adalah sebuah kendala. Namun satu persatu beliau selesaikan dan cari solusi terbaiknya. Salah satunya adalah selama 2 tahun sebelumnya beliau menyiapkan lokasi bisnisnya ini.

Modal Bisnis

Mengawali bisnisnya ini beliau awali dengan menjadi karyawan terlebih dahulu. Modal bisnis yang didapat dari menyisihkan sebagaian gaji selama berstatus sebagai karyawan. Setelah dirasa modalnya cukup dan terkumpul baru beliau beranikan diri untuk membuka bisnis ini.

Proses yang beliau lakoni dalam menjalankan bisnis ini bertahap, dari mengumpulkan modal bisnis dari 16 tahun bekerja sebagai karyawan, 2 tahun untuk menemukan lokasi dan konsep yang cocok dengan bisnis.

Strategi Bisnis

Motivasi dalam diri tergantung dari pola pikir, jika kita mau bersabar maka modal bisnis bisa didapatkan tanpa harus meminjam modal. Kalau memang diupayakan memang belum ada bisa dicoba untuk bekerja sama dengan orang lain, misalnya teman ataupun saudara.

Strategi marketing yang beliau gunakan dimulai dari packaging sebagai warung yang khas dengan budaya Jawa. Maka di desain sederhana dan untuk penampilan karyawan dibuat dengan pakaian adat Jawa. Hal tersebut bertujuan agar tercermin bahawasanya bisnis makanan yang memang benar – benar asli Jawa dengan ciri khasnya.

Sistem Marketing

Marketing lainnya dengan memasang iklan di beberapa tempat keramaian dan untuk yang utama juga mengandalkan instagram. Marketing dengan menggunakan media sosial memang sangat berpengaruh. Untuk saat ini beliau sedang mencari vendor yang bisa diajak kerjasama dan melakukan promosi.

Pada awal opening dulu teamnya hanya 3 orang dan sekarang nambah menjadi 4 orang. Memang untuk penambahan team baru prosesnya sedikit demi sedikit untuk memantau dan evaluasi untuk memahami karakter serta suasana yang akan dibangun dalam team.

Dunia Bisnis Makin Kompetitif

Beliau mengakui jika semakin hari dalam dunia bisnis semakin kompetitif terutama dalam bidang kuliner. Namun beliau sangat yakin bahwa bisnisnya ini akan terus mampu bersaing. Alasannya karena ketika kuliner menjadi sebuah legenda pastinya memiliki daya tarik tersediri.

Mengembangkan bisnis secara utama adalah melihat tingkat kebutuhan dan keramaian bisnis tersebut. Jangan pernah memaksakan diri untuk meng scale up usaha diluar kemampuan. Baik itu dari segi financial maupun manajemen. Jadi kunci bersabar adalah yang paling penting dan utama.

Resep Masakan

Resep sate sapi dan sop tersebut diperolehnya dari orang tua beliau yang dulunya merupakan pedagang daging. Sehingga benar – benar mengetahui cara pengolahan daging sapi yang benar. Selain itu beliau juga mengulik dari para pedagang daging sapi kemudian diwujudkan dalam satu resep ini. Di warung Sate Sapi dan Sop Pak Bayu ini cukup unik.

Jika biasanya kebanyakan pedagang daging sapi menjual hanya dagingnya saja. Namun berbeda dengan warung ini, beliau menawarkan beberapa olahan sate yakni daging, babat, iso dan beberapa bagian sapi lainnya. Hal tersebut tentunya untuk memenuhi keinginan para konsumen.

Bahan Baku

Sedangkan untuk bahan baku beliau menjelaskan ada beberapa yang memang mencari sendiri. Salah satunya untuk daging membelinya di pasar yang mana ditempat langganan khusus dan ada beberapa bahan yang memang didatangkan khusus dari luar kota. Misalnya saja kecap dan beberapa bumbu yang lainnya.

Pemilihan Lokasi Bisnis

Pemilihan lokasi bisnis beliau bercerita bahwa untuk mencari lokasi yang tepat. Pastikan bahwa dilokasi tersebut ada banyak perumahan kost, pusat keramaian yang menjadi indikasi yang bagus sebagai lokasi bisnis kuliner. Selanjutnya adalah lokasi bisnisnya harus memenuhi beberapa kriteria antara lain menyediakan tempat parkir yang nyaman dan lokasi bisnis mudah dilihat karena banyaknya kendaraan yang berlalu – lalang.

Beliau bercita – cita ketika orang berkunjung ke Jogja yang diingat adalah Sate Sapi dan Sop Pak Bayu. Sehingga ketika mampir di Jogja harus mampir makan sate sapi, yang mana daerah tersebut merupakan daerah dekat dengan wisata. Sehingga harapannya bisa singgah di Warung Sate Sapi dan Sop Pak Bayu.

Sekian liputan dari BisnisUKM yang mengulik cerita merintis bisnis Pak Bayu pengusaha kuliner Sate Sapi dan Sop. Semoga menginspirasi dan untuk kalian yang mau nonton video liputannya bisa diakses di channel youtube TVBisnis. Jangan lupa like, subscribe dan share ke temen – teman kalian untuk menginspirasai mereka juga.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba