Jasa Sewa Sound System

Jika Anda pernah mengadakan acara panggung maupun pesta, seperti pernikahan, khitanan, syukuran dan lain sebagainya, tidak dapat dipungkiri bahwa perlengkapan yang dapat lebih memeriahkan acara adalah peralatan sound system. Namun terkadang panitia acara tidak memiliki sound system sendiri. Dan di sinilah Anda bisa memanfaatkan situasi tersebut dengan berbisnis jasa mendirikan sewa/ rental sound system. Selain mudah pengelolaannya, jika Anda mampu memasarkannya maka setiap minggu paling tidak ada satu acara yang membutuhkan sound system. Apabila bisa memanfaatkan momen-momen tersebut, Anda bisa meraih omset sampai puluhan juta setiap bulannya.

Konsumen

Konsumen usaha ini adalah masyarakat yang memiliki hajatan atau kegiatan – kegiatan yang membutuhkan sound sistem lengkap. Baik dari masyarakat kalangan menengah ke bawah sampai masyarakat menengah ke atas, mencari jasa sound sistem ketika mereka sedang memiliki hajatan.

Info Produk

Anda bisa mengawali jasa sewa sound system ini dengan survey perangkat sound system terlebih dahulu di majalah ataupun langsung ke toko elektronik. Yang perlu diketahui adalah harga dan kualitasnya. Kualitas perlu di survey agar pelangggan puas dan menggunakan jasa Anda kembali atau bahkan memberitahukan ke teman-temannya yang lain. Dan masalah harga, harus disesuaikan dengan kondisi keuangan.

Sedangkan untuk jasa sewa sound sistem, biasanya dihargai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan ribu rupiah. Tergantung dari jenis sound sistem, serta jumlah sound sistem yang dipinjamkan. Untuk penyewaan sound sistem, bisa dilengkapi dengan teknisinya. Sehingga pemilik hajatan, tinggal terima beres.

Keuntungan usaha

Acara-acara pesta dan semacamnya bisanya diadakan di akhir pekan dan hari libur, sehingga Anda bisa menjalankan usaha ini dan tetap bisa terjun langsung tanpa mengganggu  rutinitas harian Anda.

Kekurangan usaha

Peluang usaha ini memerlukan keahlian dalam hal elektronik. Selain itu juga harus mampu memenangkan persaingan, karena di setiap kota biasanya memiliki lebih dari satu usaha yang menyediakan jasa persewaan sound system. Selain itu, tidak setiap hari masyarakat memiliki hajatan. Bila sedang musim sepi hajatan, maka usaha ini pun juga ikut turun omsetnya.

Pemasaran

Untuk memulai pemasarannya Anda bisa bekerja sama dengan wedding organizer dan event organizer, karena cara ini dapat menguntungkan kedua belah pihak. Dalam bisnis ini juga berlaku semakin baik kualitas peralataan, akan semakin di cari oleh pelanggan. Sehingga Anda harus pintar-pintar memilih barang. Dan apabila sudah cukup banyak pelanggan, Anda dapat menyisihkan sebagian keuntungan untuk kemudian membeli peralatan baru yang lebih baik.

Selain itu Anda juga bisa mempromosikan usaha Anda dengan memasang iklan di media cetak, media elektronik dan media online. Sehingga usaha Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Anda juga bisa membagikan brosur usaha Anda di wilayah kota Anda.

Kunci Sukses

Sebaiknya untuk menjalankan bisnis ini, Anda terlibat langsung karena menyangkut alat-alat yang harganya mencapai puluhan juta rupiah. Selain itu pilih peralatan yang berkualitas, agar para pelanggan tidak merasa kecewa jika menggunakan jasa sound system Anda. Karena dalam bisnis jasa, kepuasan pelanggan menjadi kunci utama kesuksesan Anda.

Apabila Anda sudah siap melangkah untuk memulai bisnis ini, berikut adalah analisa ekonomi yang dapat menjadi panduan awal bagi usaha Anda.

Analisa Ekonomi

Investasi Awal*
Peralatan (cash)                    Rp 50.000.000,00
( Penyusutan peralatan setelah pemakaian 2 tahun
= 1/24 x Rp 50.000.000,00 = Rp 2.083.400,00 )

Biaya Operasional 
Penyusutan alat                     Rp 2.083.400,00
Gaji 2 pegawai @ Rp 700.000         Rp 1.400.000,00
Transportasi                        Rp   500.000,00
Listrik dan telepon                 Rp   300.000,00 +
Total                               Rp 4.283.400,00

Omset** perbulan 
1 minggu 2x pemakaian, dengan biaya @ 750.000,00
( 2 x @ 750.000,00 x 4 minggu )  =  Rp 6.000.000,00
Laba perbulan 
( Rp 6.000.000,00 – Rp 4.283.400,00 ) = Rp 1.716.600,00

ROI (Return of Investment)
Rp 50.000.000,00 : Rp 1.716.600,00  =  29 bulan

catatan: * Tergantung kualitas alat
** Omset tergantung musim dan jumlah pesta

sumber gambar: http://www.iklanwebid.com/images/20080809/16661/sewa-sound-system.jpg & http://images04.olx.co.id/ui/1/93/19/15158419_3.jpg

10 Komentar

  1. bagi yg berninat joint, mdh2an bsa dgn sya, bisnis sound sistem sya sdh brjalan 4 thun, krn modal krang sy msh btuh barang bnyak, klo mnghadapi event besar sy hrus pinjem rental lain, kl ada yg bermnat joint hub sy 081289051900, 02183808509. salam ALAS ROBAN sound sistem

  2. Saya pernah pny usaha ini dikota SOLO.Sewaktu saya msh bujang.dengan dibantu adik2 saya. Krn keterbatasan waktu dan saya jg hrs dinas dikota JKT, maka saya wariskan ke Adik2. Bgt juga setelah adik2 dewasa, mrk menikah dan dinas dikota lain. sampai sekerang saya gak tau bgmn nasibnya Sound System tsb.Tapi menurut Ayah saya,kadang2 msh sering diBokking walau Tekhnologinya sdh tertinggal(KUNO). Bnr2 menjanjikan usaha ini,sampai bisa untuk biaya pendidikan kami sekeluarga. Saya bercita-cita suatu saat nanti bila saya sdh memasuki masa MPP, saya bertekat untuk membangun lagi usaha ini, Tentunya dengan PEREMAJAAN.Mohon Doa Restu Rekan2… Matur-Nuwun……. BRAVO BISNIS_UKM.

  3. @pak sutikno :

    saya tertarik dengan posting bapak,
    tahun lalu saya mulai dengan bisnis alat musik dan sound system,
    untungnya lumayan, bisa dapat +/-2jt perbulan (rata2 event 2x per-bulan).

    posisi bapak dimana?
    saya di medan. siapa tau kita bisa kerjasama. trims.

    contact via email ke :
    bakayubi_san@yahoo.com

  4. dari kecil saya sangat gemar akan Audio, bahkan punya rencana bikin Sound system. Tapi sayang modal belum ada.

  5. Saya tertarik dgn jasa penyewaan sound system, saya kalu bisa mau bekerjasama dengan orang yg sudah tahu seluk beluknya (tahu cara mencari consumennya), kalau ada orang yang berminat bisa email saya atau tel ke 081807776165

    salam,
    sutikno

  6. Sebenarnya untuk memulai usaha ini juga bisa dengan cara mencicil dalam penggunaan modal. Sedikit demi sedikit sistem pembelanjaannya, sehingga terasa lebih ringan. Jika pasar sasaran pernikahan maka biasanya bersifat musiman, namun jika dilengkapi dengan pasar sasaran kerjasama dengan event organizer dan pesta maka akan lebih besar potensi kelancaran operasionalnya.

Comments are closed.